Sehat saat lansia (dok. Freepik)

4 Komunitas Ini Memberikan Dukungan bagi Penderita Kanker, Jantung & Alzheimer

30 September 2021   |   20:58 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Pencegahan penyakit degeneratif bagi lansia maupun untuk kalian yang masih muda, sangat penting dijaga sedini mungkin. Selain menjalankan gaya hidup sehat, hadirnya sistem pendukung alias support system  berupa  komunitas  dan kelompok literasi berperan penting dalam membangun kesadaran masyarakat untuk menerapkan upaya preventif, serta memberi dukungan bagi penderitanya.

Kehadiran komunitas ternyata sangat mendorong kesembuhan pasien. Sejumlah pakar medis menyebutkan bahwa tingkat kesembuhan pasien penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kanker, gagal ginjal, dan penyakit demensia sangat tergantung dari daya juang pasien. 

Daya juang tersebut pun hanya bisa tumbuh dan bertahan, tentu dengan dukungan dari lingkungan sekitar khususnya keluarga. Dalam menyikapi hal itu, anggota keluarga atau caregiver sangat perlu pelatihan, pemahaman, dan edukasi yang mumpuni dalam mendampingi pasien.
 
Berdasarkan hasil penelusuran Bisnis, berikut sejumlah komunitas bagi beberapa pasien penyakit degeneratif.
 

1.        Komunitas Rehabilitasi Jantung

Komunitas Rehabilitas Jantung adalah komunitas yang binaan Rumah Sakit Jakarta Heart Center (JHC) yang membina para pasien maupun pasien sembuh dari gangguan jantung. Beberapa pasien yang tergabung dalam komunitas ini umumnya adalah penderita; jantung koroner, gagal jantung, kardiomiopati, kelainan jantung, dan infark miokard. 

Komunitas ini bertujuan untuk membantu mendampingi pasien secara maksimal khususnya bagi pasien yang baru menyelesaikan tindakan medis agar tidak kambuh lagi. Sejumlah kegiatan yang aktif dilakukan adalah sharing berbagi pengalaman, penguatan mental dan psikologis, sampai aktivitas olahraga bersama.
 

2.        Indonesia Kidney Care Club (IKCC)

Indonesia Kidney Care Club atau Klub Sayang Ginjal Indonesia, adalah organisasi non-profit independen yang didirikan oleh keluarga dan pasien ginjal. Organisasi ini sudah berjalan selama lebih dari 12 tahun, dengan visi untuk memperbaiki kualitas hidup pasien ginjal. Oleh sebab itu, IKCC aktif dalam merumuskan kegiatan inspiratif dan edukatif.

Adapun visi utama IKCC adalah mewadahi bukan hanya pasien tetapi juga masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesadaran dan kepedulian pada kesehatan ginjal.
 

3.        Alzheimer Indonesia

Alzheimer Indonesia (ALZI) sudah berdiri sejak tahun 2000 dengan nama Asosiasi Alzheimer Indonesia. Dia lalu melebur menjadi ALZI, yakni yayasan organisasi non-profit yang bertujuan membantu meningkatkan kualitas hidup lansia penderita Alzheimer atau Orang Dengan Demensia (ODD) serta keluarga alias para caregiver. Organisasi Alzheimer Indonesia didukung para profesional dari berbagai bidang.
 

4.        Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC)

Komunitas khusus untuk para penderita kanker ini berdiri sejak tahun 2003. CISC membawa visi menjadi lembaga unggulan dalam memberikan dukungan serta layanan informasi pada masyarakat yang menderita kanker dan para keluarga atau caregiver.

CISC juga bertujuan memberikan dukungan psikososial, meningkatkan kesadaran dan pengetahuan, serta memfasilitasi hubungan harmonis antar penderita kanker dengan para pihak yang terlibat dalam penanganan.. Kini CISC bahkan memiliki cabang di 10 kota di seluruh Indonesia. (Bisnis Weekly Oktober 2020)

SEBELUMNYA

Lebih Padat, Ini Jadwal Rilis Lagu Artis Korea Jelang Akhir Agustus 2021

BERIKUTNYA

Begini Spesifikasi Smartphone Google Pixel 5a 5G yang Bakal Segera Rilis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: