Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (Sumber gambar: Angkasa Pura I)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Sesuaikan Jam Operasional Selama KTT G20

30 October 2022   |   21:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang paling digemari wisatawan. Namun, seiring dengan pelaksanaan KTT G20 yang akan berlangsung pada 15 -16 November 2022, akan ada penyesuaian operasional bandara yang harus diperhatikan oleh pelancong yang berlaku pada 12-18 November 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan bahwa penyesuaian operasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali ditujukan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT G20 Bali, terutama dalam kaitannya dengan aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penanganan penerbangan pada delegasi.

“Sebagai pintu gerbang utama kedatangan dan keberangkatan para delegasi, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali berkomitmen untuk menyediakan layanan terbaik serta bersifat seamless operation bagi para tamu negara ini," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: Mopah hingga Ngloram, Intip 7 Bandara Indonesia dengan Desain Arsitektur Unik

Beberapa penyesuaian operasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang akan berlaku dari 12 sampai dengan18 November 2022 adalah sebagai berikut:
  1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beroperasi 24 jam.
  2. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan untuk penerbangan reguler pada 14 November 2022 dari pukul 00.00 WITA sampai dengan 02.00 WITA dan dari pukul 13.00 WITA sampai dengan 21.00 WITA.
  3. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan untuk penerbangan regular pada 17 November 2022 dari pukul 12.00 WITA sampai dengan 19.00 WITA.
  4. Prioritas pelayanan penerbangan selama pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan diberikan untuk penerbangan VVIP G20 yang terdiri dari pesawat utama dan pesawat pendukung.
  5. Penerbangan pesawat kemiliteran pendukung G20; penerbangan charter delegasi G20; penerbangan bukan niaga delegasi G20; dan penerbangan reguler dalam negeri dan luar negeri beroperasi dengan jumlah pergerakan tertentu/terbatas. 

Faik menghimbau pelancong dengan perjalanan udara dapat menyesuaikan jadwal perjalanan dengan pesawat terbang pada periode pembatasan operasional penerbangan. Menurutnya, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tetap melayani penerbangan komersial berjadwal.

"Kami juga menghimbau kepada calon pelaku perjalanan udara yang akan melakukan perjalanan udara pada periode limited operation pada 14 dan 17 November untuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, khususnya dikarenakan adanya potensi perubahan jadwal penerbangan komersial berjadwal yang menyesuaikan pada penerbangan delegasi peserta KTT G20," katanya.

Selain penyesuaian operasional terkait penerbangan, lanjutnya, perusahaan bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Provinsi Bali untuk melakukan penyesuaian akses lalu lintas di sekitar Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada 14 dan 17 November 2022.

Kerja sama itu untuk memfasilitasi kedatangan delegasi dan mempermudah akses transportasi darat dari bandara ke lokasi penyelenggaraan KTT G20.

"Terkait dengan pengaturan akses lalu lintas di bandara, dapat kami sampaikan bahwa dua jalur Jalan Raya Airport Ngurah Rai yang berada di depan Gedung Administrasi PT Angkasa Pura I hingga Taman Bundaran I Gusti Ngurah Rai, dan juga akses Jalan Raya Tuban akan ditutup sementara pada periode 14 dan 17 November mendatang," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Genhype, Begini Cara Melakukan CPR dalam Kondisi Darurat

BERIKUTNYA

IFG Labuan Bajo Marathon akan Jadi Agenda Sport Tourism Berkelanjutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: