Timnas Spanyol (Sumber gambar: Instagram.com/sefutbol)

Kalah dari Jepang, Spanyol Justru diuntungkan pada Babak 16 Besar

02 December 2022   |   16:20 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Spanyol harus menyudahi laga terakhir di Grup E dengan kekalahan. Tim berjuluk La Furia Roja dipaksa mengakui keunggulan Jepang dengan skor 2-1. Meski kalah dari Jepang,  tim asuhan Luis Enrique justru tampak diuntungkan dari hasil tersebut.

Spanyol sebenarnya bermain dengan apik saat melawan Jepang di Khalifa International Stadium, Jumat (1/12) lalu. Mereka bahkan berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol yang diciptakan Alvaro Morata pada menit ke-12.

Keunggulan Spanyol atas Jepang bertahan hingga babak pertama usai. Namun, petaka bagi Spanyol mulai muncul pada babak kedua.

Dua gol cepat dari Jepang mampu mengoyak gawang dari Spanyol. Gol pertama Jepang tercipta dari Ritsu Doan pada menit ke-48. Tak lama berselang, giliran Ao Tanaka yang menggandakan keunggulan pada menit ke-51.

Baca juga: 90 Menit Paling Dramatis di Piala Dunia 2022


 

Comeback manis dari Jepang ini bertahan hingga pertandingan selesai.  Hasil pertandingan ini membuat poin Jepang bertambah 3 angka. Jepang otomatis lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup E.

Di sisi lain, meski Spanyol mengalami kekalahan, mereka tetap bisa melaju ke babak 16 besar karena unggul selisih gol dari Jerman yang memeroleh poin yang sama.

Kekalahan Spanyol cukup mengejutkan banyak pihak. Sebab, pada pertandingan tersebut Spanyol unggul di berbagai sisi dibanding Jepang. Namun, hasil pertandingan justru berkata lain.

Di sisi lain, kekalahan Spanyol juga tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Mereka justru diuntungkan dengan hasil tersebut.
 

Alasan Spanyol Diuntungkan

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan Spanyol tampak tidak mau mencetak gol lagi seusai tertinggal dari Jepang. Pria yang akrab disapa Bung Ropan itu menduga Spanyol sengaja menginginkan hasil akhir tidak berubah.

Sebab, meski kalah atas Jepang, Spanyol masih bisa lolos ke babak 16 besar dengan menjadi runner up. Nah, di titik inilah Spanyol tampak diuntungkan dari kekalahannya melawan Jepang. Jika Spanyol memenangkan laga, mereka akan jadi juara grup dan otomatis berada di bagan kiri babak 16 besar.


 

“Spanyol tampak ‘menghindar’ untuk masuk ke bagan kiri (juara grup, red). Sebab, berada di bagan kiri saingannya sangat berat,” ujar Bung Ropan.

Jika melihat bagan babak 16 besar Piala Dunia, slot bagian kiri berisi tim-tim kuat. Hal itu berbanding terbalik dengan slot sebelah kanan yang relatif kekuatan timnya lebih merata.

Di bagan bagian kiri, terdapat beberapa tim besar seperti Belanda, Argentina, dan Kroasia. Brazil yang berada di Grup G juga diprediksi akan masuk ke bagan bagian kiri. Sebab, Brazil diprediksi mengakhiri fase grup sebagai status Juara.

Jika skenario tersebut terjadi, persaingan bagan sebelah kiri sungguh berat. Spanyol akan bertemu Kroasia yang cukup mengejutkan di Piala Dunia 2022. Jika mereka menang, Spanyol masih harus berhadapan dengan Brazil di babak perempat final.

Jika Spanyol masih menang lagi, di babak semi final, mereka diprediksi akan bertemu Uruguay atau Belanda. Tentu perjuangan menuju babak final jadi begitu berat.

Hal itu berbeda ketika Spanyol kini berada di bagan bagian kanan. Di babak 16 besar, mereka hanya bertemu Maroko. Setelah menang melawan Maroko, kemungkinan Spanyol akan berhadapan dengan Portugal.

Jika berhasil menang, Spanyol baru akan menghadapi tim berat antara Prancis atau Inggris. Perjuangan mereka terbilang lebih mudah, terutama jika berkaca pada hasil hitung-hitungan di atas kertas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pengamat Sebut Minat Terhadap Asuransi Perjalanan Masih Rendah

BERIKUTNYA

Kenali Gejala dan Tips Mencegah Separation Anxiety Pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: