Ilustrasi (Photo by Brett Sayles from Pexels)

Begini Pesta ala Warga Munich Sambut Oktoberfest

17 October 2021   |   08:51 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada akhir September, biasanya kota Munich akan ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia untuk merayakan Oktoberfest yang berlangsung selama dua pekan. Sayangnya, acara yang pertama kali berlangsung pada tahun 1810 ini harus kembali dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Meskipun festival sebenarnya di Munich, Bavaria, Jerman ditunda untuk tahun kedua berturut-turut karena pandemi, pencinta bir di seluruh dunia mungkin menggunakan Oktoberfest versi mini yang bisa dinikmati di rumah secara daring dengan kerabat dan keluarga.

Tapi pernahkah Genhype bertanya-tanya bagaimana festival ini muncul? Dan mengapa dirayakan pada bulan Oktober, bukan pada sebelas bulan lainnya dalam setahun?

Oktoberfest adalah volksfest terbesar, atau festival bir dan pasar malam keliling, diadakan setiap tahun di Munich, Bavaria. Dan percaya atau tidak, festival ini sebenarnya berasal dari perayaan pernikahan pasangan kerajaan Jerman.

Festival yang terkenal di dunia ini terinspirasi dari perayaan pernikahan Putra Mahkota Bavaria Louis, yang kemudian dikenal sebagai Raja Louis I dari Bavaria, dan Putri Therese von Sachsen-Hildburghausen pada 12 Oktober 1810.

Kedua pasangan kerajaan ini mengundang warga Munich untuk bergabung dalam perayaan yang diadakan di lapangan umum di depan gerbang kota yang disebut Theresienwiese, atau ladang Therese, dinamai untuk menghormati Putri Mahkota.

Penduduk setempat kemudian menyingkatnya menjadi wiesn, yang juga merupakan nama lain dari Oktoberfest.

Ketika pejabat kota Munich mengambil alih pengelolaan Oktoberfest pada tahun 1819 dan memperluas festival dengan acara seperti parade, pertunjukan pertanian, dan komidi putar, stan bir berkembang menjadi tenda dan aula yang lebih besar, didukung oleh pabrik bir lokal, untuk melayani permintaan minuman beralkohol yang terus meningkat.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Oktoberfest (@oktoberfest)


Oktoberfest biasanya dimulai pada akhir September dan berlangsung hingga hari Minggu, pekan pertama Oktober.

Acara yang terkenal secara global ini biasanya menarik lebih dari enam juta turis setiap tahun, banyak dari mereka adalah turis yang sengaja datang untuk merasakan sendiri pengalaman berpesta ala rakyat Munich.

Beberapa bentuk hiburan lain di Oktoberfest termasuk permainan, wahana hiburan, konser, dan pesta dansa.

Dilaporkan, total lebih dari dua juta galon bir dikonsumsi setiap tahun selama Oktoberfest.

Pada 2019, 7,3 juta liter bir dituangkan di Oktoberfest di Munich, turun dibandingkan tahun sebelumnya. 

Oktoberfest kini menginspirasi perayaan yang sarat dengan makanan dan minuman bir di seluruh dunia. 

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dubes Uni Eropa Tanam Mangrove Dukung Pekan Diplomasi Iklim 2021

BERIKUTNYA

Scream 5 Kuak Misteri Kelam Kota Woodsboro setelah 1 Dekade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: