Suasana malam puncak Anugerah Festival Film Indonesia 2022 di Plenary hall Jakarta Conversation Center (JCC), Jakarta, Selasa (22/11) saat tim pemain dan kru film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berfoto bersama. (Abdurachman Anugerah/Hypeabis.id)

Puncak Anugerah Festival Film Indonesia (FFI) 2022 Digelar Malam Ini

22 November 2022   |   19:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Malam puncak anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2022 digelar malam ini, Selasa (22/11/2022), di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. FFI akan mengumumkan seluruh pemenang dari 23 kategori nominasi dan menjadi momen perayaan bagi para sineas atas kerja perfilman dalam setahun terakhir.

Menurut pantauan Hypeabis.id, sejumlah sineas mulai dari aktor, sutradara, produser, hingga pejabat pemerintah telah hadir di Plenary Hall JCC, Senayan, Jakarta. Seperti diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Dian Sastrowardoyo, Slamet Rahardjo, Kamila Andini, Titiek Puspa, Joko Anwar, Asri Welas, dan Tara Basro.

Baca juga: Fakta Sejarah Festival Film Indonesia (FFI) yang Perlu Kalian Ketahui

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan industri perfilman Indonesia telah bangkit setelah pandemi Covid-19  bahkan mengalami kemajuan. Dia mengungkapkan bahwa ekonomi nasional mengalami pertumbuhan sebesar 5 persen.

Seiring dengan pertumbuhan tersebut, katanya, industri kreatif yang meliputi film, musik, dan seni pertunjukan juga memiliki potensi untuk terus mengalami pertumbuhan. 

"Industri kreatif juga pasti akan bangkit, apalagi demografi kita banyak anak muda," katanya saat diwawancarai di red carpet FFI 2022 di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Erick pun memastikan bahwa Kementerian BUMN akan terus mendukung kemanjuan industri perfilman nasional. "BUMN juga sudah diskusi soal program pendanaan [film]. Apalagi aset-aset kita juga bisa untuk kebutuhan syuting. Jadi kami siap support," katanya.

Senada, Aktor senior Lukman Sardi menuturkan setelah pandemi Covid-19, industri perfilman Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan, menurutnya, film-film nasional mampu menguasai pasar perfilman hingga 60 persen. "Ini pertanda yang baik buat industri perfilman kita," ujarnya.

Sementara itu, tahun ini, ajang FFI mengangkat tema Perempuan: Citra, Karya & Karsa. Tema ini terdiri dari kata 'citra' yang melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata 'karya' yang melambangkan ciptaan yang lahir, dan 'karsa' melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan.

Baca juga: Nominasi FFI 2022 Mencerminkan Keragaman Tematik & Estetika

Tema perempuan yang diangkat membuat deretan pembaca nominasi di FFI 2022 pun didominasi oleh figur publik perempuan dari berbagai latar belakang seperti diantaranya Asmara Abigail, Najwa Shihab, Asha Darra, Ayu Laksmi, Titiek Puspa, Putri Marino, dan Kamila Andini.

Gelaran FFI 2022 juga akan semakin meriah dengan kehadiran para pengisi acara yakni Andi Rianto & Magenta Orkestra, Lyodra, Isyana Sarasvati, dan JS Choir.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Olahraga yang Cocok Buat Para Introvert

BERIKUTNYA

Jadwal & Link Cara Menonton Festival Film Indonesia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: