Ilustrasi Firefox Mobile (Sumber gambar: Android)

Berikut Kelebihan Firefox Untuk Android

24 November 2022   |   15:42 WIB

Genhype memakai peramban yang mana untuk menjelajah internet di ponsel? Pengguna ponsel biasanya jarang yang tergerak untuk memasang peramban alternatif. Google Chrome (Android) atau Apple Safari (iOS) sudah cukup buat banyak pemilik ponsel.

Bila Genhype ingin mencicipi peramban yang agak berbeda, tidak ada salahnya untuk mencoba Firefox untuk ponsel (Firefox Mobile).

Pada dasarnya Firefox Mobile hanya tersedia untuk Android (Firefox for Android). Mozilla memang menyediakan aplikasi Firefox for iOS.  Tetapi peramban ini pada dasarnya hanyalah Safari yang diberi baju baru dari Mozilla (karena menggunakan modul WebKit dari Apple untuk menampilkan laman web).

Kelebihan Firefox untuk Android adalah berbagai fitur yang tersedia untuk melindungi privasi pengguna ketika berselancar di jaringan web. Selain itu, Firefox for Android juga semestinya menjadi pilihan utama bila Anda lebih menyukai pula Firefox untuk desktop (Windows, macOS, Linux).

 
Firefox untuk Android
 

Pengaya

Dukungan terhadap pengaya (add-on) peramban kiranya merupakan kelebihan utama Firefox untuk Android yang belum tertandingi oleh peramban lainnya, bahkan pada tahun 2022.

Pengaya atau ekstensi adalah program kecil tambahan yang terintegrasi dengan peramban, yang biasanya digunakan untuk menambahkan fitur yang tidak tersedia pada aplikasi standar. Ekstensi pada Firefox untuk desktop berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

Untuk peramban desktop, saya memasang belasan ekstensi untuk menambahkan fitur seperti penyekat iklan, integrasi dengan aplikasi lain (seperti pengelola kata sandi), atau integrasi dengan situs arsip Internet (Internet Archive, https://www.archive.org).

Daftar pengaya yang didukung oleh Firefox for Android bisa dilihat dari menu Addons.  Sayangnya, saat ini hanya sedikit pengaya yang tersedia untuk peramban Firefox for Android. Beberapa pengaya yang patut dicoba adalah uBlock Origin untuk penyekat iklan, Web Archives untuk melihat versi yang diarsipkan dari laman web, serta Privacy Badger untuk menyekat pelacak (web tracker) yang tertanam di laman web.
 

Tata Letak Berbeda


Firefox for Android menawarkan tata letak yang sedikit berbeda dengan Chrome (yang merupakan peramban bawaan di Android). Anda bisa memilih untuk menaruh bilah alamat (URL) di bawah atau di atas. Firefox menaruh bilah alamat ini secara default di bawah, namun bila Anda lebih suka bilah alamat di atas, Anda bisa mengembalikannya.

Fitur tata letak lain yang juga cukup berguna adalah koleksi (Collections). Koleksi dapat dipandang sebagai bentuk lain dari markah buku (bookmark). Bedanya, koleksi akan ditampilkan di laman utama (homepage) peramban. Kita bisa menambahkan tab atau laman yang sedang dibuka ke suatu koleksi, atau menambah koleksi baru.
 

Sinkronisasi


Seperti peramban lain (Chrome, Edge), pengguna Firefox for Android bisa mensinkronisasi berbagai macam data, seperti riwayat penelusuran, markah buku, bahkan kata sandi yang tersimpan. Namun sinkronisasi data yang didukung tidak hanya terbatas pada ini saja.

Kita juga bisa melihat tab yang sebelumnya dibuka di peramban desktop, dan sebaliknya. Dengan fitur Send Tab, bila Anda membuka suatu laman web di peramban desktop, Anda bisa mengirimnya ke peramban Firefox for Android untuk dibuka di sana.

Tentunya, untuk dapat memanfaatkan fitur sinkronisasi ini, kita harus terlebih dahulu sudah masuk log di akun Firefox (accounts.firefox.com). Membuat akun Firefox ini cukup mudah. Selain digunakan untuk sinkronisasi data, akun Firefox juga digunakan untuk layanan Mozilla lain seperti Pocket dan Firefox Relay.

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Terkenal Dengan Seni Instalasi & Perfomance Menggunakan Benang, Ini Karya Pertama Chiharu Shiota

BERIKUTNYA

Profil dan Peta Kekuatan Timnas Korea Selatan,  Mampukah Atasi Urugay?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: