Laeeb, Maskot Piala Dunia 2022 (Sumber gambar: Twitter.com/fifa_laeeb)

3 Fakta Menarik La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar yang Disebut Mirip Casper

21 November 2022   |   13:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Turnamen sepak bola terbesar di dunia, FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022 resmi digelar di Qatar. Dibuka dengan opening ceremony yang ciamik dari Jungkook BTS, gelaran Piala Dunia 2022 menyuguhkan keseruan puluhan tim nasional sepak bola yang berlaga di Qatar.

Selain riuh karena tim sepak bola dan musisi yang membuka Piala Dunia 2022, ajang ini tak lepas dari keunikan maskot yang tampil setiap empat tahun sekali tersebut.

Masih membekas di ingatan pecinta sepak bola saat Zabivaka didapuk sebagai maskot Piala Dunia 2018. Zabivaka merupakan maskot dengan tampilan harimau dan kucing yang meramaikan Piala Dunia 2018. Lepas dari tampilan hewan, pada tahun 2022 ini FIFA memilih La'eeb sebagai maskot Piala Dunia 2022.

Baca jugaMenggemaskan Hingga Punya Filosofi Kuat, Cek Daftar 15 Maskot Piala Dunia Sejak 1966

La'eeb tampil unik dan menggemaskan dengan visualisasi kain berwarna putih. Saking lucunya, La'eeb sempat menjadi perbincangan di media sosial Twitter. Netizen menyebut rupa La'eeb mirip dengan salah satu animasi kartun tahun 90-an yakni Casper. Pasalnya, La'eeb dan Casper sama-sama menyerupai jubah yang tampak seperti kain putih melayang. Yuk simak fakta menarikLa'eeb yang menjadi maskot Piala Dunia 2022!
 

1. Diperkenalkan Sejak April 2022

La'eeb diperkenalkan saat fase pengundian babak grup para peserta Piala Dunia 2022 pada April 2022 lalu di Doha, Qatar. Kala itu, La'eeb diperkenalkan ke hadapan publik dengan kostum putih yang tampak seolah-olah seperti terbang dengan wajah menggemaskan.

Pada bagian kepalanya,La'eeb menggunakan ghutra atau kufiya yang merupakan hiasan kepala khas daerah Timur Tengah berwarna putih dan tampak menyatu dengan pakaiannya.
 

2. Arti nama La'eeb & Karakternya sebagai maskot

Dilansir dari situs FIFA, La'eeb diambil dari Bahasa Arab yang mengartikan pemain dengan kemampuan super. La'eeb memiliki karakteristik yang senang berpetualang, berjiwa muda, menyenangkan, dan menyebar kegembiraan.

Selain itu, La'eeb juga dipenuhi dengan kepercayaan diri dan rasa kaingintahuan yang tinggi. Maskot ini diharapkan mampu membawa kegembiraan bagi semua orang yang gemar dengan sepak bola.
 

3. Maskot Piala Dunia pertama dari Timur Tengah dan Arab

FIFA menunjuk Qatar sebagai negara timur tengah pertama yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dengan demikian, maskot La'eeb pun menjadi maskot Piala Dunia pertama yang berasal dari timur tengah dan Arab. Deputi Direktur Umum, Pemasaran, Komunikasi, dan Turnamen Supreme Komite, Khalid Ali Al Mawlawi menyebut La'eeb sebagai maskot yang tak dapat dilukiskan.

Dia mendorong agar setiap orang mampu membentuk karakter hidup di benak masing-masing orang. “Kami mendorong semua orang untuk membayangkan seperti apa bentuknya. La'eeb berperan penting melibatkan penggemar muda dan tua,” kata Khalid dikutip dari situs FIFA.

Baca jugaLantunan Al Quran, Morgan Freeman, hingga Pesona Jungkook Meriahkan Opening Ceremony Piala Dunia 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Simak Profil Upi, Sang Sutradara Sri Asih di Jagat Bumilangit Cinematic Universe

BERIKUTNYA

Regenerasi Perajin Menjadi Tantangan untuk Keberlanjutan Industri Wastra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: