Beragam situs warisan ada di Pulau Jeju (Sumber gambar: hypeabis.id/Yudi Supriyanto)

4 Hal tentang Pulau Jeju yang Perlu Kalian Ketahui

02 December 2022   |   20:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pameran bertajuk Jeju Volcanic Island and Lava Tube terselenggara di World Trade Center 2, Jakarta. Pameran yang mengedukasi tentang Pulau Jeju di Korea Selatan ini akan berlangsung dari 2 Desember 2022 sampai dengan 6 Januari 2023.

Head of Department World Heritage Centre, Hongchul Leem, mengatakan bahwa tujuan pameran ini adalah untuk mengenalkan Pulau Jeju kepada orang-orang Indonesia. Jadi, tidak ada target berapa banyak orang yang akan datang ke Pulau Jeju. “Tujuan kami mengadakan ini itu bukan menargetkan berapa orangnya,” kata Leem pada Jumat, 2 Desember 2022, di Jakarta.

Dia menambahkan pihaknya berharap pameran yang hanya diadakan di Jakarta ini dapat membuat masyarakat Indonesia yang menyaksikan dan warga Pulau Jeju di Korea Selatan dapat saling terhubung satu sama lain.

Baca juga: Jalan-jalan ke 3 Kota Wisata Paling Populer di Korea Selatan

Leem berharap orang-orang Indonesia dapat merasakan kebebasan warga Jeju saat datang ke tempat ini. Tidak hanya itu, warga Jeju juga akan memberikan keramahan terhadap masyarakat Indonesia yang melancong.

Bagi kalian yang hendak melancong ke Pulau Jeju, berikut fakta yang perlu kalian ketahui:


1. Pulau Pertama Warisan Dunia UNESCO di Korea Selatan

Pulau Jeju adalah pulau yang pertama didaftarkan sebagai situs warisan dunia UNESCO di Korea Selatan. Pulau ini didaftarkan pada 2 Juli 2007 dengan nama Pulau Vulkanik Jeju dan Gua Lava.

Sejumlah keuntungan didapatkan oleh Pulau Jeju setelah memperoleh status sebagai warisan dunia UNESCO. Salah satu dari keuntungan itu adalah warga dunia jadi lebih mengetahui tentang pulau ini.

Sebelumnya, Pulau Jeju hanya dimiliki dan diketahui oleh warga Korea Selatan. Pulau ini menjadi milik dunia setelah masuk sebagai warisan dunia UNESCO.


2. Terdapat berbagai situs warisan

Di Pulau Jeju, para wisatawan dapat menemukan berbagai situs warisan yang tidak boleh dilewati. Situs warisan itu antara lain Cagar Alam Gunung Hall, Kerucut Tuf Seongsan Ilculbong, dan Sistem Gua Lava Kerucut Vulkanik Geomuneroeum. Kemudian, terdapat juga Area warisan alam seluas 18,845 hektare.


3. Wisatawan Keluarga

Leem mengatakan bahwa pada saat ini turis keluarga atau wisatawan keluarga adalah jenis wisatawan yang banyak datang ke Pulau Jeju. Leem mengatakan bahwa pada saat ini pariwisata di Pulau Jeju lebih mengutamakan kualitas dibandingkan dengan kuantitas.

Menurutnya, saat ini tidak ada target jumlah wisatawan yang harus datang ke Pulau Jeju. Kondisi ini berbeda dengan dahulu di mana terdapat target jumlah turis yang harus datang ke sana.


4. Setuju Jika Disamakan dengan Keindahan Bali

Leem mengatakan bahwa diri belum pernah ke Bali di Indonesia. Namun, dia mendengar keindahan Pulau Dewata itu. Dia mengatakan mungkin setuju kalau dibilang jika Pulau Jeju adalah Bali dari Korea Selatan.


Baca jugaWajib Tahu! Ini 4 Etika saat Berkunjung ke Korea Selatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk Simak Cara Membuat Kondisi Finansial Tetap Sehat & Ideal

BERIKUTNYA

Indonesia & Arab Saudi Jalin Kerja Sama Pariwisata Berkelanjutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: