Hari Ayah Nasional. (Sumber Foto: Pexels/cottonbro studio)

Rekomendasi Ucapan Hari Ayah Nasional yang Penuh Makna

12 November 2023   |   07:56 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 12 November, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional. Peringatan ini menjadi momentum yang tepat bagi setiap anak untuk memberikan apresiasi kepada sosok ayah dalam hidupnya. Mari kita melihat kembali peran dan pengorbanan seorang ayah yang sangat besar dalam keluarga.

Selain menjadi kepala keluarga, ayah juga memikul peran lain seperti mencari nafkah, melindungi keluarga dari segala ancaman, menjadi panutan untuk anak dan istri, dan lainnya. Merayakan hari ayah bisa dengan mengirimkan doa dan ucapan terimakasih yang penuh makna.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Indonesia yang Cocok Ditonton untuk Merayakan Hari Ayah Nasional
 

Sejarah Hari Ayah Nasional

Hari Ayah di Indonesia ditetapkan pada 12 November 2006 setelah deklarasi panjang yang dilakukan oleh PPIP dengan DPRD Kota Surakarta. Lahirnya hari Ayah diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang disebut Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Bermula pada 2014 lalu, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan menggelar sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara tersebut mendapat sambutan cukup baik dan berhasil mengumpulksn sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Setelah acara selesai, para peserta bertanya pada panitia penyelenggara Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi. Pertanyaan tersebut menggugah hati panitia untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia.

PPIP pun berusaha mencari informasi tentang hari ayah nasional. Mereka juga melakukan audiensi dengan DPRD Kota Surakarta dan bertanya, sebetulnya kapan hari ayah di Indonesia? Apabila memang belum ada penetapan hari Ayah, bolehkah seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari untuk dijadikan sebagai Hari Ayah. 

Setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan 12 November 2006 sebagai Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya.

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sebuah acara digelar di Balai Kota Solo yang dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk orang-orang dari komunitas komunikasi antar agama. Setelah ditetapkannya Hari Ayah Nasional, PPIP mengirim buku dan piagam deklarasi Hari Ayah pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta bupati Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. 

Pada hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku Kenangan untuk Ayah yang berisi 100 surat dari anak-anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Setelah saat itulah setiap 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.
 

Rekomendasi Ucapan Hari Ayah Nasional

  • Ayah, meskipun waktu dan jarak dapat memisahkan kita, bimbingan, nasihat, dan cinta Ayah tetap melekat padaku. Aku tidak akan menjadi diriku yang sekarang tanpamu. Selamat merayakan hari kebesaran Ayah.
  • Terima kasih telah bersikap seperti anak kecil saat aku masih kecil, bersikap seperti teman saat aku membutuhkan teman, dan menjadi orang tua saat aku membutuhkannya. Ayah adalah pria terbaik yang saya kenal. Selamat Hari Ayah!
  • Semakin tua usiaku, semakin aku menyadari betapa pentingnya memiliki ayah sepertimu. Ayah telah memberikan stabilitas dalam hidup saya dan cinta serta penerimaan yang saya butuhkan. Selamat Hari Ayah
  • Selamat Hari Ayah. Semoga Ayah menerima banyak sukacita dan tetap diberkati.
  • Seorang ayah selalu menjadi cahaya penuntun bagi anak-anaknya, yang cintanya menunjukkan jalan. Selamat Hari Ayah.
  • Selamat Hari Ayah untuk orang yang mengajari saya cara berjalan dan melangkah, cara bersikap dan mengambil keputusan, serta semua hal penting lainnya yang saya ketahui mengenai kehidupan.
  • Ayah, hari ini adalah hari spesial untukmu. Semoga cintamu terus mengalir dan memberi kebahagiaan. Selamat Hari Ayah!
  • Selamat Hari Ayah yang penuh kehangatan dan tawa! Terima kasih atas semua momen indah yang kami habiskan bersamamu.
  • Hari Ayah ini aku ingin mengucapkan terima kasih atas cintamu yang tak terukur. Selamat Hari Ayah!
  • Hari Ayah ini aku ingin menyampaikan rasa syukurku atas kehadiranmu yang membuat hidupku lebih bermakna. Selamat Hari Ayah!
  • Ayah, semoga setiap detik hari ini diisi dengan kebahagiaan sebagaimana setiap detik kami jalani bersamamu. Selamat Hari Ayah!
  • Selamat Hari Ayah! Terima kasih atas cinta, dukungan, dan kehangatanmu yang tak pernah pudar.
  • Terima kasih atas teladan yang Ayah berikan dan atas pengorbananmu untuk keluarga. Kami mencintaimu, Ayah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Daftar Lengkap Nominasi Grammy Awards 2024, Ada SZA & Taylor Swift 

BERIKUTNYA

5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda, Pola Makan Buruk dan Jarang Olahraga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: