Poster film Piknik Pesona (Sumber gambar: Vision+)

Antologi Film Pendek Piknik Pesona Jadi Pembuka Jogja Netpac Asian Film Festival 2022

28 November 2022   |   21:26 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2022 resmi dibuka pada 26 November 2022. Pembukaan gelaran festival film bertaraf internasional itu ditandai dengan penayangan film Piknik Pesona, yang antologi 10 film pendek berlatar 10 kota dan karya 10 sutradara muda Indonesia, hasil produksi Vision Pictures dan Palari Films.

Sepuluh cerita yang disajikan, memperlihatkan keberagaman budaya di Indonesia dari berbagai sudut pandang dan genre cerita. Film pendek menjadi medium bagi para pembuat film untuk mengekspresikan visi artistik mereka dengan lebih bebas. Selain itu, format ini juga seringkali menjadi tempat untuk menemukan "suara hati" para sineas. 

Baca jugaJogja-NETPAC Asian Film Festival Kembali Digelar, Hadirkan Ratusan Film Terbaik se-Asia Pasifik

Kesepuluh film tersebut adalah (s)Aya karya Aditya Ahmad, Bakmi Bangka Heri karya Winnie Benjamin, Evakuasi Mama Emola karya Anggun Priambodo, Gedang Renteng karya Gianni Fajri, dan Golden Age karya M Reza Fahriyansyah.

Selain itu, ada juga film berjudul Jus Nanas Kue Lapis karya Ariani Darmawan, Marsiti dan Sapi Sapi karya Wisnu Surya Pratama, Pecel Kronikel karya Gugun Arief, Percakapan Kecil karya Tumpal Tampubolon, dan terakhir Uma de Raffa karya Abe.

Pemutaran dilakukan secara serentak di lima studio Empire XXI Yogyakarta, yang menjadi venue utama festival. Piknik Pesona adalah salah satu film yang mengundang antusiasme besar dari para penikmat film, hingga tiketnya terjual habis (sold out).
 

Festival Director Ifa Isfansyah mengatakan antusiasme para pencinta film untuk kembali merasakan pengalaman menonton film serta berdialog dan berjejaring selama JAFF tampak semarak, setelah tahun sebelumnya terdapat pembatasan kuota di dalam ruang bioskop.

Ifa menyebutkan tercatat lebih dari sepuluh film yang tiketnya habis terjual kurang dari 30 menit sejak penjualan dibuka oleh panitia. “Jumlah pengunjung dan penonton di JAFF selalu bertambah. Setiap tahunnya muncul penonton-penonton baru yang datang ke JAFF untuk pertama kalinya. Hal ini membuat saya semakin yakin bahwa budaya sinema di Indonesia akan terus semakin kuat," katanya. 

Tahun ini, JAFF menghadirkan 137 film dari 19 negara Asia Pasifik yang akan ditayangkan dalam program kompetisi dan non-kompetisi. Festival President JAFF, Budi Irawanto, mengatakan penyelenggaraan JAFF yang ke-17 tahun ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen JAFF untuk terus mempromosikan dan mendesiminasi sinema Asia.

"JAFF memberi ruang yang luas para pembuat film muda mempertontonkan karya terbaiknya yang menawarkan kesegaran perspektif dan sudut pandang berbeda tentang budaya dan masyarakatnya," ujarnya. 
 

Usung Tema Blossom

Pada usianya yang ke-17 ini, JAFF mengusung tema "Blossom” atau bersemi. Tema ini menandai usia muda yang sarat dengan energi, keingintahuan, dan kreativitas. Lebih jauh lagi, tema ini menyimbolkan munculnya inovasi-inovasi baru dalam moda produksi dan penjelajahan artistik, serta bakat-bakat baru di lanskap sinema Asia, meski di tengah pandemi yang masih melanda.

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, menyampaikan sejak pertama kali diselenggarakan pada 2006, JAFF telah menjadi ruang yang tak terpisahkan dengan dinamika masyarakat Jogja.

Selaras dengan tema yang diusung JAFF17 yaitu Blossom, katanya, gelaran festival ini menjadi harapan bersama sebagai penanda pertumbuhan serta semangat pembaruan dalam moda produksi, penjelajahan artistik, dan tematik dalam lanskap sinema Asia.

"Sehingga JAFF mampu berkontribusi untuk menjadikan Yogyakarta sebagai barometer sinema Indonesia di Asia," katanya.

Sementara itu, JAFF17 akan dilaksanakan secara luring di Empire XXI dan LPP Yogyakarta dan daring di KlikFilm selama delapan hari berturut-turut yakni 26 November hingga 3 Desember 2022. Adapun, jadwal program JAFF17 dan cara membeli tiket dapat dihat di akun media sosial resmi @jaffjogja dan situs resmi, jaff-filmfest.org. 

Baca jugaCek Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra Festival Film Indonesia 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tapak Tilas Portugal vs Uruguay Sebelum Duel di Piala Dunia 2022, Tak Bersua 4 Tahun

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Takashi Murakami, Seniman Kontemporer Jepang di Balik Karya Flowers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: