Ernest Prakasa saat ditemui di momen red carpet FFI 2022, Selasa (22/11/2022) malam-Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Ernest Prakasa Beberkan Beberapa Hal Berbeda dalam Film Cek Toko Sebelah 2

23 November 2022   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah enam tahun, sekuel film Cek Toko Sebelah tidak lama lagi akan tayang di bioskop. Kembali disutradarai oleh Ernest Prakasa, film Cek Toko Sebelah 2 akan kembali menampilkan cerita drama dari keluarga Koh Afuk beserta dua anaknya, Yohan dan Erwin.

Sebulan setelah toko ditutup dalam film pertama, Erwin (diperankan oleh Ernest Prakasa) dikisahkan hendak melamar kekasihnya, Natalie (diperankan Laura Basuki). Namun, usahanya itu terhalang oleh status kelas sosial di antara Erwin dan Natalie.

Baca juga: Bakal Rilis Pada 22 Desember 2022, Cek Toko Sebelah 2 Keluarkan Trailer

Agnes (diperankan oleh Maya Hasan), ibu dari Natalie, memiliki karakter yang keras dan memegang kendali penuh di dalam keluarganya. Sementara itu, Koh Afuk (diperankan oleh Chew Kin Wah) mendesak Yohan (diperankan oleh Dion Wiyoko) dan istrinya, Ayu (diperankan oleh Adinia Wirasti), untuk segera memiliki anak.

Setelah kondisi keuangan yang mulai membaik, Koh Afuk semakin tergerak untuk meminta cucu kepada Yohan dan Ayu. Sementara di sisi lain, Yohan dan Ayu merasa bahwa keputusan untuk mendapatkan anak bukan berada di tangan Koh Afuk.

Sutradara Ernest Prakasa mengatakan pihaknya membutuhkan waktu hingga 6 tahun untuk menggarap film Cek Toko Sebelah 2. Dia mengaku membutuhkan waktu selama itu untuk meracik cerita sekuel yang tepat.

"Karena mencari ide cerita buat sekuel tentunya sesuatu yang sangat sulit karena beban. Mau bikin gimana pun akan ada resiko dibandingkan dengan yang sebelumnya. Jadi memang harus cari cerita meyakinkan baru bikin," ungkapnya saat ditemui di sesi red carpet Festival Film Indonesia (FFI) 2022, Selasa (22/11/2022) malam.

Pria berusia 40 tahun itu mengatakan ada beberapa perbedaan dalam film Cek Toko Sebelah 2, salah satunya pergantian karakter utama. Sebelumnya, karakter Natalie diperankan oleh Gisella Anastasia, namun di sekuelnya diperankan oleh Laura Basuki.

Selain itu, sekuel film ini juga akan menyajikan cerita dan selipan komedi yang lebih relevan dengan kondisi sosial masyarakat saat ini mengingat jarak antara film pertamanya selama 6 tahun. 

"2016 aku masih pakai jokes yang seksis dan mengobjektifikasi perempuan dan dulu aku belum tahu kalau itu sesuatu yang buruk. Kalau sekarang sudah lebih sadar. Kita ada di era yang cukup berubah secara tatanan sosial misalnya soal wokeness [kesadaran]," jelasnya.

Ernest juga mengatakan bahwa peran sang istri, Meira Anastasia, dalam menulis skenario film Cek Toko Sebelah 2 juga kian banyak proporsinya. Hal itu dilakukan agar sudut pandang film tersebut tidak terlalu maskulin.

"Perspektif maskulin dan femininnya di Cek Toko Sebelah 2 lebih berimbang dibandingkan dengan film pertama," imbuh sutradara yang juga menggarap film Imperfect itu.

Sebagai seseorang yang memiliki latar belakang komika, Ernest masih konsisten untuk menggarap film bergenre komedi. Meski begitu, dia mengatakan genre komedi dalam industri perfilman masih cenderung stagnan. Hal itu ditandai dengan sedikitnya jumlah film komedi yang dirilis tiap tahunnya.

"Di Indonesia ini kebanyakan drama romance, drama religi, horor atau action. Drama komedi keluarga itu bisa dibilang dalam setahun mungkin hanya berapa persen dari film-film yang dirilis di bioskop," katanya.

Baca jugaFilm Cek Toko Sebelah 2 Siap Rilis, Yuk Simak Fakta-fakta Menariknya

Kendati kondisinya masih stagnan dan pasar perfilman cenderung didominasi oleh genre horor, Ernest mengaku hal tersebut justru menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus menghadirkan film-film bergenre komedi.

Adapun, film Cek Toko Sebelah 2 dijadwalkan tayang di bioskop pada  22 Desember 2022.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Pesona Indonesia dalam Lukisan Cat Air Karya Seniman Lokal & Luar Negeri

BERIKUTNYA

WayV Akhirnya Rilis Mini Album Phantom, Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: