Cuplikan film Sweet Squad (Sumber gambar: Jakarta Film Week)

Intip 6 Film Cerita Pendek yang Masuk Nominasi Festival Film Indonesia 2022

14 November 2022   |   13:38 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gelaran Festival Film Indonesia 2022 telah mengumumkan daftar nominasi dalam berbagai bidang kategori pada 22 Oktober 2022 lalu. Festival Film Indonesia membagi dua kategori penghargaan film dalam bentuk Film Non Cerita Panjang dan Film Cerita Panjang untuk dikurasi untuk penentuan film-film terbaik.

Dilansir dari situs Festival Film ID, sebelum nominasi dilakukan, Komite Festival Film Indonesia 2022 menerima pendaftaran dari 470 karya film berbentuk cerita panjang, cerita pendek, dokumenter, animasi, dan kritik. Dari 470 karya film itu, terdapat 74 karya film cerita panjang dan 309 karya film cerita pendek yang kemudian diseleksi oleh pihak komite.

Terdapat pula kategori film lain yang berupa 38 karya film animasi pendek, 83 karya film dokumenter pendek, 13 karya film dokumenter panjang, dan 135 karya kritik film.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra menyampaikan apresiasinya kepada insan perfilman yang antusias mengikuti pendaftaran ajang penghargaan perfilman Indonesia ini. “Kami optimis bahwa industri film Indonesia akan pulih setelah pandemi,” kata Ahmad Mahendra dikutip dari situs Festival Film ID.

Baca jugaDaftar Nominasi dan Tema FFI 2022, Film Seperti Dendam dan Before, Now & Then Bersaing Ketat

Pihak Komite Festival Film Indonesia 2022 pun telah melakukan rangkaian seleksi ketat hingga terpilihnya 6 judul film pada masing-masing kategori, termasuk kategori film cerita pendek yang menjadi kategori dengan persaingan paling ketat dalam ajang ini. Akhirnya, terpilih 6 film cerita pendek yang diambil dari 309 karya film pendek yang terdaftar di Festival Film Indonesia tahun ini, sebagai berikut:
 

1. Membicarakan Kejujuran Diana

Cuplikan film Membicarakan Kejujuran Diana (Sumber gambar: Facebook.com/Haryo)

Cuplikan film Membicarakan Kejujuran Diana (Sumber gambar: Facebook.com/Haryo)


Film cerita pendek Membicarakan Kejujuran Diana ditulis oleh Rien Al Anshari dan disutradarai oleh Angkasa Ramadhan. Berdurasi 27 menit, film yang rilis pada 29 November 2021 ini mengisahkan seorang siswa SMA yang mendapat perhatian usai videonya di sekolah viral. Film ini kental dengan unsur kritik pada sistem pendidikan di Indonesia.
 

2. The Scent of Rat Carcasses

Cuplikan film The Scent of Rat Carcasses (Sumber gambar: imdb)

Cuplikan film The Scent of Rat Carcasses (Sumber gambar: imdb)


Berdurasi 9 menit, film yang juga bersaing di Singapore International Film Festival ini mengisahkan tentang seorang gadis muyda yang mendapat warisan jubah dari mendiang ayahnya yang telah meninggal. Film The Scent of Rat Carcasses ini disutradarai sekaligus ditulis langsung oleh Dharma Putra P.N dan sudah rilis sejak 25 November 2021 lalu.
 

3. Sweet Squad

Cuplikan film Sweet Squad (Sumber gambar: Jakarta Film Week)

Cuplikan film Sweet Squad (Sumber gambar: Jakarta Film Week)


Sempat terpilih tampil di Jakarta Film Week, film yang diproduksi pada 2021 ini mengambil genre crime drama yang menegangkan. Di balik film Sweet Squad ini, Sutradara Haris Supiandi mengambil cerita seorang remaja yang mengambil risiko besar dalam mencari uang untuk pengobatan ibunya. Bergerak di perbatasan negara Indonesia dan Malaysia, remaja tersebut berhasil mendapat bayaran yang cukup besar.
 
1
2


SEBELUMNYA

Merekam Transformasi Budaya Melalui Karya Seni di Pameran Yusuf Susilo Hartono

BERIKUTNYA

Serial The First Responders, Kisah Para Pekerja Layanan Darurat dalam Penanganan Kasus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: