Ilustrasi sukarelawan (Sumber gambar: Ray Sangga Kusuma/Unsplash)

Bekerja Atas Panggilan Jiwa, Yuk Simak Sejarah Hari Volunteer Internasional Setiap 5 Desember

05 December 2022   |   09:02 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Dunia merayakan Hari Sukarelawan Internasional yang diperingati setiap 5 Desember. Hari Sukarelawan Internasional diperingati sebagai upaya masyarakat dunia merangkul para volunteer di seluruh penjuru dunia yang telah memberikan waktu dan tenaga untuk kemanusiaan.

Momentum perayaan ini sebagai apresiasi sekaligus kesadaran mengenai pentingnya peran aktif sebagai sukarelawan dalam membantu masyarakat dunia.

Baca juga: Simak Sejarah Hari Penyandang Disabilitas Setiap 3 Desember

Dilansir dari situs United Nation, Hari Sukarelawan Internasional tahun ini mengangkat tema solidaritas melalui kegiatan sukarelawan. Kampanye ini menonjolkan kekuatan banyak orang dalam membuat perusabahan baik melalui kegiatan sukarela.
??????
United Nation pun mengajak masyarakat bekerja sama untuk menemukan solusi ketidaksetaraan yang masih sering terjadi di seluruh dunia.

United Nation mencatat lebi dari 862 juta masyarakat dunia terlibat dalam kegiatan sukarelawan atau sekitar 14,3 persen hingga saat ini. Sekitar 6,5 persen dari angka tersebut terlibat dalam kegiatan sukarela formal melalui asosiasi dan organisai. Artinya, sebagian populasi dunia ikut andil dalam gerakan sukarelawan baik formal dan informal.

Menjadi momen bagi setiap individu sukarelawan dalam menunjukan kontribusinya, Hari Sukarelawan Internasional bisa menjadi wadah bagi organisasi dan pemerintah menggaet kerjasama dengan sukarelawan yang aktif dalam ragam sektor mulai akademisi hingga sektor swasta.
 

Ilustrasi sukarelawan (Sumber gambar: Christi Tohatan/Unsplash)

Ilustrasi sukarelawan (Sumber gambar: Christi Tohatan/Unsplash)
 

Sejarah Hari Sukarelawan Internasional

Hari Sukarelawan Internasional tercipta melalui Resolusi A/RES/40/212 yang dibuat pada 17 Desember 1985 oleh Majelis Umum PBB. Dengan ditetapkannya hari penting bagi sukarelawan tersebut, maka pemerintah, PBB, hingga organisasi masyarakat sipil telah aktif tergabung sebagai sukarelawan dunia.

Majelis Umum PBB memfokuskan sukarelawan kemitraan dan pengembangan. Sukarelawan mendorong tujuan pembangunan melalui rangkaian permasalahan dunia seperti kemiskinan, kelaparan, penyayakit, buta huruf, hingga diskriminasi terhadap perempuan.

Langkah ini merupakan hasil kemitraan antara PBB dan pemerintah yang mengangkat sukarelawan untuk berkomitmen menumpas ragam permasalahan tersebut.

Resolusi Majelis Umum PBB tersebut juga mengajak pemerintah untuk mengamati para sukarelawan di hari ini. Tidak hanya bagi sukarelawan yang sudah aktif, tetapi juga merangsang lebih banyak orang di berbagai lapisan masyarakat lainnya untuk membuka mata tentang pentingnya kegiatan sukarelawan.

Majelis Umum PBB memproklamasikan apresiasi bagi sukarelawan internasional pada 2001. Tahun itu, Majelis Umum PBB membuka peringatan dengan berfokus pada cara-cara pemerintah untuk mendukung kerelawanan.

Kemudian pada 18 Desember 2008, Hari Sukarelawan Internasional digaungkan untuk pertama kalinya. Bahkan Majelis Umum PBB meminta program relawan PBB untuk memastikan potensi sukarelawan dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik di setiap negara. Hak itu kembali dituangkan dalam resolusi 57/106 yang diterbitkan pada 22 November 2002.

Kepercayaan, kerendahan hati, rasa hormat, dan kesetaraan menjadi poin penting yang ditampilkan dalam Hari Sukarelawan Internasional 2022 ini.

Untuk tahun ini United Nation membawa kampanye ‘Bersama, betindak sekarang juga’, untuk mempromosikan kesukarelaan dan memberi hormat kepada sukarelawan di seluruh dunia.

Baca jugaSambut Hari Pencegahan Polusi Sedunia, Ini 3 Cara Hidup Lebih Ramah Lingkungan

Bagi Genhype yang ingin merayakan Hari Sukarelawan Internasional, kamu juga bisa menggunakan tagar kampanye TogetherActNow di media sosial loh!

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Susul Belanda dan Argentina, Giliran Prancis dan Inggris Lolos ke 8 Besar Piala Dunia

BERIKUTNYA

Cek Rekam Jejak Jepang dan Korea Selatan di Babak 16 Besar Piala Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: