Ilustrasi (Photo by RODNAE Productions from Pexels)

Tergerak untuk Jadi Sukarelawan? Ini 7 Manfaatnya

03 February 2022   |   16:47 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jika Genhype tergerak untuk selalu bertemu orang baru, tertarik pada kegiatan amal, atau ingin mempelajari keterampilan guna memajukan karir kalian, menjadi sukarelawan mungkin pilihan yang baik. Meskipun tidak dibayar, menjadi sukarelawan datang dengan banyak manfaat lain.

Menjadi sukarelawan berarti memberikan waktu dan kemampuan kita untuk membantu orang lain (biasanya organisasi nirlaba) tanpa menerima kompensasi finansial. Sederhananya, menjadi sukarelawan adalah bentuk layanan untuk komunitas kita.

Banyak organisasi nirlaba mengandalkan sukarelawan untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagian besar organisasi nirlaba tidak akan dapat melakukan pekerjaan penting yang mereka lakukan tanpa kekuatan kerja sukarela.

Baca jugaBekerja Atas Panggilan Jiwa, Yuk Simak Sejarah Hari Volunteer Internasional Setiap 5 Desember

Kesukarelaan (volunteerism) memang telah menjadi gerakan perubahan baik di tingkat internasional maupun lokal. Menyisihkan waktu, keterampilan, dan sumber daya adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat perbedaan, membantu orang lain, dan ternyata, meningkatkan kesejahteraan diri sendiri.

Meskipun tidak dibayar, menjadi sukarelawan datang dengan banyak manfaat lain. Dilansir Grow Ensemble, berikut adalah beberapa cara menjadi sukarelawan dapat memengaruhi kita secara positif:


1. Temui Orang Baru dan Bangun Komunitas

Menjadi bagian dari tim dengan tujuan yang sama akan membantu kita membentuk ikatan dengan orang asing yang dapat mengubah hidup. Menjadi sukarelawan pada dasarnya berarti membantu orang yang menciptakan hubungan bermakna dengan orang lain dan meningkatkan interaksi sosial.


2. Dapatkan Pengetahuan dan Pemahaman tentang Hidup

Program sukarelawan dapat memberi kita kesempatan untuk membawa orang ke jejaring sosial, jika tidak, kita tidak akan bisa bertemu dan belajar dari mereka yang datang dari berbagai lapisan masyarakat. Pengalaman ini dapat memperluas pemahaman tentang orang lain yang berbeda dari kita.


3. Mendapatkan Tujuan Hidup dan Menjadi Lebih Bahagia

Sepanjang hidup, kita terus mengembangkan keterampilan sosial dan profesional yang mendorong pencapaian pribadi. Menggunakan keterampilan tersebut untuk dampak komunal yang lebih luas dapat menjadi lebih memuaskan. Menjadi sukarelawan akan memperkaya hidup dan memberi kita tujuan yang lebih luas serta motivasi.


4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Makin banyak kesempatan yang kita ambil untuk mempelajari keterampilan baru dan memperoleh pengetahuan, semakin totalitas kita berkembang sebagai pribadi. Keluar dari zona nyaman dan membangun keterampilan baru adalah cara terbaik untuk mengembangkan kepercayaan diri.


5. Tingkatkan Karir dengan Meningkatkan Prospek Kerja

Kegiatan sukarela akan menawarkan kita keterampilan yang dapat digunakan sepanjang pengembangan karir. Jika Genhype ingin beralih ke karier baru, terutama pekerjaan baru yang berdampak pada lingkungan atau sosial, menjadi sukarelawan di bidang baru itu dapat membantu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.


6. Manfaat Kesehatan

Menghabiskan waktu yang bermakna dengan orang lain dapat mengurangi stres dan efek kesehatan yang ditimbulkannya pada tubuh kita. Mengurangi stres diterjemahkan menjadi beberapa manfaat kesehatan fisik.

Orang-orang akan tidur lebih nyenyak, lebih jarang sakit, dan bahkan mencegah penyakit jantung! Faktanya, beberapa penelitian bahkan menemukan tingkat kematian yang lebih rendah pada sukarelawan vs non-relawan pada orang dewasa yang lebih tua.


7. Meningkatkan Fungsi Otak

Menjadi sukarelawan telah terbukti meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah, meningkatkan memori jangka panjang dan jangka pendek, dan mengurangi risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Produk Perawatan Pria Makin Naik Daun

BERIKUTNYA

Diagnos Lab Tingkatkan Layanan Pemeriksaan Covid-19 di Tengah Maraknya Kasus Omicron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: