Chris Hemsworth (Sumber gambar: Instagram.com/chrishemsworth)

Chris Hemsworth Ungkap Risiko Alzheimer dalam Tubuhnya, Sinyal Rehat?

19 November 2022   |   13:16 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Baru-baru ini, aktor ternama, Chris Hemsworth mengungkap fakta buruk terkait kondisi kesehatannya dalam sebuah film dokumenter berjudul Limitless garapan bersama Disney+ dan National Geograpic. Dalam acara itu, pemeran Thor di jagat Marvel tersebut mengisahkan tentang perjalanan dalam mengekspansi kekuatan dan kesehatan tubuh manusia melalui rangkaian kegiatan.

Dalam cuplikan film Limitless tersebut, Chris Hemsworth menemui fakta bahwa adanya risiko penyakit Alzheimer yang mengintai tubuhnya. Hal tersebut ditemukan dari hasil tes yang dijalani aktor dewa petir tersebut. Chris memiliki dua Salinan gen APOE4 yang turun secara genetika.

Baca juga: 4 Aktor Ini Bawa Anak sebagai Kameo dalam Film Thor: Love and Thunder

Dilansir dari National Institue on Aging, APOE4 merupakan faktor risiko terbesar dalam penyakit Alzheimer. Meski demikian, studi menyebut tak semua pewaris APOE4 pasti akan terserang dengan penyakit ini.

Seperti yang diungkap dalam dokumenter Limitless, bahwa Chris Hemsworth memiliki kemungkinan 8 kali lebih kuat melawan penyakit yang biasa mengintai pada usianya itu.

Seperti diketahui, gejala alzheimer  sangat identik dengan gangguan kesehatan terkait mental dan daya ingat misalnya kesulitan fokus, gangguan daya ingat, hingga disorientasi.

Dalam pembicaraan tersebut, disebutkan jika Chris bergabung dalam 3 persen populasi dunia yang memiliki Salinan gen APOE4 dari orang tuanya. Hal ini tidak mengejutkan bagi Chris.

Pasalnya, pahlawan Marvel ini menyaksikan secara langsung saat kakeknya menderita Alzheimer. Chris Hemsworth pun berulang kali mengungkit kematian yang menurutnya tabu dibicarakan.

Dia menyebut beberapa ornag menghindari berbicara tentang kematian karena ketakutan, tetapi itulah yang harus dihadapi. Untuk itu, Chris Hemsworth mengaku mulai selektif memilih pekerjaan.

Dia tak mau terlalu memberi beban berat pada tubuhnya untuk bekerja ekstra. Pria kelahiran 39 tahun itu menjalani kegiatan renang di Laut Arktik yang dingin untuk meningkatkan kondisi kesehatannya.

Selain itu, suami dari Elsa Pataky ini juga mulai berpikir menghabiskan banyak waktu bersama istri dan dua anaknya yakni Liam Hemsworth dan Luke Hemsworth. “Istirku, anakku, mungkin ini menjadi ketakutan terbesarku,” katanya dikutip dari dokumenter Limitless.

Sang pemeran dewa guntur ini juga berharap kisah mengenai kesehatannya bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Dia menegaskan tidak bermaksud melalukan dramatisasi untuk meningkatkan popularitas atau menarik empati orang lain.

Melalui fakta yang dibukanya ke publik ini, pria yang menikah di Pulau Sumba, Indonesia ini ingin mengajak agar setiap orang bisa dengan segera meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Baca juga: 5 Film Terbaik yang Dibintangi Chris Hemsworth Selain Thor

Mengenai kabar kesehatan Chris, belum dipastikan apakah pria asal Melbourne ini akan rehat dari dunia film. Namun, Chris sempat mengharapkan agar kisah Thor yang diperankannya dalam Marvel Cinematic Universe segera selesai alias tamat.

Apalagi, Thor merupakan satu-satunya anggota Avengers asli terakhir di jagat Marvel setelah pahlawan lainnya mati di rangkaian film tersebut.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

4 Negara Ini Paling Tidak Aman Buat Wisata

BERIKUTNYA

Mau Beli Barang dari Luar Negeri? Ikuti 6 Langkah Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: