Cuplikan film Sweet Squad (Sumber gambar: Jakarta Film Week)

Intip 6 Film Cerita Pendek yang Masuk Nominasi Festival Film Indonesia 2022

14 November 2022   |   13:38 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like

4. Culas

Membawa cerita kemelut utang pinjaman online, Culas mengisahkan sesosok bernama Yana yang merupakan penagih utang di jasa pinjaman online ilegal. Dia terjebak dalam konflik kepentingan saat harus menagih utang Desi yang merupakan sahabatnya sendiri. Culas merupakan film yang disutradari oleh Sabrina Rochelle Kalangie dan ditulis oleh Aisyah Amirah yang mengangkat genre drama.


5. Basiyat

Cuplikan film Basiyat (Sumber gambar: Youtube.com/Emak Tapai)

Cuplikan film Basiyat (Sumber gambar: Youtube.com/Emak Tapai)


Setelah mendapat penghargaan sebagai film terbaik dalam East Java Film Call 2021 lalu, film berjudul Basiyat melenggang dalam nominasi Festival Film Indonesia untuk tahun ini. Menceritakan tentang polemik dan kemelut antara kiai dan bajing yang mendapat tanggungjawab dalam urusan wasiat seseorang yang minta dimandikan dengan arak saat meninggal dunia.


6. Dancing Colors

Cuplikan film Dancing Colors (Sumber gambar: Locarno Festival)

Cuplikan film Dancing Colors (Sumber gambar: Locarno Festival)


Berdurasi 15 menit, film yang pada 2022 ini sempat menyambangi festival film ternama yakni Locarno Film Festival 2022. Karya M. Reza Fahriyansyah ini menceritakan seorang anak yang menyembunyikan jati dirinya untuk menyenangkan sang orang tua yang dibalut unsur humor dan kesenangan sepanjang filmnya.

Untuk sampai pada babak nominasi, beberapa kategori penilaian dan elemen penjurian dilakukan dengan melihat persyaratan administrasi hingga potensi nominasi setiap film. Dalam fase penjuriannya hingga menentukan nominasi, Komite Festival Film Indonesia 2022 tidak hanya menggaet asosiasi profesi perfilman yang ada di Indonesia, tetapi juga Akademi Citra FFI yang dibentuk dari insan pemenang Piala Citra Festival Film Indonesia yang telah terlibat sebagai juri nomininasi dalam masing-masing kategori.

Selain karya film dalam berbagai kategori, Festival Film Indonesia juga akan menganugerahi pemenang lainnya dalam nominasi pantara lain pemeran utama pria, sutradara, pemeran utama wanita, penulis skenario, dan lainnya. Malam puncak anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2022 akan dilangsungkan pada 22 November 2022.

Baca jugaJadi Ajang Paling Bergengsi Insan Film Indonesia, Yuk Simak Tahap Penjurian FFI 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Merekam Transformasi Budaya Melalui Karya Seni di Pameran Yusuf Susilo Hartono

BERIKUTNYA

Serial The First Responders, Kisah Para Pekerja Layanan Darurat dalam Penanganan Kasus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: