peringatan Hari Anak Sedunia tahun ini mengangkat tema Inklusi, Untuk Setiap Anak. Ilustrasi Anak (sumber gambar Unsplash/ Jessica Rockowitz)

Sejarah Hari Anak Sedunia & 10 Ucapan untuk Memperingatinya

20 November 2022   |   16:55 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November. Perayaan ini dirayakan sebagai momentum untuk lebih menghargai hak hidup anak, serta upaya pembinaan dan pengembangan potensi mereka agar lebih baik di masa depan.

Mengutip dari laman World Children's Day, peringatan Hari Anak Sedunia tahun ini mengangkat tema Inklusi, Untuk Setiap Anak. Tajuk tersebut digunakan agar anak-anak terus tumbuh dengan rasa aman, terbebas dari diskriminasi, dan konflik di  tengah masyarakat.

Dalam sejarahnya, menurut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Hari Anak Sedunia sudah ditetapkan pada tahun 1954. Tapi sejarah perjalanan hari istimewa ini merentang jauh hingga 1850-an yang dimulai oleh Dr. Charles Leonard, seorang pendeta dari Massachusetts.

Tokoh pendeta tersebut pada 1857 mengadakan sebuah kebaktian yang khusus didedikasikan untuk anak-anak yang bernama Flower Sunday. Adapun di Turki Hari Anak juga dirayakan secara luas oleh masyarakat di sana pada 23 April dan menjadikan hari tersebut sebagai hari libur nasional.

Baca juga: 5 Perayaan Unik Momentum Hari Anak di Berbagai Negara

Lambat laun, gerakan tersebut diadaptasi oleh sejumlah negara hingga pada 20 November 1989 Majelis Umum PBB mendeklarasikan Konvensi Hak-Hak Anak. Mereka kemudian turut menggandeng lembaga-lembaga internasional termasuk United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) untuk mendukung program tersebut.

Terlepas dari sejarahnya, anak-anak memang memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri. Mereka tak akan rela kegembiraan, petualangan, dan kesenangannya diganggu siapapun, termasuk orang tuanya. Sehingga, memberikan ucapan selamat pada buah hati dan sesama orang tua juga bisa jadi bentuk ungkapan tanda sayang agar makin dekat dengan buah hati.

Nah, bagi orang tua yang ingin memberi ucapan selamat pada buah hati dan sesama, berikut  adalah koleksi kata-kata ucapan selamat Hari Anak Sedunia sebagaimana dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber:

1. Bumi selalu mengungkapkan kepolosannya melalui senyuman anak-anak. Harapan yang sangat hangat untuk semua anak di hari istimewa ini. Selamat Hari Anak sedunia!

2. Masa termanis dalam hidup siapa pun adalah di masa kecil. Nikmatilah Hari Anak yang sangat bahagia ini dengan dengan petulanganmu sendiri. Habiskan hari ini dengan kesenangan tanpa batas!

3. Selamat Hari Anak Sedunia buah hatiku. Siapapun yang dicintai hari ini pastinya akan menyebarkan cinta ke yang lain di masa-masa yang akan datang!

4. Selamat Hari Anak Sedunia anakku, semoga kepolosan senyum dan kesucian hatimu tak terpengaruh selamanya. Nikmatlah hari menyenangkan ini bersama setiap anak lainnya di dunia!

5. Dunia terus bertumbuh di luar angaan-angan kita anakku, dan sejak kecil, kita harus belajar bahagia tanpa alasan. Selamat Hari Anak! Peluk erat untuk engkau yang tak tergantikan.

6. Anak-anak adalah bunga dari surga yang disayangi Tuhan. Jadi mari kita ubah Bumi ini sebagai tempat yang membahagiakan untuk anak-anak di seluruh dunia. Selamat Hari Anak!

7. Satu jam dengan seorang anak akan mengajarkan kita kegembiraan dan kepolosan seumur hidup. Selamat merayakan Hari Anak Sedunia!

8. Setiap anak adalah jenis bunga yang berbeda dengan keharumannya masing-masing.Mari rangkul mereka untuk menjadikan dunia ini taman yang indah. Selamat Hari Anak!

9. Jika uang bisa membeli kebahagiaan, semua orang akan kembali ke masa kecil dengan setiap lembar uang yang dimiliki. Masa kecil adalah hari yang luar biasa seperti setiap anak. Selamat Hari Anak Sedunia!

10. Anak-anak adalah bintang pemula, semakin sering kita menginspirasi mereka, semakin banyak yang mereka pelajari dari berbagai hal. Selamat Hari Anak Sedunia!

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar 9 Film Tayang di Bioskop Bulan Desember 2022, Cocok Jadi Tontonan Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Demam Piala Dunia, Simak Tips Tetap Sehat Nonton Pertandingan Sepak Bola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: