Fernandes pasca mencetak gol saat bertanding melawan Uruguay. (Sumber gambar :FIFA)

Bikin Uruguay Tak Berkutik, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

29 November 2022   |   10:01 WIB

Portugal akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, menyusul Brasil dan Prancis. Kesuksesan ini tidak lepas dari sumbangan gol Bruno Fernandes dalam pertandingan melawan Uruguay di Stadion Lusail, Qatar semalam. 

Portugal tampak mendominasi pertandingan melawan Uruguay. Hampir 70 persen Os Navegadores menguasai di babak pertama, namun masih tanpa gol. Justru ancaman mencetak gol datang dari Rodrigo Bentancur.

Baca jugaGrup E Piala Dunia 2022: Jadi Neraka Sejak Awal & Berjalan Tak Terduga, Siapa Bakal Lolos?

Gelandang Tottenham Hotspur itu melepaskan tendangan ketika diapit Ruben Dias dan Nuno Mendes pada menit ke-32 tetapi mampu diblok kiper Porto itu. Akan tetapi, serangan itu mampu digagalkan Diogo Costa yang memiliki pertahanan apik dalam menjaga gawangnya.

Serangan balik muncul saat Joao Felix hampir menendang bola ke gawang Portugal pada menit ke-52. Akhirnya, tim Fernando Santos berhasil menerobos segera setelah Fernandes mengangkat umpan silang dari sundulan Ronaldo yang melewati Sergio Rochet di gawang Uruguay pada menit ke-54. 

Gol ini pun disambut meriah, bahkan salah satu suporter masuk ke lapangan membawa bendera kebanggaan Portugal hingga akhirnya dikejar dan diamankan oleh petugas.

Uruguay berjuang menyamakan kedudukan. Diego Alonso mengirim kavaleri dan trio pemain pengganti yang memiliki peluang dengan berbagai tingkat kesulitan. Namun sayang, tidak sesuai harapan. 

Maxi Gomez melakukan tembakan pertama kali dari jarak 18 meter yang melambung di atas mistar pada menit ke-75. Giorgian de Arrascaeta hanya bisa melepaskan tembakan lemah di kesempatan emasnya dan dapat diselamatkan Costa dengan mudah. Sementara Luis Suarez mengontrol dan menembak dalam satu gerakan tetapi hanya menggetarkan bagian luar jaring.

Kekuatan justru kembali datang dari Portugal. Fernandes mendapat kesempatan untuk menutup poin ketika Jose Maria Gimenez yang tidak beruntung dihukum karena handball di dalam kotak penalti. Pemain Manchester United itu, menggulirkan penalti ke pojok kiri bawah dan mencetak gol kedua yang mengahntarkan Portugal masuk ke dalam babak 16 besar.

Baca jugaDaftar Lengkap Juara Piala Dunia dalam Sejarah, Brasil Paling Banyak Angkat Trofi

Pertandingan ini pun sekaligus membalas Uruguay yang menyingkirkan Portugal dalam Piala Dunia 2018. Ini adalah ketiga kalinya di Piala Dunia Portugal memenangkan dua pertandingan penyisihan grup berturut-turut, dua kali sebelumnya mengarah ke semifinal.

Hasil tersebut membuat Uruguay berada di posisi sulit di urutan ketiga dengan satu poin, dan harus mengalahkan Ghana di pertandingan grup terakhir mereka untuk memiliki peluang maju.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Dapat Permodalan Rp205 Miliar, TipTip Siap Bantu Monetisasi Konten Kreator

BERIKUTNYA

Begini Strategi Brand Aggregator Bawa Brand Lokal Naik Kelas 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: