KAI memberikan diskon kepada para pelancong yang bepergian dengan KA Blambangan Ekspres (Sumber gambari ilustrasi: pexels/ KAI)

Ini Alasan KAI Gunakan Nama Blambangan Untuk Kereta Api Baru Rute Semarang Banyuwangi

24 November 2022   |   17:23 WIB

PT Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta api baru yang akan melayani rute Semarang Tawang – Ketapang pergi pulang. Moda transportasi baru itu bernama Blambangan Ekspres yang namanya diambil dari salah satu kerajaan yang pernah ada di negeri ini.

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa nama Blambangan Ekspres diambil dari nama Kerajaan Blambangan, yakni kerajaan Hindu yang berlokasi di Banyuwangi, tepatnya di Semenanjung Blambangan.

“Kerajaan Blambangan berdiri pada akhir masa Kerajaan Majapahit, yakni pada abad ke-13 Masehi sampai abad ke-18 Masehi,” kata Joni dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Kamis (24/11/2022)

Perusahaan memilih Kerajaan Blambangan sebagai inspirasi untuk nama KA Blambangan Ekspres lantaran kerajaan ini adalah salah satu kerajaan yang terbesar dan ternama pada saat itu. Dengan pemberian nama Blambangan, perusahaan pun berharap KA Blambangan akan besar dan terus bertumbuh.

Rangkaian KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat kereta eksekutif dan 3 kereta ekonomi. Total tempat duduk yang tersedia mencapai sebanyak 440 tembat duduk dalam sekali perjalanan.

Kereta api ini akan beroperasi pada tanggal-tanggal tertentu pada tahap awal, yakni pada 2-4, 9-11, 16-18, dan 22 – 31 Desember 2022.

 

Rute dan jam operasional Kereta Blambangan Ekspres/PT KAI

Rute dan jam operasional Kereta Blambangan Ekspres/PT KAI



KA Blambangan Ekspress keberangkatan Semarang akan berhenti di stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo. Kemudian, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang.

Sementara itu, KA Blambangan Ekspres keberangakatan Ketapang akan berhenti di stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, Kalisat, Jember, Tanggul, Probolinggo, Pasuruan, Bangil. Kemudian, Sidoarjo, Gubeng, Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, dan Semarang Tawang.

Perusahaan juga memberikan diskon bagi para pelancong yang akan menggunakan kereta api ini dalam melakukan perjalanan periode keberangkatan dari 2 sampai dengan 18 Desember 2022. Dengan promo yang diadakan, traveller dapat menggunakan kelas eksekutif seharga Rp250.000.

Sementara itu, traveller juga dapat menggunakan KA Blambangan Ekspres kelas ekonomi dengan tarif tiket sebesar Rp150.000. Tanpa potongan, tarif KA Blambangan Ekspres berkisar antara Rp380.000 sampai dengan Rp500.000.

Untuk diketahui, KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang dioperasikan oleh KAI dari wilayah Semarang dan Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya.

Perusahaan berharap kehadiran KA Blambangan Ekspres akan memudahkan traveller yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan menggunakan kereta api. KA Blambangan Ekspres akan berangkat pukul 19.30 dari Ketapang.

Sementara itu, keberangkatan dari Semarang Tawang adalah pada pukul 18.05 WIB. Perjalanan dari Stasiun Semarang Tawang menuju Stasiun Ketapang adalah sekitar 10 jam 35 menit. Sementara itu, perjalanan dari Stasiun Ketapang menunju Stasiun Semarang Tawang sekitar 10 jam 14 menit.

Traveller yang ingin membeli tiket KA Blambangan Ekspres dapat menggunakan chanel internal atau eksternal perusahaan. Salah satu media untuk membeli tiket adalah aplikasi milik perusahaan, yakni KAI Acces.

Seperti diketahui, Kereta Api Indonesia Access (KAI Access) merupakan aplikasi pemesanan tiket kereta api yang dikembangkan dan diterbitkan oleh PT Kereta Api Indonesia sejak 2014 untuk memenuhi kebutuhan penumpang, baik kereta api jarak jauh, menengah, maupun lokal/komuter.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Rekor Pertemuan Brasil vs Serbia, Tim Samba Pegang Catatan Tak Terkalahkan

BERIKUTNYA

In the Hand, Esensi Pameran Tunggal Seniman Chiharu Shiota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: