Messi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Meksiko (Sumber: FIFA)

Persaingan Grup C Ketat, Begini Skenario Argentina Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

28 November 2022   |   06:35 WIB

Hasil pertandingan di matchday ke-2 grup C Piala Dunia 2022, membuat keempat tim masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Kemenangan timnas Argentina dan Polandia membuat persaingan menjadi bertambah panas.

Mengoleksi poin 4, Polandia berhasil memuncaki klasemen setelah menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di grup C (1 menang & 1 seri). Disusul dengan Argentina dan Arab Saudi yang sama-sama memiliki 1 poin hasil dari 1 kali menang dan 1 kali kalah. Di posisi buncit ada Meksiko dengan poin 1, dari 2 kali main, mereka mendapatkan hasil 1 kali seri dan 1 kekalahan.

Baca juga: Teknologi Pendingin di Stadion Piala Dunia 2022 Qatar Sangat Canggih. Ini Cara Kerjanya

Matchday ke-3 menjadi penentu bagi semua tim. Lantas, bagaimana skenario yang bisa membuat masing-masing tim lolos ke babak 16 besar? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Regulasi FIFA
Penentuan posisi pada klasemen akhir grup akan ditentukan oleh beberapa kriteria yang tertuang dalam regulasi FIFA. Kriteria tersebut akan digunakan jika ada dua atau lebih tim yang memiliki poin sama. Berikut kriteria selengkapnya:
  • Selisih gol grup secara keseluruhan
  • Gol yang dicetak
  • Hasil head to head (H2H)
  • Selisi gol setiap tim 
  • Jumlah gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang memiliki poin sama.
  • Poin fair play
  • Undian

Skenario agar Polandia lolos
  1. Polandia lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup jika berhasil mengalahkan Argentina di laga terakhir grup C.
  2. Polandia lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup jika bermain imbang melawan Argentina dan Arab Saudi imbang atau kalah dari Meksiko.
  3. Polandia lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up jika kalah dari Argentina, sementara Arab Saudi dan Meksiko bermain imbang.

Skenario agar Argentina Lolos
  1. Argentina lolos ke babak 16 besar jika berhasil mengalahkan Polandia di laga terakhir grup C.
  2. Argentina lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup jika menang melawan Argentina dan Arab Saudi imbang atau kalah dari Meksiko, posisi pertama akan ditentukan oleh selisih gol.
  3. Argentina lolos ke babak 16 besar jika imbang dari Polandia, sementara Arab Saudi kalah atau seri dan Meksiko menang. Tim yang lolos akan ditentukan oleh selisih gol.

Skenario agar Arab Saudi Lolos
  1. Arab Saudi lolos ke babak 16 besar dan akan menjadi juara grup jika berhasil mengalahkan Meksiko dan Argentina bermain imbang dengan Polandia.
  2. Arab Saudi lolos ke babak 16 besar dan akan menjadi juara grup jika berhasil mengalahkan Meksiko dan Argentina berhasil mengalahkan menang atas Polandia. Maka puncak klasemen akan ditentukan oleh selisih gol.
  3. Arab Saudi lolos ke babak 16 besar jika berhasil menahan imbang Meksiko dan Argentina kalah dari Polandia.
  4. Arab Saudi lolos ke babak 16 besar jika bermain imbang dengan Meksiko dan Polandia kalah lebih dari empat gol.

Skenario agar Meksiko Lolos
  1. Meksiko lolos ke babak 16 besar jika berhasil mengalahkan Arab Saudi an Argentina kalah dari Polandia.
  2. Meksiko lolos ke babak 16 besar jika menang lebih dari empat gol, dan Polandia bermain Imbang dengan Argentina.
  3. Meksiko lolos ke babak 16 besar jika menang dari Arab Saudi dan Polandia Kalah dari Argentina. Dengan catatan, Meksiko dan Polandia akan berebut posisi runner-up dengan penentuan menggunakan regulasi FIFA.
Pertandingan terakhir grup C akan digelar tanggal 1 Desember 2022 pukul 02:00 WIB. Peluang yang masih terbuka lebar untuk semua tim yang ada, menjadi akan sangat menarik untuk ditunggu hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan.

Baca juga: Intip Fasilitas Fan Village Cabins Qatar, Hotel Kontainer Low Budget di Ibu Kota Doha

Menurut Genhype, tim mana nih yang berhasil melaju ke babak 16 besar?

Editor:  Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Mencegah dan Mengobati Luka pada Penderita Diabetes

BERIKUTNYA

Rekomedasi 7 Situs & Aplikasi Live Streaming Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: