Salah satu pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium (JIS) (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Penonton Piala Dunia U-17 di Indonesia Cetak Rekor

25 November 2023   |   14:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia yang dikenal sebagai negara penggila sepak bola rupanya bukan isapan jempol belaka. Antusiasme itu juga terekam dari banyaknya masyarakat Indonesia yang telah menonton secara langsung laga-laga seru yang tersaji di Piala Dunia U-17.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menggelar seluruh pertandingan Piala Dunia U-17 di empat stadion berbeda, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Meski Timnas Indonesia hanya bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, bukan berarti hanya venue yang terletak di Surabaya tersebut yang ramai. Seluruh stadion tersebut bisa dibilang selalu dipenuhi penonton secara merata.

Baca juga: Cara Beli Tiket Pertandingan Piala Dunia U-17 di JIS

Memasuki babak perempat final, total tiket yang telah terdistribusi mencapai 514 ribu. Dengan jumlah tersebut, rata-rata keterisian stadion hingga menjelang babak perempat final ialah 11.681 orang dari 44 pertandingan yang telah digelar.

Raihan jumlah penonton ini diketahui telah melebihi target FIFA yang ingin Piala Dunia U-17 2023 memiliki rata-rata 10 ribu penonton per pertandingan.

“Animo penonton Piala Dunia U-17 telah melampaui target yang dicanangkan FIFA. Ini Bukti bahwa Piala Dunia U-17 menjadi tontonan yang menghibur dan menarik bagi penonton,” ungkap Ketum PSSI Erick Thohir dalam keterangan resminya, Sabtu (25/11).
 

Sejauh ini, Gelora Bung Tomo yang menjadi venue Timnas Indonesia berlaga menyumbang jumlah penonton terbanyak. Hal ini bisa dimaklumi karena sebagai tuan rumah, dukungan dan totalitas suporter Indonesia pasti tercurahkan di markas Persebaya Surabaya tersebut.

Tercatat, jumlah penonton Indonesia vs Ekuador adalah 30.583 penonton, lalu Indonesia vs Panama adalah 17.239 penonton, dan terkhir laga Indonesia vs Maroko ditonton sebanyak 26.454 penonton.

Sementara itu, di luar laga Timnas Indonesia, pertandingan yang mempertemukan Inggris vs Brasil menjadi yang tertinggi ditonton. Berlaga di Jakarta International Stadium, Jakarta, duel sengit dua raksasa sepak bola dunia itu ditonton 15.171 penonton.

Saat ini babak perempat final masih berlangsung. Pada bagan pertama, duel antara Spanyol vs Jerman berakhir dengan skor 0-1. Sementara itu, pada bagan perempat final kedua, laga Brasil vs Argentina berakhir dengan skor 0-3.

Adapun, pada bagan perempat final ketiga yang mempertemukan Prancis vs Uzbekistan baru akan berlangsung sore ini pukul 15.30 WIB. Lalu, disusuk oleh laga perempat final terakhir yang mempertemukan Mali vs Maroko pukul 19.00. Kedua pertandingan digelar di Stadion Manahan Solo.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Sejauh ini, baru Argentina dan Jerman yang baru memastikan diri berlaga di semifinal. Adapun babak semifinal akan berlangsung pada 28 November 2023. Kemudian, babak play off peringkat ketiga digelar pada Jumat, 1 Desember 2023. Selanjutnya, babak final digelar pada Sabtu, 2 Desember 2023. Babak final ini akan digelar di Stadion Manahan Solo. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Yoasobi Bakal Konser Lagi di Indonesia Awal Januari 2024

BERIKUTNYA

Intip Koleksi Tas Chanel Mewah Amel Carla, Harganya Ratusan Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: