Ada empat tahap penjurian FFI, meliputi seleksi awal, tahap film rekomendasi, tahap film nominasi, dan tahap film pemenang. (sumber gambar Unsplash/Denise Jans)

Jadi Ajang Paling Bergengsi Insan Film Indonesia, Yuk Simak Tahap Penjurian FFI 2022

23 October 2022   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan film paling bergengsi di Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) resmi mengumumkan 22 kategori nominasi ajang Piala Citra FFI 2022 pada Sabtu, (22/10) malam. Pengumuman dilakukan secara virtual di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

Seluruh daftar nomine yang diumumkan telah melalui proses penjurian panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Film yang mengikuti seleksi penghargaan ini, harus terlebih dahulu lolos tahap awal yang digelar oleh Komite Festival Film Indonesia, yang diketuai oleh Garin Nugroho. 

Baca jugaDaftar Nominasi dan Tema FFI 2022, Film Seperti Dendam dan Before, Now & Then Bersaing Ketat
 
 


Penjurian FFI menerapkan sistem yang berkesinambungan setiap tahunnya. Langkah yang dilakukan adalah melalui berbagai masukan dari asosiasi profesi dan insan film Indonesia. Proses pada tahun ini juga disempurnakan dengan dibentuknya Akademi Citra dan platform daring Ruang Penayangan FFI. 

Tak hanya itu, pada gelaran tahun ini, pencinta film Indonesia juga masih dapat berpartisipasi lewat kategori penghargaan khusus, yakni kategori Film, Aktor, dan Aktris Pilihan Penonton. Pemilihan kategori penghargaan khusus ini dapat dilakukan melalui situs resmi FFI yang dimulai dari 20 September sampai 10 November 2022.

"Proses penjurian dari tahap Film Rekomendasi Asoasiasi hingga tahap Nominasi dilakukan satu pintu melalui platform penayangan ini yang telah terjamin sistem keamanannya," papar Garin Nugroho, Ketua Bidang Penjurian FFI 2022 dikutip dari festivalfilm.id.

Selama penjurian berlangsung, Komite FFI 2022 menerima sebanyak 470 karya film, baik film cerita panjang, film pendek, film dokumenter maupun film animasi, dan kritik film secara daring. Rinciannya, film cerita panjang yang mendaftar sebanyak 74 judul, film cerita pendek sebanyak 309 judul, film animasi pendek 38 judul. Lalu ada juga film dokumenter pendek 83 judul, film dokumenter panjang sebanyak 13 judul. Komite FFI 2022 juga menerima karya kritik film sebanyak 135 judul. 

Baca juga: Sinopsis 5 Film Wajib Tonton yang Tayang di Jakarta World Cinema Week 2022
 

Tahap Penjurian Festival Film Indonesia 

Dirangkum dari akun resmi Instagram @festivalfilmid, tercatat ada empat tahap penjurian, meliputi tahap seleksi awal, tahap film rekomendasi, tahap film nominasi, dan tahap film pemenang. Para juri terdiri dari anggota Akademi Citra yang pernah meraih Piala Citra. Berikut selengkapnya:
 

1. Tahap Seleksi Awal

Tahap ini dimulai dari pendataan film Indonesia yang tayang di bioskop, over the top, festival luar negeri dan pemutaran terbatas. Lalu, dilanjutkan dengan pendaftaran Kategori Film Cerita Panjang. Setelah itu, Komite FFI akan mengakurasi film yang sudah mendaftar menjadi 30 film.
 

2. Tahap Film Rekomendasi

Setelah lolos tahap seleksi, film-film yang disaring akan memasuki tahap rekomendasi. Sebanyak 30 film yang telah dikurasi lalu dikirimkan ke Asosiasi dan ditonton melalui laman Ruang Penayangan FFI. Setelahnya, Asosiasi akan merekomendasikan 15 film kepada Komite Penjurian FFI. Film-film pilihan ini nantinya juga akan ditabulasi oleh akuntan publik menjadi 20 Film Rekomendasi Asosiasi berdasarkan pilihan terbanyak. 
 

3. Tahap Film Nominasi

Pada tahap ini anggota Akademi Citra akan menilai 20 film Rekomendasi Asosiasi melalui laman Ruang Penayangan FFI. Mereka akan menilai film sesuai kategori penghargaan Piala Citra yang pernah diraih dan memilih 3-5 nomine. Anggota Akademi Citra juga akan memilih 3-5 nomine film terbaik yang akan dinilai unsurnya secara keseluruhan (komprehensif). Khusus untuk para peraih kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik dapat menominasikan 5 nomine pada minimal 10 kategori.

Selain itu, Anggota Akademi Citra wajib memberikan skor pada masing-masing pilihan dengan rentang nilai 50-100 (kelipatan 5). Laman penilaian nominasi akan muncul setelah anggota Akademi Citra menonton seluruh film Rekomendasi Asosiasi. Setelah tahap ini berakhir, semua nilai yang masuk akan dihitung oleh akuntan publik dan 5 peringkat tertinggi pada masing-masing kategori akan menjadi Nominasi FFI.
 

4. Tahap Film Pemenang

Tahap ini merupakan babak akhir dari proes sleksi film. Pada tahap ini, proses pemilihan satu pemenang dilakukan oleh Dewan Juri Akhir FFI. Mereka dipilih oleh Komite FFI berdasarkan rekomendasi atau usulan masing-masing Asosiasi Profesi Perfilman dan insan film. Langkah selanjutnya, Dewan Juri Akhir akan menilai film dari daftar nominasi. Semua dewan juri menonton langsung semua film nominasi di bioskop sesuai jadwal yang disiapkan Komite FFI.

Adapun, pnentuan pemenang dilakukan dengan cara diskusi terbuka dan difasilitasi oleh Ketua Bidang Penjurian Festival Film Indonesia, serta diawasi oleh akuntan publik. Lalu, keputusan Dewan Juri Akhir disahkan oleh akuntan publik dan tidak dapat diganggu gugat. Jika pada unsur film yang memenangkan penghargaan Piala Citra FFI terjadi pelanggaran hukum, maka penghargaan yang diberikan pada kategori tersebut akan dibatalkan demi hukum yang sudah ditetapkan oleh lembaga pengadilan. 

Baca juga10 Rekomendasi Film & Serial Horor untuk Rayakan Halloween, Ratu Ilmu Hitam hingga Cabinet of Curiosities


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Disulap jadi Distrik Seni, Cek Rangkaian Acara di Kemang 12730

BERIKUTNYA

Hypereport: Kpopers, Dimulai dari Fandom hingga Kekuatan Nyata Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: