Pertandingan antara Kosta Rika dan Jerman akan berlangsung di Stadion Al Bayt

Fakta Pertandingan Jerman vs Kosta Rika yang Akan Berlangsung di Stadion Al Bayt

01 December 2022   |   14:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Jerman akan melawan timnas Kosta Rika di pertandingan terakhir babak kualifikasi Grup. Der Panzer yang mangantongi nilai satu membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar sambil berharap Jepang kalah saat bertanding melawan Spanyol.

Jerman dan Spanyol sebenarnya menjadi tim yang diunggulkan di babak kualifikasi grup E. Jika tim nasional Spanyol mengawali pertandingan dengan meyakinkan saat mencetak tujuh gol ke gawang Kosta Rika, Jerman justru mengawali pertandingan dengan kekalahan.

Der Panzer yang secara statistik unggul jika dibandingkan dengan tim nasional Jepang harus menelan kekalahan pada pertandingan awal. Jepang berhasil membalik keadaan setelah tertinggal 1 – 0, dan membuat hasil akhir menjadi 1 -2.

Baca juga: Jepang Kalah dari Kosta Rika, Persaingan Grup E Piala Dunia 2022 Makin Ketat

Setelah kalah dari Jepang, Jerman yang berhadapan dengan Spanyol pada pertandingan kedua juga tidak mampu berbuat banyak. Der Panzer bahkan tertinggal lebih dahulu melalui gol Alvaro Morata pada menit ke-62.

Jerman berhasil menyamakan kedudukan, dan terhindar dari kekalahan saat melawan Spanyol setelah Niclas Fullkrug mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83. Kedudukan imbang 1 – 1 berakhir hingga peluit panjang babak kedua berbunyi.

Sementara itu, Kosta Rika mampu bangkit dari keterpurukan setelah dipukul Spanyol tujuh gol tanpa balas di pertandingan melawan Jepang. Kosta Rika berhasil menang 1 – 0 melalui Keysher Fuller pada menit ke-81 meskipun Kosta Rika menghadapi tekanan terus-menerus dari Samurai Biru.

Pertandingan yang akan berlangsung antara Jerman dan Kosta Rika di Stadion Al Bayt menjadi  penting bagi kedua kesebelasan untuk lolos ke babak 16 besar. Berikut fakta pertemuan keduanya:


1. Pertandingan Spanyol vs Jepang Menjadi Penentu

Nasib Kosta Rika dan Jerman akan ditentukan dari hasil pertandingan antara Spanyol melawan Jepang. Kosta Rika dapat lolos ke babak selanjutnya jika menang dari Jerman, dan di pertandingan lainnya dimenangkan Jepang atau Spanyol dan seri.

Kosta Rika akan mengoleksi nilai 6 jika menang dari Jerman. Dengan begitu, Kosta Rika dapat menempati posisi pertama grup jika pertandingan antara Spanyol dan Jepang berakhir imbang lantaran Spanyol akan memiliki nilai 5 dan Jepang 4.

Kosta Rika dapat menempati posisi kedua saat menang dari Jerman jika pertandingan antara Spanyol dan Jepang dimenangkan oleh Jepang atau Spanyol lantaran Jepang akan memiliki nilai 6, tetapi  unggul selisih gol atau Spanyol yang akan memiliki nilai 7 jika menang.

Kosta Rika juga dapat menempati posisi kedua jika bermain imbang dengan Jerman, tapi Jepang harus kalah dari Spanyol. Hasil seri dengan Jerman akan membuat Kosta Rika memiliki poin 4, dan kekalahan Jepang dari Spanyol berarti membuat Samurai Biru hanya memiliki poin 3. 

Jerman harus memenangkan pertandingan dengan Kosta Rika untuk menang, sambil berharap Jepang kalah. Jerman akan memiliki poin 4 jika berhasil menang melawan Kosta Rika.

Nilai 4 ini akan membawa Jerman ke posisi kedua jika Spanyol berhasil mengalahkan Jepang yang saat ini menempati posisi kedua dengan poin 3. Jika Jepang menang dari Spanyol, Jerman yang memiliki poin 4 tidak akan lolos karena kalah selisih gol.

Tidak hanya itu, Jerman juga tidak dapat lolos jika pertandingan berakhir imbang lantaran dari selisih gol kalah dibandingkan dengan Jepang. Jika pertandingan antara Spanyol dan Jepang berakhir imbang, nilai tim nasional Jepang menjadi 4.


2. Pertemuan Kedua

Pertandingan antara Jerman melawan Kosta Rika di ajang Piala Dunia 2022 ini adalah pertemuan kedua dalam perhelatan empat tahunan itu. Keduanya pertama kali bertemu di Piala Dunia 2006.

Pada saat itu, Der Panzer berhasil mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4 – 2. Pada saat itu, pencetak gol dari Jerman adalah Philipp Lahm, Miroslav Klose, dan Torsten Frings. Sementara pencetak gol dari Kosta Rika adalah Paulo Wanchope.

Peringkat FIFA

Dari sisi peringkat, tim nasional Jerman tercatat memiliki peringkat yang lebih baik jika dibandingkan dengan tim nasional Kosta Rika.

Pada saat ini Jerman berada di peringkat sebelas dengan total poin 1650,21. Peringkat ini membuat Jerman berada di bawah Spanyol, Belanda, Portugal, Denmark, dan sebagainya. Namun, Der Panzer berada di atas Kroasia, Meksiko, Uruguay, Swiss, Amerika Serikat, dan sebagainya.

Sementara itu, peringkat Kosta Rika adalah 31 dengan total poin 1.503,59. Kosta Rika berada di bawah Tunisia, Chile, Korea Selatan, Ukraina, dan sebagainya. Dengan peringkat ini, Kosta Rika berada di atas Nigeria, Rusia, Australia, dan sebagainya.


3. Ada 3 Wasit Perempuan

Sebanyak 3 orang perempuan akan menjadi pengadil di pertandingan antara Jerman melawan Kosta Rika. Wanita itu adalah Stéphanie Frappart yang menjadi wasit utama; Neuza Ines Back yang akan menjadi asisten wasit 1; dan Karen Diaz Medina yang akan menjadi asisten wasit 2. 

Penunjukkan tiga wanita wasit ini akan menjadi sejarah karena baru pertama kali FIFA menugaskan perempuan sebagai  pemimpin pertandingan pada ajang Piala Dunia.


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Profil Jerry Lawson, Pelopor Video Game yang Jadi Gogle Doodle Hari Ini

BERIKUTNYA

Jadi Titik Temu Para Pencinta Film, JAFF 2022 Dihadiri 7.000 Pengunjung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: