sumber gambar ilustrasi : PT KAI

Ingat, Jalan Jauh Naik Kereta Wajib Bawa Bukti Sudah Vaksin Covid-19

04 July 2021   |   20:00 WIB

Seiring peningkatan kasus positif Covid-19 di dalam negeri, vaksinasi menjadi syarat bagi pelancong untuk melakukan perjalanan di dalam negeri dengan kereta api ya Genhype pada 5 - 20 Juli 2021. 

Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengingatkan mulai besok sampai 20 Juli 2021, Genhype yang akan menggunakan kereta api jarak jauh harus memiliki bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, e-sertifikat, maupun bukti vaksin elektronik lainnya yang menyatakan telah disuntik vaksin minimal vaksin dosis pertama. 

Selain bukti vaksin, Genhype juga wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.  

Kemudian, bagi Genhype dengan kepentingan khusus yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan Kereta Api jarak jauh. Tapi, jangan lupa menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku ya.

Sementara untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Kemudian untuk pelanggan di bawah 5 tahun tidak diharuskan menujukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen. 

Seluruh ketentuan yang diterapkan pada masa PPKM Darurat mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI No 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021. 

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Ada PPKM Darurat, Nonton Streaming Gratisan Aja di Platform Ini

BERIKUTNYA

Mau Vaksinasi di Stasiun? Cek Syarat-syaratnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: