Ilustrasi pekerja di kantor (Sumber gambar: Gustavo Fring/Pexels)

Ini 5 Tren Kerja yang Bakal Dibentuk Generasi Alfa pada Masa Depan

10 November 2022   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Kesejahteraan Menjadi Prioritas 

Tumbuh di tengah pandemi, ketidakpastian ekonomi, dan tren kerja jarak jauh membuat kesejahteraan (wellbeing) menjadi agenda utama ketika Gen Alfa memasuki dunia kerja. Perhatian terhadap kesejahteraan bahkan kian meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Studi Global Talent Trends 2022 dari Mercer mengungkapkan program kesejahteraan termasuk dalam lima alasan teratas mengapa karyawan bertahan, sehingga perusahaan harus memastikan kesejahteraan karyawan secara emosional, fisik, sosial, dan finansial.

Baca juga: Fenomena Gaya Hidup Generasi Muda, Antara Citra & Realita
 

4. Keberagaman & Inklusi

Saat Gen Alfa memasuki pasar tenaga kerja, akan ada banyak keberagaman dalam posisi pimpinan. Mereka percaya bahwa penting untuk memperlakukan semua orang secara setara tanpa memandang ras, suku, warna kulit, dan asal negara. Kesetaraan gender sama pentingnya bagi generasi ini.

Tumbuh di dunia yang beragam, turut membentuk pandangan dan harapan Gen Alfa. Mereka tidak akan sungkan pergi jika tahu berada di perusahaan yang terlihat mendukung sesuatu secara publik, padahal sebenarnya mengabaikan.
 

5. Preferensi Tempat Kerja & Perubahan Positif

Bekerja dari mana saja juga akan menjadi norma baru bagi Gen Alfa. Selama pandemi, mereka sekolah secara daring, sehingga transisi menuju kerja di mana saja akan lebih mudah. Selain itu, Gen Alfa juga cenderung ingin bekerja untuk perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai yang mereka pegang. 

Mereka akan merasa puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan, apabila perusahaan memberikan dampak positif, terutama pada isu-isu utama yang menjadi perhatian mereka seperti perubahan iklim, inklusi keuangan, dan pemberdayaan perempuan.


Editor: Roni Yunianto
 
1
2


SEBELUMNYA

Ragam Kolaborasi Seniman Lokal dengan Film Black Panther 2, Ada Pameran hingga Mural Spesial

BERIKUTNYA

Akan Rilis Pada 22 Desember 2022, Cek Toko Sebelah 2 Keluarkan Trailer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: