Transjakarta menjadi transportasi yang ramah disabilitas. (Sumber gambar : Transjakarta)

Keren! Transjakarta Lengkapi Fasilitas Ramah Disabilitas di 222 Halte

23 November 2022   |   20:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Transjakarta menjadi salah satu transportasi umum yang diandalkan warga Ibu Kota. Menurut data, rata-rata penggunanya mencapai 288.494 per hari pada September 2022. Alhasil, transportasi berupa bus besar ini selalu ramai, terutama pada jam sibuk pada saat berangkat dan pulang kantor. 

Selain murah dan nyaman, Transjakarta dalam beberapa waktu terakhir pun ramah disabilitas melalui program Gerakan Inklusivitas Tije (Grinti). Gerakan ini bertujuan agar seluruh pelanggan Transjakarta termasuk disabilitas dapat menikmati pelayanan yang prima. 

Baca juga: Stasiun Matraman Didesain Lebih Ramah Disabilitas

"Fasilitas ramah disabilitas disediakan di halte, demikian pula petugas dilatih untuk membantu melayani pelanggan disabilitas," ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor dalam keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022). 

Beberapa fasilitas khusus seperti braile pada handrail, informasi visual pada pintu peron, dan informasi suara, juga disediakan secara bertahap di total 222 halte Transjakarta.
 

Guna meningkatkan rasa aman dan nyaman, Transjakarta juga menyediakan pelayanan khusus melalui Transcare. Layanan ini bisa dipesan sehari sebelumnya, dan penyandang disabilitas atau warga yang sakit dapat diantar dan dijemput ke tempat tujuan secara gratis.

Selain itu, Anang menyebut Petugas Layanan Operasi (PLO) telah dilatih untuk melayani dan mendampingi pelanggan disabilitas. Dengan program ini Transjakarta diharapkan menjadi penunjang mobilitas pelanggan disabilitas dengan transportasi publik yang baik.

Atas kinerja yang baik ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mendapat penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) pada Selasa, 22 November 2022. Ada dua kategori penghargaan yang diterima langsung oleh Direktur Utama Transjakarta, Mochammad Yana Aditya.

Penghargaan tersebut di antaranya Kategori Platinum, yaitu Operator dengan Pengguna Disabilitas Terbanyak dan Fasilitas Integrasi Moda Teramah Disabilitas.

Kemudian Kategori Silver yaitu Operator Terbaik Penyedia Sarana dan Prasarana Transportasi Ramah Disabilitas, serta Operator Dengan Kelembagaan Terakomodatif Dalam Pelayanan Disabilitas.

Baca juga: Sejauh Ku Melangkah, Film Distribusi Dampak yang Gugah Kesadaran tentang Disabilitas

Dari sejarahnya, TransJakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan dengan jalur lintasan terpanjang di dunia yakni 208 km. Sistem BRT ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. 

Sejak 1 Februari 2004, TransJakarta resmi beroperasi. TransJakarta diputuskan berbentuk Badan Pengelola (BP) TransJakarta berdasarkan Keputusan Gubernur No.110/2003. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Harga & Spesifikasi Suunto 9 Peak Pro, Smartwatch Modis dan Ramah Lingkungan

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi Rolls Royce Phantom, Bonus Putra Mahkota untuk Timnas Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: