Timnas Portugal (Sumber gambar: Instagram.com/portugal)

Kilas Balik Pertemuan Portugal vs Ghana Sebelum Tampil di Piala Dunia 2022, Sempat Duel 8 Tahun Lalu

24 November 2022   |   13:21 WIB

Skuad Portugal akan berhadapan dengan Ghana pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung hari ini, 24 November 2022 pukul 23.00 WIB. Bertempat di Stadium 974 Qatar, laga Portugal vs Ghana siap menyajikan keseruan dalam babak grup H Piala Dunia tahun ini, sekaligus membawa nuansa nostalgia bagi kedua tim.

Pasalnya, Portugal dan Ghana pernah bertemu di Piala Dunia 2014 yang kala itu berlangsung di Brasil. Keduanya bertemu di Grup G yang dilangsungkan pada 16 Juni 2014. Keduanya tampak kuat dalam pertandingan sehingga berakhir dengan skor tipis.

Baca juga: Catatan Head to Head Uruguay vs Korea Selatan, Pernah Bertemu di Piala Dunia 2010

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menorehkan hasil baik kala itu. Mereka berhasil memenangkan pertandingan melawan Ghana dengan melesatkan 2 gol ke gawang.

Mulanya, Portugal memimpin skor dengan gol yang dieksekusi John Boye pada menit ke-30. Hingga akhir laga babak pertama, Portugal mampu bernapas lega dalam waktu istirahatnya jelang babak kedua. Pasalnya, mereka berhasil mengacak-acak pertahanan Ghana tanpa memberi peluang sedikit pun bagi penyerang Ghana untuk melawan.

Memasuki babak kedua, Ghana mengubah strategi. Skuad Black Stars berhasil merangsek maju menghancurkan lini pertahanan Portugal. Hasilnya, Ghana memperoleh 1 gol yang membuat pertandingan babak kedua semakin panas dengan skor seri 1-1. Gol yang dilesatkan Asamoah Gyan pada menit 57 itu pun sempat membuat Portugal ketar-ketir.

 

Namun pada akhirnya, sang penguasa lapangan yang paling bersinar kala itu, Cristiano Ronaldo membungkam gawang Ghana tanpa perlawanan berarti. Gol kaki emas Ronaldo itu terjadi 10 menit sebelum pertandingan berakhir. Hasilnya, Portugal tetap berada di atas angin hingga akhir laga Portugal vs Ghana dengan skor akhir 2-1.

Menariknya, kali ini keduanya akan bertemu lagi di luar kandang masing-masing dalam ajang yang sama. Portugal boleh berbangga dengan pemain kuncinya yaitu Ronaldo, Andre Silva, hingga Pepe. Namun Portugal harus mewaspadai kemungkinan strategi impresif dari skuad Ghana setelah mempelajari kekuatan Portugal sebelum bertanding nanti.

Selain itu, Ghana juga diunggulkan dengan pemain kuncinya yang mengisi liga klub ternama dunia. Sebut saja Mohammed Kudus yang tenar sebagai pemain muda Ajax Amsterdam yang berbakat. Ada pula Inaki Williams yang namanya tak pernah terlewatkan mengisi pertandingan Liga Spanyol saat membela Athletic Bilbao.

Baca juga: Kontroversi Armband OneLove di Piala Dunia 2022, Dipakai Harry Kane hingga Pose Bungkam Pemain Jerman

Tentu timnas Ghana pun akan menjadi tantangan tersendiri bagi skuad Seleccao das Quinas untuk merajai klasemen grup H. Sebagai informasi, Grup H di Piala Dunia 2022 ini diisi oleh Ghana, Korea Selatan, Portugal, dan Uruguay yang bersaing mengamankan tiket 16 besar Piala Dunia 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik
 
SEBELUMNYA

8 Karakter Superhero Bumilangit Fase 1, Siapa Setelah Gundala dan Sri Asih?

BERIKUTNYA

4 Fakta Menarik Captain Tsubasa, Animasi Jepang Ikonik untuk Pencinta Sepak Bola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: