Pemesanan makanan tetap harus menerapkan protokol kesehatan. (Sumber gambar: Norma Mortenson dari Pexels)  

Harus di Rumah Saja? Yuk Wisata Kuliner dari Rumah

01 July 2021   |   17:41 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kasus positif Covid-19 beberapa waktu belakangan ini terus menunjukkan peningkatan ya Genhype. Jadi, kalian tetap berada di rumah saja ya jika tidak ada keperluan mendesak yang mengharuskan keluar rumah. 

Nah, jika kalian rindu berwisata, terutama wisata kuliner, maka Genhype bisa loh tetap berwisata kuliner dari rumah dengan memanfaatkan sarana daring. Namun, tetap harus menerapkan protokol kesehatan ya saat makanan yang kalian inginkan tiba di rumah. 

Dilansir dari Indonesia Travel, ini makanan-makanan yang Genhype dapat nikmati jika berada di Jakarta. 

1. Nasi Uduk Khas Betawi 
Sajian kuliner yang satu ini nikmat sekali untuk sarapan ya Genhype. Nasi uduk khas Jakarta ini memiliki baragam lauk yang sedikit berbeda loh jika dibandingkan dengan nasi uduk pada umumnya. 

Jika pada umumnya tahu orek dan mi telur menjadi lauk nasi uduk, maka semur telur, semur tahu, semur tempe, hingga semur jengkol menjadi lauk di nasi uduk khas betawi. Sambal yang ada di dalam nasi uduk khas Betawi juga umumnya berupa sambal bumbu kacang.

2. Kerak Telur
Kadang saat harus di rumah saja, kita membutuhkan camilan sambil melakukan banyak hal seperti bekerja dari rumah. Nah, di Jakarta ada camilan yang tidak boleh Genhype lewati, yakni kerak telur. 

Rasa kerak telur bisa dikatakan cukup unik karena bahan dasarnya terbuat dari ketan, ebi, kelapa sangrai, dan telur ayam atau telur bebek yang disangrai kering hingga menghasilkan bentuk serupa telur dadar. 

Sebelum disajikan, kerak telur akan diberi taburan bumbu halus yang terbuat dari campuran kelapa sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir.

3. Asinan Betawi
Butuh sajian kuliner yang segar-segar? Asinan Betawi bisa menjadi pilihan Genhype. Asinan buah bercampur sayur dengan kuah kental yang menggugah selera ini pas buat menemani Genhype saat cuaca panas di siang hari. 

Apalagi ditambah kerupuk mi kuning, kerupuk merah, dan sambal kacang pedas yang disajikan dalam keadaan dingin, dijamin rasa asinan betawi akan memanjakan lidah Genhype. 

4. Soto Betawi
Sajian kuliner khas betawi lainnya yang bisa kalian nikmati ketika harus berada di rumah saja adalah Soto Betawi. Soto dengan kuah kental berisi dari potongan daging sapi atau kambing hingga jeroan ini identik dengan rasa bumbu rempahnya lho. 

Dalam seporsi soto Betawi terdapat potongan kentang, tomat, daging, serta jeroan seperti babat, paru, dan hati yang dihidangkan bersama perasan jeruk nipis, sambal dan emping.

5. Gabus Pucung
Gabus Pucung adalah makanan yang terbuat dari ikan gabus dan buah keluak yang sering digunakan dalam makanan rawon. Kuliner yang satu ini memiliki rasa yang didominasi oleh gurih berpadu dengan asam. 

6. Roti Gambang
Kuliner lainnya yang bisa kalian nikmati adalah Roti Gambang. Roti ini memiliki tekstur yang cukup padat. Kayu manis yang menjadi bagian dalam roti ini membuatnya menjadi harum. Campuran gula merah yang tidak terlalu manis dan taburan wijen di atas roti juga membuatnya tidak boleh dilewati. 

7. Dodol Betawi

Di Indonesia, ada banyak daerah yang menyajikan dodol sebagai makanan khasnya, termasuk Jakarta. Nah, dodol khas Betawi ini hanya terbuat dari tiga bahan saja, yakni ketan, gula merah, dan santan. 

Kudapan yang satu ini memiliki rasa manis yang tidak bikin enek, dan memiliki tekstur yang lembut. 


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Profil Mbak You

BERIKUTNYA

Seru, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Podcaster

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: