Ilustrasi (dok. Pexels)

4 Kunci Sukses Isolasi Mandiri di Rumah

04 July 2021   |   20:39 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Isolasi mandiri (isoman) di rumah menjadi alternatif bagi kamu yang terinfeksi virus corona namun tanpa gejala dan bergejala ringan. Namun selama waktu tersebut, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar isoman kamu sukses alias lekas sembuh dan tidak menularkan ke orang lain. 

Spesialis Penyakit Dalam dari RS Nasional Diponegoro dr. Setyo Gunadi Pramudo mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan terkait hal ini. Pertama, kamu harus isoman di ruangan atau kamar yang terpisah dari anggota keluarga lain. 

Sebisa mungkin pilih ruangan yang nyaman, mendapat paparan sinar matahari, serta ventilasi yang baik ya. Penting juga adanya akses kamar mandi yang baik. “Kamar mandi bersama bukan suatu halangan, bisa diakali," ujarnya. 

Kedua, sediakan obat-obatan atau vitamin sesuai anjuran dokter, tidak kurang dan tidak lebih. Kalau kamu punya komorbid, tetap diminum ya obat rutinnya.

Ketiga, peralatan kesehatan jangan ketinggalan. Pasien isoman bisa menyiapkan termometer untuk mengukur suhu badan paling tidak sehari 2 kali yakni pagi hari dan malam sebelum tidur. 

Kemudian pulse oximeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, alat ukur tekanan darah, glucometer untuk mengukur kadar gula darah, dan terakhir oksigen. 

Keempat, tetap jaga protokol kesehatan. Kamu harus menggunakan masker saat keluar kamar atau berinteraksi dengan anggota keluarga lain, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun, dan menerapkan etika batuk. 

Pisahkan alat makan dan segera mencucinya dengan sabun setelah dipakai. Begitu pula dengan pakaian kotor, serta bersihkan sesering mungkin lingkungan yang mungkin terpapar dengan menggunakan desinfektan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Vaksinasi di Stasiun? Cek Syarat-syaratnya

BERIKUTNYA

Perhatikan, 5 Klasifikasi Derajat Keparahan Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: