Pemain Jepang dan Spanyol berebut bola saat pertandingan babak kualifikasi grup (Sumber gambar: Tangkapan layar laman FIFA)

Ini Penjelasan FIFA tentang Perdebatan Bola Keluar Lapangan saat Laga Jepang vs Spanyol

03 December 2022   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kemenangan Jepang atas Spanyol di partai terakhir babak kualifikasi grup masih menimbulkan perdebatan lantaran banyak yang meyakini bahwa bola sudah meninggalkan lapangan sebelum Ao Tanaka berhasil mencetak gol.

Dilansir dari akun media sosial Twiter FIFA, yakni @FIFAcom, federasi sepak bola dunia itu pun memberikan penjelasan mengapa bola dianggap belum keluar lapangan dan membuat gol Ao Tanaka pada menit ke-51 sah setelah wasit melihat Video Assistant Referees (VARs).

Dalam penjelasannya, FIFA menuliskan bahwa gol kedua Jepang dalam kemenangan 2 – 1 atas Spanyol telah diperiksa oleh VAR untuk menentukan bola keluar dari lapangan atau tidak.

Baca juga5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

"Video ofisial pertandingan menggunakan gambar kamera garis gawang untuk memeriksa apakah bola masih sebagian di garis atau tidak,” demikian penjelasan FIFA.

FIFA menambahkan bahwa kamera lain mungkin menawarkan gambar yang menyesatkan. Namun, berdasarkan bukti yang ada bahwa keseluruhan bola tidak keluar dari lapangan pertandingan pada saat itu.

Gol dari Ao Tanaka itu membuat Jepang berhasil membalikkan keadaan, dan memenangi partai terakhir kualifikasi grup. Kemenangan itu pun membuat Samurai Biru berada di posisi pertama grup, dan lolos ke babak 16 besar.

Di sisi lain, kemenangan Jepang atas Spanyol itu juga membuat Jerman yang menang atas Kosta Rika harus angkat koper lebih cepat di ajang empat tahunan ini lantaran kalah selisih gol dengan Spanyol yang juga sama-sama memiliki poin 4.

Jepang berada di puncak dengan poin 6 dari 3 pertandingan. Selama tiga kali bertanding di babak kualifikasi grup, Jepang tercatat dua kali menang dan satu kali kalah.

Posisi puncak klasemen ini juga menjadi yang pertama kali bagi tim nasional Jepang sejak ajang Piala Dunia 2002. Pada saat itu, Jepang yang berada di Grup H bersama dengan Belgia, Tunisia, dan Rusia berhasil memiliki nilai 7 dalam tiga kali pertandingan dengan dua kali menang dan satu kali seri.

Jepang yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022 membuatnya dua kali beruntun masuk ke babak 16 besar setelah di ajang yang sama pada 2018 juga berhasil melewati fase babak kualifikasi grup.

Pada 2018, Jepang yang berada di Grup H menempati posisi kedua dengan poin 4 di bawah Kolombia yang memiliki poin 6. Pada saat itu, tim Samurai Biru memiliki statistik satu kali menang, satu kali kalah, dan satu kali seri.

Kemenangan Jepang yang berhasil membalikkan keadaan di dua pertandingan dalam satu edisi Piala Dunia membuatnya menjadi tim ketiga sepanjang sejarah Piala Dunia yang tertinggal di babak pertama, dan berhasil membalikkan keadaan sehingga menjadi pemenang.

Baca jugaIntip Fasilitas Fan Village Cabins Qatar, Hotel Kontainer Low Budget di Ibu Kota Doha

Selain Jepang, tim nasional lainnya adalah Brasil yang dilakukan pada Piala Dunia 1938 dan Jerman pada Piala Dunia 1970.

Di babak 16 besar, Jepang yang menjadi juara Grup E akan berhadapan dengan Kroasia yang menempati posisi kedua di Grup F untuk memperebutkan tiket ke babak delapan besar. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Simak Sejarah Hari Penyandang Disabilitas Setiap 3 Desember

BERIKUTNYA

Menang Melawan Brasil, Kamerun Cetak Sejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: