Ilustrasi kucing (Sumber gambar: Paul Bryan/Unsplash)

6 Keunikan Kucing Busok Raas Madura, Punya Mitos Tersendiri

18 September 2022   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype memelihara kucing di rumah? Tingkah kucing yang menggemaskan tentu membuat siapa saja ingin memiliki hewan yang satu ini. Kucing bisa saja lahir dari berbagai jenis ras. Beberapa diantaranya merupakan keturunan asli dan beberapa lainnya adalah hasil perwakinan silang ras kucing, misalnya kucing Mixdom.

Indonesia pun memiliki ras kucing asli yang terkenal dan diminati banyak pencinta kucing. Salah satunya adalah kucing busok atau raas Madura, yang merupakan asli dari sebuah pulau di Indonesia.

Dilansir dari Indonesia.go.id, kucing busok merupakan satwa endemik yang hanya ada di Madura. Sering dijuluki juga sebagai kucing raas, rupanya kata raas merujuk pada suatu pulau di Madura bernama Pulau Raas.

Baca jugaHari Kucing Sedunia, Ini Ras Kucing Dengan Harga Selangit

Lahir dan dibesarkan hanya di Pulau Raas, kucing eksotis ini kian diburu oleh pencinta kucing. Apa saja keunikan kucing busok raas Madura ini? Yuk simak!

1. Wajah segitiga yang khas

Secara fisik, kuing burok raas Madura cukup mirip dengan Russian Blue, berwarna gelap keabu-abuan. Namun, kucing burok identik dengan wajahnya yang berbentuk segitiga dengan dagu lancip. Selain itu, mata kucing busok tidak terlalu lebar dengan bentuk oval berwarna hijau tua.
 

2. Identik dengan telinga runcing

Kucing busok Madura memiliki telinga kedepan, memanjang, dan berbentuk rucing ke atas. Bentuk telinga ini cukup berbeda dengan ras kucing lain yang cenderung memiliki telinga berbentuk bulat.
 


3. Mirip Leopard

Bukan hanya dari bentuk wajah dan telinganya, postur tubuh kucing busok raas Madura yang anggun dan lebih besar dari kucing lainnya juga membuat kucing ini dijuluki sebagai Leopard. Bulu dan ekornya yang panjang membengkok di ujung semakin menambah kesan hewan ini mirip dengan kucing hutan.
 

4. Hewan para bangsawan pada masanya

Kucing busok raas Madura ini lebih akrab disebut sebagai kucing kecubung oleh masyarakat setempat. Pada awal tahun 90-an, hewan ini jadi peliharaan para bangsawan dan tamu istimewa yang berkujung ke Pulau Raas Madura. Hanya beberapa tamu terhormat yang bisa membawa pulang jenis kucing ini sebagai cinderamata.

Karena semakin langka, kini Pemerintah Daerah Sumenep, Madura telah melarang menjadikan kucing ini sebagai cinderamata. Warga Pulau Raas pun sangat menjaga keaslian ras kucing ini hingga saat ini. Salah satunya dengan melarang wisatawan untuk bertindak nekat mmbawa dan membuat perkawinan silang kucing ini dengan ras lainnya.
 

5. Memiliki berbagai mitos

Kucing eksotis ini tidak terlepas dari mitos unik yang mengiringinya. Konon, siapa pun yang membawa keluar kucing burok raas Madura keluar wilayah habitatnya, maka akan ditimpa kesialan. Sementara itu, bagi warga setempat yang memlihara kucing ini dengan baik, maka dipercaya akan mendatangkan rezeki dan nasib yang baik.
 

6. Butuh perawatan khusus

Kucing asli Pulau Raas Madura ini telah mendiami habitatnya puluhan tahun. Maka saat kucing ini dibawa keluar habitat asli, diperlukan perawatan khusus agar kucing tidak mudah stress. Kucing busok raas Madura dikenal tidak berumur panjang jika mudah stres dan tidak menemukan jodoh yang cocok.

Baca jugaDari Mengeong hingga Menggeram, Kenali 7 Jenis Suara Kucing & Artinya

Genhype, itulah beberapa keunikan kucing busok raas Madura. Kamu tertarik memilikinya?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pesta Telah Usai, Ini Dia 4 Keseruan di Playfest 2022

BERIKUTNYA

6 Negara Ini Tidak Diundang di Pemakaman Ratu Elizabeth II, Kenapa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: