Ilustrasi pertandingan Korea Selatan (Sumber gambar: Tim Bechervaise/Unsplash)

Profil dan Peta Kekuatan Timnas Korea Selatan,  Mampukah Atasi Urugay?

24 November 2022   |   16:46 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Korea Selatan akan berjumpa tim kuat pada laga pertama mereka di Grup H Piala Dunia 2022. Mereka akan menghadapi Uruguay di Stadion Education City, Kamis (24/11/2022), pukul 20.00 WIB. Mampukah Korsel mengikuti jejak Arab Saudi dan Jepang yang menang pada pertandingan perdananya?

Korea Selatan adalah salah satu wakil Asia yang digadang-gadang bisa berbicara banyak pada Piala Dunia 2022. Tim Taeguk Warriors ini terbilang sudah cukup matang menjajal atmosfer Piala Dunia.

Korea Selatan adalah negara kedua dari Asia yang berhasil lolos ke Piala Dunia setelah Hindia Belanda. Debut pertama kali Korsel di Piala Dunia berlangsung pada 1954. Namun, setelah itu, Korsel cukup lama absen dari pesta olahraga bergengsi tersebut.

Baca juga: Piala Dunia 2022 Qatar jadi Kompetisi Sepak Bola Termahal Sepanjang Masa

Korsel baru kembali lolos ke Piala Dunia pada 1986. Sejak saat itu, mereka jadi tim Asia yang rajin lolos dan menjadi peserta Piala Dunia edisi setelahnya. Namun, meski sudah langganan jadi peserta Piala Dunia, Korsel belum sekali pun jadi juara. Jangankan juara, mereka masih kesulitan untuk masuk ke final.

Prestasi terbaik Korea Selatan hanya finish di peringkat empat. Pencapaian tersebut diraihnya ketika mereka menjadi tuan rumah bersama Jepang pada Piala Dunia 2002. Sayangnya, tren positif tersebut tak berlanjut. Korsel masih cukup kesulitan untuk sekadar lolos babak 16 besar.
 

Peta Kekuatan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Sama seperti negara lain, Korea Selatan tentu membawa pemain terbaiknya ke Qatar. Mereka juga memiliki pelatih yang performanya sejauh ini cukup baik. Pelatih Paulo Bento sudah menukangi Korsel sejak 17 Agustus 2018.

Dari 49 laga yang sudah dijalani bersama Bento, Korsel meraih 32 keuangan, 11 kali imbang, dan hanya 6 kali kalah. Pelatih asal Portugal tersebut tampaknya sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk membawa kejutan di Piala Dunia 2022.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ???? ?? ????? (@thekfa)


Namun, hasil yang baik dari Korsel juga tak bisa dilepaskan dari kerja keras para pemainnya. Saat ini Korsel memiliki sejumlah pemain-pemain top yang sudah berlaga di kancah Eropa.

Di lini belakang, mereka memiliki Kim Min-jae yang membela Napoli. Di lini tengah, mereka memiliki Lee Jae-sung yang bermain di Mainz, Hwang Hee-chan yang bermain di Wolverhampton Wanderers, Hwang In-beom di Olympiacos, Jeong Woo-yeong di Freiburg, Lee Kang-in di Real Mallorca, dan tentu saja Son Heung-min di Tottenham Hotspur. Di lini depan, mereka memiliki Hwang Ui-jo yang membela Olympiacos.

Namun, dari semua pemain Korsel saat ini, Son Heung-min rasanya bakal mendapat sorotan lebih. Performa pemain 30 tahun itu cukup moncer saat membela Tottenham Hotspur musim lalu. Dia mencetak 23 gol dan menjadi pemain Asia pertama yang melakukannya di Premier League.

Song Heung-min dipastikan bakal menjadi andalan Korsel untuk menjebol gawang lawan. Dengan pengalaman berharga yang dimilikinya selama merumput di Premier League, tentu kekuatan dia bakal makin diwaspadai lawan-lawannya.
 

Berikut daftar lengkap pemain Timnas Korea Selatan yang berlaga di Piala Dunia 2022

Kiper: Kim Seung-gyu, Jo Hyeon-woo, Song Bum-keun
Belakang: Kim Min-jae, Kim Jin-su, Hong Chul, Kim Moon-hwan, Yoon Jong-gyu, Kim Young-gwon, Kim Tae-hwan, Kwon Kyung-won, Cho Yu-min
Tengah: Jung Woo-young, Na Sang-ho, Paik Seung-ho, Son Jun-ho, Song Min-kyu, Kwon Chang-hoon, Son Heung-min, Lee Jae-sung, Hwang Hee-chan, Hwang In-beom, Jeong Woo-yeong, Lee Kang-in
Depan: Hwang Ui-jo, Cho Gue-sung


Editor: Indyah Sutriningrum
 
SEBELUMNYA

Berikut Kelebihan Firefox Untuk Android

BERIKUTNYA

Rekor Pertemuan Brasil vs Serbia, Tim Samba Pegang Catatan Tak Terkalahkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: