Pedagang menjual karpet, permadani, dan sebagainya di pasar tradisional (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Aysegul Alp)

4 Pasar Tradisional Unik & Populer yang Ada di Qatar

23 November 2022   |   12:00 WIB

Pasar tradisional adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi wisata. Selain murah, biasanya berbagai barang atau souvenir khas yang dapat menjadi buah tangan tersedia di pasar tradisional.

Qatar adalah salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki sejumlah pasar tradisional yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong. Di tempat ini, kalian dapat menemukan Qatar dalam suasana yang berbeda, jika dibandingkan dengan pusat perbelanjaan modern seperti mal.

Di pasar tradisional, selain harga yang lebih bersahabat, kalian juga dapat berinteraksi dengan pedagang setempat dan menawar barang yang ingin dibeli. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menikmati aktivitas kesaharian masyarakat lokal saat berbelanja yang tentunya berbeda dengan aktivitas belanja di negara sendiri.

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah pasar-pasar tradisional yang ada di Qatar, yang bisa jadi tujuan wisata belanja hingga kuliner. 

Baca jugaFakta Menarik Seputar Souq Waqif, Pasar Tradisional Terkenal di Qatar


Souq Waqif

(Sumber gambar: Visit Qatar)

(Sumber gambar: Visit Qatar)

Souq Waqif adalah pasar utama Qatar dan merupakan pasar tertua di negara ini. Di tempat tersebut, kalian dapat menemukan beragam barang dan sajian kuliner yang dapat mengguggah selera sebagai penghilang rasa lapar. Tidak hanya itu, di pasar ini juga kalian akan menemukan barang dagangan seperti kerajinan tangan, souvenir, kain, teko, parfum, dan sebagainya.

Souq Waqif adalah pusat perdagangan di Doha yang sudah berusia ratusan tahun. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pasar ini sudah eksis sekitar 250 tahun. Pada 2000an, pemerintah setempat merenovasi tempat pasar tradisional ini, dan hingga kini menjadi salah satu daya tarik utama Qatar. 
 

Souq Al Wakrah

Pasar tradisional lainnya yang dapat menjadi tujuan wisata para pelancong ketika berada di Qatar adalah Souq Al Wakrah. Di tempat ini, kalian dapat menikmati arsitektur dan struktur tanah liat tua yang menawan. Terdapat juga Masjid dan jajaran toko yang menjual barang-barang suvenir. 

Item yang bisa ditemukan si pasar Al Wakrah antara lain madu, rempah-rempah hingga parfum. Tidak hanya itu, pelancong juga bisa menjajal kegiatan menunggan kuda, yang jadi salah satu aktivitas favorit di lokasi pasar tradisional tersebut. 

Kalian juga tidak perlu khawatir akan kelaparan di tempat ini. Pasalnya, Souq Al Wakraf punya banyak restoran tepi pantai dengan harga bersahabat, yang bisa jadi pilihan untuk beristirahat atau mengakhiri aktivitas jalan-jalan seharian. 
 

Souq Gold

(Sumber gambar: Visit Qatar)

(Sumber gambar: Visit Qatar)

Untuk Genhype pencinta logam mulia emas dan ingin mengoleksi emas dari Qatar ketika berwisata ke negara ini, kalian dapat mengunjungi pasar emas. Di tempat ini, para penduduk lokal membeli perhiasan dan pernak-pernik emas 24 karat.

Semua emas yang dijual memiliki stempel kemurnian dari otoritas lokal. Para pelancong dapat menemukan lebih dari 50 toko yang menjual emas di tempat ini. Saat malam hari, tempat ini akan ramai dengan hiruk dan pikuk pengunjung.
 

Souq Al Ali 

Salah satu dari banyak hal yang terkenal di Qatar adalah thobe, yakni jubah tradisional panjang yang biasa digunakan oleh pria di Qatar. Jubah ini biasanya berwarna putih. Namun, beberapa di antaranya juga memiliki beragam warna – terutama saat musim dingin tiba.

Kalian yang ingin mencoba menggunakan jubah ini bisa mengunjungi pasar tradisional Souq Al Ali atau yang juga dikenal dengan The Thobe Souq.

Baca jugaJadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Intip 6 Destinasi Wisata Qatar yang Menakjubkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Fakta Menarik Seputar Souq Waqif, Pasar Tradisional Terkenal di Qatar

BERIKUTNYA

Serial Dokumenter Pangeran Harry & Meghan Markle Tayang 8 Desember 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: