La’eeb, maskot Piala Dunia Qatar 2022. (Sumber gambar : FIFA)

Menggemaskan Hingga Punya Filosofi Kuat, Cek Daftar 15 Maskot Piala Dunia Sejak 1966

21 November 2022   |   07:06 WIB

Maskot merupakan item penting yang selalu menjadi sorotan dalam gelaran Piala Dunia. Pada penyelenggaraan tahun ini, hadir La’eeb, karakter menggemaskan berupa jubah putih serta ikat kepala berwarna hitam dan putih. Hal ini merepresentasikan pelengkap pakaian pria khas Qatar.

Namun tahukah kamu, sejatinya sudah ada 15 maskot Piala Dunia sejak pertama kali berlangsung di Inggris pada 1966. Maskot-maskot ini berupa karakter manusia, hewan, hingga simbol-simbol yang menggambarkan dan merepresetasikan negara tuan rumah, tempat gelaran pertandingan internasional itu digelar.

Dari Juanito hingga La’eeb, berikut daftar maskot Piala Dunia yang tercatat di FIFA :

Baca jugaLantunan Al Quran, Morgan Freeman, hingga Pesona Jungkook Meriahkan Opening Ceremony Piala Dunia 2022
 

1. World Cup Willie 

Bagi banyak orang, Willie masih menjadi maskot Piala Dunia terbaik. Maskot ini adalah seekor Singa yang mengenakan jersey Union Jack dengan tulisan ‘WORLD CUP' di bagian depan. Maskot ini memberikan simbol tradisional untuk sang tuan rumah, Inggris pada 1966. Kesuksesan Piala Dunia Willie memastikan dia menjadi pelopor maskot di acara olahraga besar, menetapkan standar bagi banyak penerusnya.
 

2. Juanito 

Penerus Willie adalah Juanito. Karakter ini digambarkan berupa seorang anak laki-laki yang mengenakan kemeja hijau, bercelana pendek putih, dengan sombrero, topi khas Meksiko, yang menjadi tuan rumah Piala Dunia kedua pada 1970. Juanito menjadi maskot yang menggelorakan semangat untuk siaran Piala Dunia pertama dalam televisi berwarna. 
 

3. Tip dan Tap

Maskot Piala Dunia yang berlangsung di Jerman Barat pada 1974 ini menampilkan dua anak laki-laki dalam kaos putih negara tuan rumah. Satu karakter dihiasi dengan huruf WM atau Weltmeisterschaft, yang berarti Jerman untuk Piala Dunia. Karakter lainnya mengenakan kaos dengan nomor 74. Tip dan Tap menawarkan gambaran kebersamaan dan persahabatan yang akan diulang 32 tahun kemudian.
 

4. Gauchito 

Untuk turnamen ketiga berturut-turut, tuan rumah Piala Dunia, Argentina pada 1978 memilih Gauchito sebagai maskot. Ini mencitrakan seorang anak muda yang antusias, dengan memakai kit ikonik tuan rumah. Topinya membawa kata-kata 'ARGENTINA 78' dan dia mengenakan saputangan serta membawa Gaucho, cambuk gembala di peternakan khas penduduk Amerika Selatan 
 

5. Naranjito

Naranjito menjadi buah pertama yang dijadikan maskot Piala Dunia. Sebab yang lainnya mayoritas mengambil karakter hewan. Naranjito merupakan maskot berupa jeruk pada Piala Dunia Spanyol 1982. Maskot ini memiliki senyum manis dengan rona erat di kedua pipinya. 
 

6. Pique

Kembalinya Meksiko sebagai tuan rumah juga membawa comeback untuk Sombrero. Namun kali ini, Sombrero tidak dipakai oleh seorang anak laki-laki, melainkan cabai raksasa. Maskot untuk Piala Dunia 1986 ini juga menampilkan kumis khas orang Meksiko. Pique melanjutkan tema buah dan sayuran yang dimulai oleh Naranjito.


7. Ciao

Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia membuang bentuk maskot secara tradisional dan hadir dengan struktur yang lebih modern. Dinamakan Ciao, ucapan salam yang biasa dilontarkan orang Italia, maskot ini berupa sosok tongkat dalam warna tricolor Italia, merah, putih, hijau, dengan sepak bola sebagai kepala.
 

8. Striker 

Ada perkembangan revolusioner lainnya pada 1994, ketika publik Amerika Serikat memilih maskot turnamen mereka. Pilihan mereka jatuh pada Striker, seekor anjing yang mengenakan baju berwarna putih merah dengan tulisan USA 94 di bagian dada. Penampilannya ditambah celana berwarna biru. Maskot dengan setelan warna itu, merepresentasikan sang tuang rumah, Amerika Serikat.
 

9. Footix 

Footix menjadi maskot Piala Dunia di Prancis pada 1998. Terinspirasi pada Willie. Prancis memilih lambang nasional yang diakui dalam bentuk ayam jantan tradisional Gallic. Ini menjadi salah satu maskot yang lebih berwarna-warni sampai saat ini. Tubuh biru berani Footix, kepala merah dan paruh kuning cerah membuatnya menjadi tambahan warna-warni untuk turnamen yang mengesankan.
 

10. Ant, Kaz dan Nik 

Piala Dunia era milenium membawa trio maskot pertama dalam upaya futuristik yang dapat diprediksi dari co-host yang terkenal inovatif. Oranye, ungu dan biru, kreasi animasi ini berpartisipasi dalam 'Atomball', olahraga seperti sepak bola fiksi, dengan Ato sebagai pelatih dan Kaz dan Nik pemainnya. Ketiga nama tersebut dipilih oleh pengguna internet dan pelanggan di gerai McDonald's di negara dua tuan rumah, Korea dan Jepang pada 2002. 
 

11. Goleo VI dan Pille 

FIFA memilih Goleo VI dan Pille sebagai maskot favorit mereka dari lima Piala Dunia terakhir. Setelah citra berteknologi tinggi pada 2002, ini mewakili kembalinya maskot yang lebih tradisional, dan juga menggembar-gemborkan karakter hewan berupa singa. Maskot singa yang mengenakan baju putih itu ditemani bola bermata yang menggemaskan.
 

12. Zakumi Nama

Piala Afrika yang berlangsung pada 2010 menghadirkan Zakumi Nama, maskot berupa macan tutul. Namanya diambil dari kata 'Za' yang berasal dari potongan kata zuid Afrika atau Afrika Selatan, dan kumi yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa di seluruh Afrika. Maskot macan tutul ini memiliki rambut hijau layaknya warna lapangan sepak bola. Zakumi selalu hadir di sekitar kompetisi dan memeriahkan Piala Dunia.
 

13. Fuleco

Fuleco lahir pada 1 Januari 2000. Menjadi maskot piala dunia Brazil 2014, nama Fuleco merupakan perpaduan dari kata-kata 'futebol' dan 'ecologia'. Maskot ini merupakan gambaran dari Armadillo, mamalia yang terancam punah di Brazil akibat perburuan. Cangkang yang melindunginya telah berevolusi untuk mewakili keindahan alam Brasil yang sangat berkomitmen untuk melindungi keberadaannya. Warna biru di bagian corak kepala mewakili langit dan perairan jernih di dalam dan sekitar Brasil.
 

14. Zabivaka 

Zabivaka merupkan maskot berbentuk serigala yang memancarkan kesenangan, pesona, dan kepercayaan diri pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia. Namanya berarti orang yang mencetak gol. Maskot ini dipilih melalui pemungutan yang dilakukan FIFA. 

Dikembangkan oleh mahasiswa Ekaterina Bocharova, Zabivaka tampil menawan, percaya diri, memiliki jiwa sosial, dan selalu bermimpi menjadi bintang sepak bola. Dia adalah pemain yang adil, menghargai anggota timnya, menghormati lawan-lawannya, dan bermain dengan keterampilan serta tujuan. Maskot ini selalu menyenangkan  dan kerap membuat penonton yang hadir dalam pertandingan tertawa.
 

15. La’eeb

Sempat viral mirip Casper, karakter kartun berupa hantu yang menggemaskan dalam film Casper the Friendly Ghost, La'eeb menggambarkan penutup kepala yang biasa dipakai pria di Timur Tengah. La’eeb adalah kata Arab yang berarti pemain super terampil. La'eeb adalah petualang, menyenangkan dan selalu penasaran serta mendorong semua orang untuk percaya pada diri mereka sendiri. 

Baca juga: Jadi Sejarah Baru, Yuk Intip Profil 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Lantunan Al Quran, Morgan Freeman, hingga Pesona Jungkook Meriahkan Opening Ceremony Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

Guratan Kisah Seniman Rato Tanggela dalam Pameran Here Comes the Towtow

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: