Ilustrasi aplikasi email (sumber gambar: corporate offer)

Bosan Pakai Aplikasi Email Biasa? Coba Saja Fair Email

01 December 2022   |   16:04 WIB

Genhype pasti sudah biasa membuka dan membaca email di ponsel. Memang, surat elektronik (surel) kiranya sudah menjadi salah satu aplikasi utama di perangkat bergerak. Ponsel dan komputer tablet hampir selalu sudah dilengkapi dengan aplikasi surel.

Namun bagaimana bila tidak puas dengan aplikasi surel di ponsel atau tablet Kalian? Atau Genhype  ingin menjajaki aplikasi surel baru?

Salah satu aplikasi surel yang perlu dilirik mungkin adalah Fair Email (https://email.faircode.eu/).  Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android, baik yang didukung oleh Google maupun untuk perangkat yang kompatibel dengan Android lainnya.

Pembuat Fair Email mempromosikan aplikasinya sebagai program yang ringan dan menjaga privasi penggunanya.
 

Perlindungan & Privasi.


Fair Email tersedia untuk perangkat Android dari tiga sumber: Google Play Store, F-Droid, dan laman pengembangnya di Github (https://github.com/M66B/FairEmail/releases).  Versi di F-Droid dan Github dapat digunakan buat perangkat Android yang tidak dilengkapi dengan Google Play Store (misalnya perangkat dari Amazon dan Huawei).

 
Fair Email/Tangakapan layar
Fair Email dapat dipakai dengan semua akun surel yang mendukung protokol IMAP (Internet Mail Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol version 3). Ini biasanya berarti hampir keseluruhan layanan surel. Namun terdapat perlakuan khusus untuk layanan seperti Gmail dan Microsoft 365.

Gmail/Google Workspace dan Microsoft 365 misalnya menuntut otentikasi dengan skema Oauth (Open authentication), yang mungkin tidak tersedia pada layanan surel lain.

Buat pengguna biasa, otentikasi dengan Oauth tidak banyak bedanya dengan otentikasi biasa yang menggunakan nama pengguna dan kata sandi (password). Namun Oauth juga mendukung 2FA (2 factor authentication), yang meningkatkan keamanan akun.

Kita bisa membaca semua surel dari berbagai akun dalam satu kotak surat (unified inbox),

Fitur lain yang mungkin akan Anda perhatikan adalah pemformatan ulang surel yang diterima. Ini dilakukan oleh Fair Email untuk mencegah phishing. Pemformatan ulang ini terutama dilakukan untuk surel yang dikirimkan dalam format HTML.

Beberapa aplikasi surel memiliki fitur untuk memaksa agar surel ditampilkan dalam format teks polos, atau paling tidak menampilkan kode sumber HTML. Namun ini bisa berakibat surel yang diterima susah dibaca.

Fair Email juga secara default memblokir gambar yang sering dilampirkan di dalam surel sebagai pelacak (tracker). Fitur pemblokiran gambar ini juga sebenarnya sudah dapat ditemukan di berbagai aplikasi surel lainnya (termasuk Gmail).

Pemeriksaan surel sampah (spam) saat ini biasanya menjadi tugas untuk server surel. Namun Fair Email juga memiliki fitur pemeriksaan spam terbatas. Aplikasi ini bisa memeriksa apakah domain pengirim surat berada dalam daftar hitam spam, dan memeriksa apakah alamat pengirim surel benar-benar ada.

Fair Email juga mendukung fitur enkripsi dan dekripsi surel yang dilindungi dengan teknik kriptografi, seperti PGP (Pretty Good Privacy) dan S/MIME (Secure/Multipurpose Internet Mail Extensions).  Sayangnya fitur enkripsi surel seperti ini cukup rumit, dan saya sendiri jarang menemukan orang yang menggunakannya.

Untuk menggunakan enkripsi PGP, pengguna terlebih dahulu harus memasang aplikasi lain, OpenKeychain. Aplikasi tambahan ini bertujuan untuk mengelola kunci untuk enkripsi dan dekripsi pesan di akun email yang digunakan dengan Fair Email.

Fitur lengkap untuk enkripsi S/MIME hanya tersedia sebagai fitur berbayar.
 

Freemium

Aplikasi ini dapat diunduh dan dipasang gratis. Namun pengembangnya juga menyediakan kemungkinan untuk upgrade ke versi berbayar (Pro).

Fitur-fitur berbayar yang disediakan sebenarnya banyak yang tidak terlalu penting. Contoh fitur Pro ini yang sebenarnya opsional antara lain adalah pengaturan bunyi notifikasi berbeda untuk tiap akun, penjadwalan pengiriman surel,  otentikasi biometrik sebelum membuka aplikasi. Meskipun begitu, beberapa fitur seperti templat jawaban, menerima undangan kalender, dan filter sepertinya cukup berguna buat pengguna profesional.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Refleksi Percintaan Mariani Oelong dalam Single Anyar berjudul 'Kejar'

BERIKUTNYA

Impulsive Buying Bikin Kondisi Keuangan Berantakan, Ini Kiat Mencegahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: