Ilustrasi kamar kos. (sumber gambar: Pexels/Dmitry Zvolskiy)

4 Ide Desain Kamar Kos Fleksibel untuk Mahasiswa

30 November 2022   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kamar kos identik dengan ruangan yang sederhana dan biasanya terkesan monoton. Bagi anak rantau terutama mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, pilihan menghuni kamar kos memang menjadi opsi paling rasional untuk menghemat biaya pengeluaran.

Namun, alih-alih hanya dijadikan tempat tidur, kamar kos yang biasanya memiliki ruang sempit sebenarnya bisa diubah menjadi ruangan multi fungsi. Kepandaian kita dalam mengatur komposisi ruangan inilah yang nantinya membuat seseorang nyaman saat berada di dalamya.

Nah, jika Genhype masih bingung bagaimana mendesain ruangan kamar kos agar fleksibel dan nyaman untuk ditinggali, yuk simak rangkuman Hypeabis.id mengenai 4 ide mendekorasi kamar kos dalam ulasan berikut.

Baca juga: Referensi Wallpaper Kece Sulap Kamar Kos Jadi Makin Estetik
 

1. Gunakan Penyekat untuk Privasi

Meski kamar kos identik dengan ruangan yang kecil dan biasanya hanya berukuran 3 meter x 3 meter tapi kalian juga bisa menyekat tempat itu dengan kain atau kerai bambu untuk memberi privasi ruang. Untuk menyiasatnya kamu bisa membagi ruangan menjadi dua bagian, yakni ruang tamu dan tempat tidur.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta izin pada pemilik kos untuk melakukan renovasi kecil-kecilan pada kamar kalian. Setelahnya kamu bisa memasang kerai di bagian tengah. Karena bisa dibuka tutup maka kalian bisa memiliki ruangan yang lebih fleksibel.
 

2. Tambahkan Ranjang Multifungsi

Bila Genhype ingin memasang ranjang, kaamu juga bisa memanfaatkan kayu palet untuk diaplikasikan sesuai keinginan dengan didasarkan bentuk dan ukuran kamar kos. Usahkan untuk memberi ruang khusus di bagian bawah ranjang yang bisa berfungsi sebagai storage penyimpanan.

Penggunaan ranjang dari kayu palet selain lebih hemat juga bisa dibongkar dengan mudah saat membutuhkkan ruangan yang lebih luas. Tak hanya itu, bahan dasar palet juga bisa digunakan sebagai perabot multifungsi, termasuk tatakan lampu atau gantungan pakaian.


3. Terapkan Gaya Minimalis

Menerapkan desain minimalis di kamar kos juga bisa diaplikasikan agar ruangan kalian jadilebih fleksibel saat digunakkan baik untuk bersantai, istirahat, atau menerima tamu yang datang berkunjung.

Konsep gaya minimalis secara sederhana berkenaan dengan penggunaan unsur-unsur fungsional untuk mendapatkan kesan atau efek yang baik. Jadi jangan penuhi kamar kos kalian dengan furnitur yang malah mebuatnya rumit dan berantakan.


4. Pilih Gaya Lesehan

Desain kamar lesehan juga bisa diterapkan untuk membuat ruangan indekos Genhype jadi fleksibel. Sebab, setelah istirahat kalian bisa menggulung karpet atau kasur lipat. Sehingga ruangan jadi lebih luas untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengerjakan tugas kelompok dengan teman sesama mahasiswa.

Keuntungan lain dari desain lesehan adalah Genhype jadi lebih mudah membersihkan kamar kos. Hal ini karena tidak ada penghalang seperti adanya ranjang, lemari, atau sela-sela lantai yang biasanya tertutup oleh banyaknya perabotan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Botol Minum Corkcicle yang Harganya Selangit

BERIKUTNYA

Karyawan Sering Kena Burnout, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: