Ilustrasi color blocking (Sumber gambar: Pexels/Vlad Chetan)

Menerapkan Konsep Color Blocking yang Mencuri Perhatian

27 November 2022   |   07:59 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Terinspirasi dari gaya melukis seniman asal Belanda, Piet Mondrian yang lekat dengan ciri khas memadukan satu hingga dua warna kontras dalam satu area, color blocking terlebih dahulu diserap oleh para desainer busana untuk membuat busana yang paling mutakhir. 

Belakangan, konsep ini justru masuk dalam dunia desain interior. Sebelum kalian mengaplikasikannya dalam hunian, perlu diketahui bahwa konsep ini tidak terbatas mengecat dinding saja. Namun, dapat juga dengan mengaplikasikannya pada beragam perabotan yang diletakkan dalam ruangan. 

Sama halnya dengan cat, warnawarna perabotan dapat berfungsi untuk memperkuat konsep color blocking. Genhype juga dapat menggunakan roda warna (color wheel) untuk memilih warna kontras. Terkait dengan ragam motif, kalian dapat mengombinasikan beberapa bentuk seperti segitiga, geometris, dan lingkaran.

Baca juga: Mengenal Desain Interior Zen dan Cara Menghadirkannya di Rumah

Jika kalian ingin mengubah warna kamar mandi menjadi lebih segar dan menarik, yuk perhatikan beberapa kiat color blocking di bawah ini: 
 

1. Klasik

Warna-warna cerah dalam color blocking sangat cocok untuk kamar mandi bergaya tradisional dan klasik. Sebelum mengaplikasikannya, perhatikan betul warna cat untuk mewarnai bagian sisi dinding, dan warna cat untuk plafon. Gunakan roda warna untuk mencari kontras cat. Kalian dapat memilih dua hingga tiga warna untuk menciptakan warna yang dramatis pada kamar mandi. 

Misalnya, kombinasi cat warna hijau, putih, dan motif hitam putih. Area dinding dapat dicat warna hijau. Sementara itu, pada bagian plafon kusen pintu dan jendela dapat dilapis dengan warna putih. Motif hitam putih dapat diaplikasikan pada bagian lantai dengan sentuhan motif hitam putih seperti papan catur. 

Warna perabot untuk melengkapi kamar mandi dapat dipilih warna abu-abu agar terlihat kontras dengan warna putih dari dinding. Jika kalian ingin meletakkan meja rias dalam kamar mandi kering, pastikan memilih perabot bergaya tradisional dengan warna cokelat. Kalian juga dapat menambahkan detail aksesoris seperti cetakan mahkota, meja rias kayu bergaya klasik. 

Guna meredakan kesan ramai dalam kamar mandi, ada banyak pilihan bath tub dan keran air dengan gaya modern yang sederhana. 

Baca juga: Dekorasi Rumah Kalian dengan Talenan, Kenapa Enggak?


2. Transisi 

Mengaplikasikan warna cerah dalam kamar mandi pada dasarnya tidak mudah. Genhype harus pandai-pandai membuat transisi atau gradasi warna. Tujuannya agar pandangan tidak terlalu terkejut dengan ragam warna. Ketika kalian merasa bahwa tiga cat terlalu berlebihan maka jangan dipaksakan. Kalian dapat memilih dua cat saja. Aplikasikan warna lembut dan kemudian warna yang keras. 

Dengan cara itu, efek kejut pada mata dapat diminimalisasikan. Warna mencolok hanya perlu diaplikasikan pada satu bidang dinding sebagai titik fokus. Misalnya, jika menggunakan putih sebagai warna dasar, maka dapat memilih warna cat merah muda sebagai warna utama, atau warna kuning sebagai aksennya.

Agar warna-warna itu selaras, kalian dapat menggunakan rumus 60-30- 10. Artinya, pilihlah tiga warna dan tetapkan presentase setiap warna yaitu, 60 persen putih, 30 persen merah muda, dan 10 persen kuning. 

Sebagai catatan, warna cat putih sangat disarankan dan menjadi dominan karena dapat mengistirahatkan mata dari warnawarna terang. Meskipun, pada dasarnya warna putih bukan menjadi warna utama, tetapi sebagai pendukung warna merah jambu.

Warna merah muda dapat disapukan pada bagian pintu, atau perabotan dalam kamar mandi seperti pigura kaca, karpet, atau bahkan pada pilihan warna handuk. Dengan begitu, warna ini akan menjadi titik fokus utama karena didukung oleh warna putih. Sementara itu, warna kuning menjadi aksen untuk memberikan variasi diantara kedua warna tersebut. 


3. Leluasa 

Memiliki banyak bukaan dan sirkulasi gerak yang leluasa merupakan ciri dari kamar mandi kontemporer. Terkait dengan color blocking, kalian dapat menggunakan palet berwarna biru, krem, dan keperak-perakan yang mencerminkan kesan dinamis. Dalam penerapannya,coba kombinasi material ubin berwarna biru pada bagian dinding. 

Penggunaan ubin pada dinding selain membuat warna menjadi dramatis juga memudahkan kalian saat membersihkan dinding kamar mandi. Jika menggunakan warna biru terang pada bagian ubin dan dinding, maka sebagai aksen, kalian bisa menempatkan meja rias berwarna putih, bath tub, atau tempat penampungan air berwarna putih. Warna putih ini dapat menjaga tampilan kamar mandi tetap bersih, sederhana, dan modern. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Kapan Waktu yang Tepat Beli Rumah?

BERIKUTNYA

Kiat Mempercantik Hunian dengan Lukisan Abstrak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: