Mendikbud Nadiem Makarim saat memberikan sambutan di FFI 2022 (Sumber gambar: Youtube FFI)

Mendikbud Nadiem Makarim Sebut Perempuan Miliki Kans Besar di Industri Film Nasional

22 November 2022   |   22:32 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022 akhirnya resmi digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Selasa (22/11/2022). Pesta tahunan insan perfilman Indonesia ini dihelat untuk memperebutkan 23 Piala Citra dari setiap nominasi. Pemilihan nominator dilakukan dengan beragam tahapan seleksi, dan penjurian.
  
Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Nadiem Makarim  berharap dengan adanya ajang FFI ini bisa menjadikan insan perfilaman Indonesia semakin baik di masa depan. 

Baca juga : Putri Marino Raih Penghargaan Pemeran Pendukung Utama Terbaik di FFI 2022

Tak hanya itu, terlepas dari siapa pun yang membawa pulang piala citra, seluruh insan perfilman menurutnya juga harus mendapat apresasi yang menyeluruh dari masyaraat Indonesia.

"Oleh karena itu hal yang harus kita perhatikan dalam ajang FFI ini adalah untuk memperkuat ekosistem perfilman Indonesia melalui pemetaan dinamika dan kampanye sinema indonesia agar makin inklusif," papar Mendikbud Nadiem Makarim dalam sambutannya.

Menurut Nadiem, peran perempuan dalam produksi film di Indonesia pada  tahun ini juga sangat signifikan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya perempuan hebat yang berperan sebagai sutradara, penulis naskah, dan pekerja kreatif lainnya. 

Bahkan, menurut Nadiem mereka bukan sebagai pelangkap belaka dalam Industri film nasional. Melalui daya kreativitasnya para perempuan telah berhasil meraih penghargaan di ajang internasional, termasuk sutradara Kamila Andini, Aktris Laura Basuki, Happy Salma, dan Asmara Abigail.

"Melalui program Dana Indonesiana kami dari Kemendikbudrisek  juga akan terus mendorong film Indonesia ke pasar internasional. Kami mengajak seluruh sineas Indonesia untuk terus berkarya dan membangun jejaring di pasar global," jelas Nadiem.

Adapun, FFI Tahun 2022 digelar dengan mengangkat tema Perempuan: Citra, Karya & Karsa. Tajuk tersebut dipilih karena perempuan dianggap memiliki andil  besar dalam membangun ekosistem film yang ada di Indonesia hingga sekarang.

Untuk mendukung tem acara penganugerahan ini juga mendapuk  duta FFI 2022 yang terdiri atas para perempuan inspiratif  termasuk  Prilly Latuconsina,Shenina Cinnamon, Marsha Timothy, dan Cut Mini.  

Selain itu gelaran ini juga dimeriahkan dengan kehadiran para pengisi acara, antara lain Andi Rianto & Magenta Orkestra, Lyodra, Isyana Sarasvati, dan JS Choir.

Deretan pembaca nominasi di FFI 2022 pun juga didominasi oleh figur publik perempuan dari berbagai latar belakang, seperti Asmara Abigail, Najwa Shihab, Asha Darra, Ayu Laksmi, Titiek Puspa, Putri Marino, dan Kamila Andini.

Baca juga:  Slamet Rahardjo Sabet Piala Citra FFI 2022, Jujur Jadi Kunci Utama Seorang Aktor


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Slamet Rahardjo Sabet Piala Citra FFI 2022, Jujur Jadi Kunci Utama Seorang Aktor

BERIKUTNYA

Marthino Lio Sabet Penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: