Navya Autonom Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam (sumber gambar: Sinar Mas Land)

Wow Ada Mobil Listrik Tanpa Awak di BSD, Tertarik Mencoba?

08 October 2022   |   20:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sinar Mas Land menghadirkan autonomous electric vehicles pertama di Indonesia. Tepatnya, di dalam kawasan BSD City sebagai bentuk inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation. Kemudian, inisiatif ini juga mendapatkan dukungan pendanaan dari JICA.

Baca juga: Ini Sepeda Motor Listrik Volta Mandala Kolaborasi Dengan Bumilangit

Sebelum mengoperasikan kendaraan autonomous electric vehicles, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom Shuttle di QBig BSD City pada Mei – Juli lalu. Selanjutnya uji coba berlanjut ke kawasan BSD Green Office Park (GOP) dari 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap, mengatakan bahwa perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan.

“Kami menyaksikan inovasi AV [Autonomous Vehicles] ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Hypeabis.id.

Dia menambahkan bahwa kecanggihan fitur yang dimiliki kendaraan listrik tanpa awak ini juga merefleksikan gaya hidup yang dihadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem digital hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.

Untuk diketahui, Navya Autonom Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik tersebut memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri.

Kemudian, Navya Autonom Shuttle juga telah tersemat beragam sensor mulai dari pemanfaatan Global Navigation Satellite Systems (GNSS) dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis.

Big data analysis itu kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Tidak hanya itu, transportasi listrik otonom ini juga dapat mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Pada tahap kedua, kendaraan listrik tanpa awak ini beroperasi setiap hari Selasa-Minggu dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun.

Kemudian, calon penumpang perlu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore.

Menurutnya, masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik tanpa awak yang diuji coba dengan ketentuan tinggi badan anak minimal 120 cm dan mendapatkan pendampingan dari orang tua.

Sebagai informasi, Sinar Mas Land adalah pengembang properti yang memiliki beberapa program sebagai bentuk tanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup.

Program itu seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding, jalurr pejalan kaki, serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Salah satu cara membangun kesadaran itu adalah melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Kemudian, perusahaan juga mengembangkan taman kota dan hutan kota.

Editor: Dika Irawan 
 

SEBELUMNYA

Sejarah Singkat Kota Yogyakarta

BERIKUTNYA

4 Fakta Film Werewolf by Night, Horor Klasik Teranyar dari MCU

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: