NTRL (Sumber gambar: NTRL Official Instagram)

Rayakan Tiga Dekade Bermusik, NTRL Rilis Single Anyar berjudul Kita

21 November 2022   |   15:57 WIB

Untuk menandai tiga dekade di belantika musik Indonesia, grup band rock-alternatif NTRL merilis single anyar berjudul Kita. Mengusung genre musik yang lebih segar, lagu ini menjadi bentuk ekspresi rasa syukur NTRL kepada keluarga, sahabat, dan penggemar yang telah mendukung karier bermusik mereka sampai hari ini.

Berawal dari sebuah diskusi sederhana dan bermusik ala anak tongkrongan di sekolah SMA 60, sebuah band bergenre rock alternatif yang memulainya dari panggung-panggung kecil, kini sudah menjadi band rock legendaris yang popuker di skena musik Indonesia.

Bukan lagi panggung-panggung semenjana, NTRL kini sudah melenggang di di berbagai panggung musik berskala nasional bahkan internasional. Hingga hari ini, NTRL sudah merilis deretan single hit dan 14 album studio, serta meraih sederet penghargaan bergengsi. Hal itu menjadi proses produktivitas musikal mereka selama 30 tahun berkarya di industri musik Tanah Air. 

Baca juga: Ungkapan Melankolis Gabe Watkins dalam Single Anyar Berjudul Sunsets

“Fase ini kita bisa bilang sebuah anugerah. Siapa yang menyangka NTRL bisa ada hingga 30 tahun berkarya di Industri musik. Dulu kita sama kok kayak temen-temen lainnya. Latihan band, punya mimpi manggung bareng teman-teman se-tongkrongan. Enggak berbeda jauh,” ungkap Vokalis sekaligus bassist NTRL, Bagus Dhanar Dhana, dalam siaran pers yang Hypeabis.id terima, Senin (21/11/2022).
 

Pria yang akrab disapa Ombags itu mengatakan single Kita merupakan sebuah lagu yang bercerita tentang persahabatan. Lagu ini menjadi semacam anthem kebahagiaan NTRL dan orang-orang di sekeliling mereka yang telah berjasa dalam perjalanan karier musik mereka.

"Ketika kita tidak bisa berjumpa lagi kelak, lagu ini akan menjadi kenangan bahagia kita yang pernah dirajut bersama-sama,” ujarnya.

Dalam menggarap lagu Kita, trio Bagus, Coky, dan Eno meraciknya secara khusus mulai dari proses aransemen, lirik, hingga ambience atau nuansa lagu. Adapun, untuk proses produksi lagu, mereka menggarapnya di PosKo Studio yang berlokasi di kawasan Sukawati, Ubud, Bali.

"Kita ambil waktu khusus selama 4 hari disana. Membawa konsep yang masih minim sekali. Workshop malam, jamming pagi hingga siang. Dan pengaruh ambience sekitar daerah Ubud, mempengaruhi sekali output dari lagu Kita ini sih,” kata gitaris NTRL, Christopher Bollemeyer atau yang akrab disapa Coky.
 

NTRL (Sumber gambar: NTRL Music)

NTRL (Sumber gambar: NTRL Music)

Selain menandai hari jadi NTRL, lagu Kita juga akan menjadi pembuka petualangan baru bagi band yang terbentuk pada 1992 itu untuk merilis karya-karya terbaru mereka ke depan dalam satu album penuh. NTRL memastikan akan merilis lagu-lagu baru di masa mendatang untuk memenuhi dahaga kerinduan para penggemar akan karya-karya mereka.

Drummer NTRL, Eno Gitara Ryanto, mengatakan lagu-lagu baru yang akan dirilis NTRL akan menyuguhkan nuansa baru, dengan mulai mengeksplorasi beat-beat yang simpel, suara gitar yang clean, serta struktur musik yang tidak melulu cepat namun tanpa meninggalkan ciri khas musik NTRL.

"Memadukan musik 1980-an dan 1990-an dengan sound-sound kekinian. Dengan begitu, kita tetap menyenangkan fans NTRL yang sudah dekat, dan merangkul penikmat musik NTRL yang baru juga," katanya.

Selain merilis lagu, untuk menandai hari jadi yang ke-30, NTRL juga akan menghadirkan seremoni musikal spesial dan berbeda dari sebelumnya. Mereka akan menggelar sebuah konser bersama beberapa musisi lainnya yang menjadi saksi sejarah perjalaan bermusik mereka. Namun, mereka belum mengumumkan lebih lanjut mengenai konser tersebut.

"Berbeda lagi dari seremoni 25 tahun, kemudian 28 tahun, ke-30 tahun NTRL akan buat lagu persembahan khusus buat penikmat musik, khususnya NTRLizer.  Mudah-mudahan dalam waktu dekat terealisasi sehingga kita punya momentum spesial di 30 tahun NTRL berkarya ini," ujar Ombags.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Penyebab Kakak-Adik Tidak Akur dan Cara Mencegahnya

BERIKUTNYA

Taylor Swift Paling Bersinar, Intip Daftar Lengkap Pemenang AMAs 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: