Penampakan Hiu Paus di MV Dreamers - Jungkook (Sumber gambar: Youtube.com/FIFA)

Ini Makna Hiu Paus bagi Qatar yang Muncul dalam MV Dreamers Jungkook

24 November 2022   |   07:06 WIB

Setelah lebih dahulu dinyanyikan dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2022, akhirnya music video (MV) lagu bertajuk Dreamers yang dinyanyikan oleh Jungkook BTS pun resmi dirilis di kanal Youtube FIFA. Mengusung lirik lagu penuh semangat, Jungkook BTS tampil sederhana dengan balutan busana putih dan hitam dalam video musik tersebut. 

Berduet dengan penyanyi ternama asal Qatar, Fahad Al Kubaisi, Jungkook BTS mumulai music video itu dengan langkahnya menyusuri lorong Gedung yang mewah. Kemudian diiringi penari latar dengan busana Gutra khas Qatar, mereka menari dengan riang di lorong-lorong kota Doha.

Baca jugaIntip Fasilitas Keren 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Beberapa anak-anak Qatar pun tampak senang bermain sepak bola di pinggir pantai bersama teman-temannya. Jungkook BTS juga tampak menari di antara puluhan bendera para peserta Piala Dunia tahun ini.

Namun yang menarik, terdapat hiu paus yang kerap kali muncul dalam MV Dreamers. Hiu paus itu tampak muncul dari kedalaman laut yang biru. Tidak hanya muncul di laut, hiu paus tersebut juga tampak beterbangan di langit Qatar. Apa makna dibalik hiu paus yang sering muncul di MV Dreamers tersebut?
 

Hiu Paus (Sumber gambar: Discover Qatar)

Hiu Paus (Sumber gambar: Discover Qatar)


Dilansir dari  situs Discover Qatar, rupanya Qatar merupakan rumah bagi salah satu makhluk hidup terbesar di dunia saat ini yaitu Hiu Paus. Untuk menjaga kelestarian mereka, pemerintah Qatar pun menutup akses lokasi Hiu Paus tersebut dari muka umum.

Meski ditutup untuk umum, pemerintah Qatar membuka trip berbayar yang terbatas ke lokasi Hiu Paus dengan harga US$32.500 atau sekitar Rp507 juta untuk satu kali perjalanan ke tempat yang dilindungi tersebut.

Setiap tahunnya, ada ratusan Hiu Paus yang berenang-renang dari pantai timur laut Qatar mulai April hingga September. Ikan terbesar di lautan ini terletak di dekat pulau Al Shaheen, sekitar 90 kilometer jauhnya dari pantai timur Qatar.

Ternyata, ada alasan khusus mengapa Hiu Paus menyukai lautan Qatar. Laut itu memiliki ekosistem yang unik dengan suhu air yakni rata-rata 32-34 derajat selama bulan musim panas berlangsung. Namun air di sekitar lokasi tempat Hiu Paus tinggal jauh lebih dingin yakni sekitar -27 derajat, yang membuat suhu ini jadi suhu sempurna dan ternyaman bagi kembang biak ikan hiu paus.

Tak heran setiap tahunnya banyak ikan hiu paus lahior di lautan Qatar. Ekosistem ini juga menjadi sumber makanan yang menarik dan disukai oleh Hiu Paus. Setiap harinya, diperkirakan ada sekitar 300 hiu yang muncul ke permukaan laut untuk mencari makan di perairan pesisir Qatar.

Baca juga3 Fakta Menarik La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar yang Disebut Mirip Casper

Bahkan pemerintah Qatar pun memiliki proyek penelitian hiu paus yang sudah mencatat adanya lebih dari 600 hius paus di perairan Qatar. Ini menjadikan mereka tercatat dalam rekor dunia dimana Hiu Paus bisa disaksikan tanpa harus menyelam ke laut dan tidak mengganggu habitat aslinya.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Tandamata Dukung UMKM Tingkatkan Penjualan lewat Platform Digital

BERIKUTNYA

Serial Understanding of Love, Saat 4 Pegawai Bank Mencari Makna Cinta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: