Ilustrasi ikan hias cantik (Sumber gambar: Freepik)

Diminati di Luar Negeri, Yuk Kenalan Sama 3 Ikan Cantik Asli Indonesia

16 November 2022   |   06:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Indonesia adalah surganya ikan hias. Perairan Indonesia adalah tempat yang nyaman bagi banyak spesies ikan-ikan cantik dan unik di dunia. Belakangan, ikan-ikan lokal Indonesia pun mulai digemari dan diburu oleh para pehobi ikan hias dari mancanegara.

Ketua Umum Asosiasi Koral Kerang & Ikan Hias Indonesia (AKKII) Dirga Adhi Putra mengatakan ikan hias juga jadi salah satu binatang peliharaan yang belakangan kembali tren dan diminati banyak orang. Tidak hanya di dalam negeri, pertumbuhan peminat ikan hias asli Indonesia dari mancanegara juga terus meningkat.

Dalam 2-3 tahun terakhir, komoditas ikan tawar maupun ikan laut mengalami penjualan yang signifikan, baik dalam negeri maupun ekspor. Menurut Dirga, munculnya kembali tren ikan hias erat kaitannya dengan pembatasan mobilitas akibat pandemi Covid-19.

Banyak orang yang akhirnya bosan harus berlama-lama di rumah. Akhirnya, mereka kembali menggeluti hobi-hobi yang ada, salah satunya ialah ikan hias ini.

Saat ini memelihara hewan tidak hanya dilakukan oleh pehobi saja. Momentum kenaikan tersebut benar-benar memperluas pasar peliharaan hewan kesayangan.
 

Langganan Ekspor

Dirga mengatatakan Indonesia adalah salah satu produsen ikan hias terbesar di dunia. Sudah tentu ekspor jadi salah satu pangsa pasar yang dikejar para pengusaha pet shop khusus ikan hias. Dirga mengatakan jumlah ekspor ikan hias asli Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Melansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, permintaan ekspor ikan hias periode 2017-2021 menunjukkan tren peningkatan rata-rata 4,35 persen per tahun. Nilai permintaan ikan hias pada 2017 sebesar US$315,12 juta, kemudian menjadi US$366,61 juta pada 2021.

Negara tujuan ekspor utama ikan hias Indonesia ialah Jepang, Hongkong, Amerika Serikat, Vietnam, dan Tiongkok. Corak dan warna menjadi keunikan ikan-ikan hias Indonesia yang akhirnya diminati pangsa pasar mancanegara.

Lantas apa saja 3 besar ikan hias Indonesia yang paling diminati dan langganan ekspor? Berdasarkan data KKP, berikut rinciannya.
 

1. Ikan Arwana

Ikan arwana adalah salah satu jenis dari Indonesia yang cukup banyak digemari. Di beberapa daerah, ikan ini juga dikenal dengan nama Siluk, Kayangan Naga, Tangklesa, dan Kelesa. Ikan arwana memiliki bentuknya yang cantik, meramping, dan tampak anggun dalam berenang.

Ada 2 jenis arwana yang berhabitat asli di Indonesia. Dua jenis ini terbilang mewakili benua yang berbeda. Pertama ialah Paparan Sunda dengan nama Arwana Kalimantan (Scleropages formus). Sebarannya ada di daerah Kalimantan dan Sumatera. Beberapa ditemukan di Malaysia.

Kedua ialah Paparan Australian dengan nama ikan siluk Irian (Scleropages jardinii). Daerah sebarannya ada di Australia bagian utara. Namun, ditemukan juga di Indonesia di daerah Merauke dan Pulau Papua.
 

2. Ikan Botia

Ikan Botia atau clown loach adalah salah satu ikan endemik dari Indonesia. ikan Botia umumnya ditemukan di perairan tawar Kalimantan dan Sumatera. Bentuk tubuh kan ini terbilang pipih dan bulat memanjang yang ditutup sisik halus. Kepalanya berbentuk torpedo dan agak meruncing.

Sirip punggung pada ikan biasanya didominasi warna hitam dan sedikit oranye. Sirip dada serta perut ikan memiliki warna oranye. Adapun, ekornya berawarna oranye terang. Hewan endemik Indonesia ini adalah langganan ekspor untuk beberapa negara, seperti perancis, Denmark, Jerman, AS, Australia, Jepang, dan lain-lain.
 

3. Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki nama latin Betta sp. Jenis ikan air tawar ini memiliki habitat asal dari beberapa negara Asia Tenggara. Ikan ini banyak ditemukan di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Namun, Indonesia memiliki satu jenis cupang asli berjenis Betta channoides yang banyak ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang yang biasanya diminati ialah yang memiliki sirip dan ekor berwarna terang. Sirip-siripnya rapat sempurna ketika ikan membuka dan memekarkannya. Bentuk unik tersebut umumnya digemari oleh pencinta ikan hias cupang.

Baca juga6 Keunikan Kucing Busok Raas Madura, Punya Mitos Tersendiri

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Honor of Kings: World Rilis Trailer Gameplay, Visualnya Mirip The Legend of Zelda

BERIKUTNYA

Rela Latihan 1,5 Tahun, Pevita Pearce Ungkap Alasan Utama Ambil Peran Sri Asih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: