Contoh perangkat gawai penunjang kegiatan sehari-hari. (Sumber gambar : Unsplash/Screen Post)

5 Tip Pintar Memilih Gadget

20 June 2022   |   12:59 WIB

Tren gadget atau perangkat elektronik tidak hanya dilihat dari modelnya saja, tetapi sudah lebih memperhatikan kecanggihan fitur sebagai penunjang dalam beraktivitas, baik berkomunikasi, berbagi dan mencari informasi, mengirim berkas, bertransaksi, hingga bermain game semuanya dalam satu genggaman. 

Seiring perkembangan teknologi, kini banyak ragam merek gawai yang bisa dipilih. Biar enggak bingung, perhatikan lima hal penting ini untuk menjadi pembeli yang pintar ketika memilih gadget.


1. Pilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari

Pahami kebutuhan sebelum kamu memutuskan untuk membeli handphone baru. Setelah itu kamu bisa menyesuaikan kapasitas Random Access Memory (RAM), layar HP dengan ukuran, jenis, dan bentuk sesuai kebutuhan. 

Perhatikan kualitas kamera pada HP yang akan kamu pilih agar dapat memotret berbagai momen indah. Penting juga untuk memilih desain dan material HP yang dapat bertahan lama dan mampu mencerminkan jati diri kamu. Saat ini, banyak brand HP yang menawarkan produk berkualitas namun dengan harga terjangkau.
 

2. Smartwatch untuk memudahkan komunikasi dan time management.

Sebagai pengguna gawai yang melek teknologi alias tech savvy, kamu dapat meningkatkan kenyaman dalam bergadget dengan menggunakan smartwatch yang terhubung dengan HP. Tren smartwatch belakangan ini semakin berkembang di kalangan masyarakat urban. 

Jam ini berfungsi sebagai penunjuk waktu dilengkapi fitur reminder terbaru sehingga kamu dapat lebih teratur dalam mengelola waktu. Kemudian, kamu juga mudah untuk menerima notifikasi, pesan, dan panggilan telepon yang masuk dengan hanya mengeklik layarnya. 

Smart watch juga dilengkapi fitus musik hingga penunjang untuk memantau kesehatan dan pola hidup yang sehat.
 

3. Tablet alternatif penunjang produktivitas.

Tablet adalah gadget dengan fitur menyerupai HP tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Tablet cocok buat kamu yang ingin mengakses ragam aplikasi komunikasi dan mengerjakan berbagai pekerjaan seperti mengetik, mendesain, dan melakukan presentasi. 

Banyak orang yang saat ini memilih tablet sebagai alternatif untuk bekerja khususnya untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi dalam pekerjaannya. Agar semakin mudah dan nyaman menggunakan tablet, pastikan tablet yang digunakan memiliki ukuran dan resolusi yang sesuai dengan karakteristik aktivitas kamu. 

Pastikan tablet yang akan kamu gunakan dilengkapi dengan kapasitas memori yang cukup untuk menunjang kebutuhanmu. Ada banyak fitur canggih yang bisa kamu manfaatkan. Terakhir, pilih desain yang sesuai dengan selera. 
 

4. Laptop yang pas.

Kamu dapat mencari laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Kategori kebutuhan laptop terbagi menjadi tiga, pertama adalah laptop untuk kebutuhan kerja dan belajar. Laptop jenis ini bersinggungan dengan berkas-berkas penting, dilengkapi dengan fitur audio visual yang jernih, hingga browser yang cepat. 

Kategori kedua adalah laptop untuk kebutuhan desain grafis yang dilengkapi software editing grafik dengan kapasitas yang cukup besar. Kategori ketiga adalah laptop untuk gaming. 

Untuk laptop gaming, biasanya memiliki memori paling besar karena aplikasi yang terunduh berkapasitas besar sehingga membutuhkan performa yang stabil dan kualitas audio visual yang jernih. 

Jika sudah mengetahui kategori laptop apa yang dibutuhkan, selanjutnya adalah memastikan ukuran laptop, garansi dan servis, hingga jenis proccessor yang memadai untuk mengimbangi rutinitas sehari-hari.
 

5. Pastikan orisinalitas produk dan jaga kesehatan gadget agar tahan lama.

Membeli barang-barang elektronik teritama secara online memang perlu teliti agar meminimalisir berbagai risiko kerugian. Namun yang utama adalah pastikan produk tersebut memiliki garansi untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh untuk jangka waktu lebih panjang. 

Setelah memiliki seluruh gadget yang dibutuhkan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gawak kamu dengan perangkat aksesoris. Tentunya, pastikan seluruh gawai kamu dilengkapi charger fast charging yang mampu mengisi daya gadget dengan cepat. 

Demi menunjang produktivitas ketika beraktivitas dari lokasi yang jauh dari sumber listrik, kamu dapat menggunakan powerbank berkapasitas baterai besar agar tidak perlu khawatir ketika beraktivitas dari manapun dalam waktu yang lama. Untuk menjaga performa laptop yang stabil dan tidak cepat panas, gunakan kipas pendingin laptop yang dapat kamu bawa kapan pun dan di mana pun.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

5 Alasan Drama Eve Harus Kamu Tonton

BERIKUTNYA

Penggemar K-Pop Merapat! Konser We Are All One Bakal Digelar di Jakarta November Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: