Mural Black Panther: Wakanda Forever di Cove Batavia, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (Sumber gambar: Disney Indonesia)

Ragam Kolaborasi Seniman Lokal dengan Film Black Panther 2, Ada Pameran hingga Mural Spesial

10 November 2022   |   11:43 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film terbaru Marvel Studios, Black Panther: Wakanda Forever sudah tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Disutradarai oleh Ryan Coogler, sekuel film Black Panther (2018) ini berkisah tentang warga Wakanda yang berjuang untuk melindungi bangsa mereka dari campur tangan kekuatan dunia setelah kematian Raja T'Challa.

Black Panther: Wakanda Forever akan membangkitkan kembali kisah seru mengenai pertarungan, perebutan kekuasaan, kerajaan, dan keluarga.

Baca juga: Black Panther 2 Tayang, Babak Baru Wakanda setelah Kematian Raja T'Challa

Film yang disutradarai oleh Ryan Coogler itu juga akan kembali menunjukkan kecanggihan teknologi yang khas seperti di film Black Panther sebelumnya, membuat film keluaran Marvel Studios ini menjadi salah satu film yang paling dinanti-nantikan tahun ini oleh para penggemarnya.

Untuk merayakan perilisan film Black Panther: Wakanda Forever, Disney Indonesia mempersembahkan rangkaian kolaborasi bersama talenta-talenta terbaik Tanah Air untuk menghadirkan persembahan spesial, yang akan membawa kisah ini lebih dekat dengan para penggemar Marvel di Indonesia. 


1. Pameran Seni Black Panther: Wakanda Forever

Disney Indonesia berkolaborasi dengan IMAGISPACE, sebuah ruang seni inovatif pertama di Indonesia yang menggabungkan seni, pencahayaan, musik, alam, dan sains, yang berfokus dalam memberikan pengalaman teknologi interaktif yang menghasilkan pengalaman unik bagi pengunjungnya.

IMAGISPACE menciptakan karya seni yang terdiri dari beberapa instalasi berbeda yang terinspirasi dari film Black Panther: Wakanda Forever untuk penggemar Marvel agar lebih dekat dengan cerita dan karakter dalam film ini.
 

f

Pameran Hidden Worlds: The Immersive Exhibition. (Sumber gambar: Disney Indonesia)

Menariknya, pameran ini mengusung tema teknologi dan Hidden World yang juga merupakan elemen penting dari film Black Panther: Wakanda Forever. Teknologi bukanlah hal yang asing dalam film anyar Marvel Cinematic Universe (MCU) ini, dan tetap menjadi unsur yang sangat kuat di dalam kehidupan masyarakat dan para pahlawan Wakanda.

Selain teknologi, film ini juga mengeksplorasi dunia-dunia tersembunyi, seperti Wakanda dan yang diperkenalkan dalam film ini,  yaitu Talokan - negara tersembunyi di bawah laut. Kedua elemen ini menginspirasi IMAGISPACE untuk menciptakan beberapa instalasi kreatif di dalam Hidden Worlds: The Immersive Exhibition.

Instalasi yang pertama bertemakan Wakanda Gate, di mana pengunjung akan dibawa masuk ke dalam negara Wakanda yang kental dengan unsur budaya dan teknologi yang canggih. 

Di instalasi ini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman interaktif dari anagram alfabet Wakanda yang dilengkapi teknologi sensor ketika pengunjung berjalan melalui Wakanda Gate tersebut. Saat masuk, pengunjung akan melihat karya Hologram yang terinspirasi dari mask dan suit dari Black Panther.
 

Pameran Hidden Worlds: The Immersive Exhibition. (Sumber gambar: Disney Indonesia)

Pameran Hidden Worlds: The Immersive Exhibition. (Sumber gambar: Disney Indonesia)

Instalasi selanjutnya mengusung tema Into The Depth, yang terinspirasi dari negara Talokan, sebuah negara bawah laut yang diperkenalkan dalam film Black Panther: Wakanda Forever. Hadirnya Talokan dalam film ini menginspirasi IMAGISPACE untuk membawa pengunjung merasakan alam bawah laut dengan teknologi sensor yang membuat pengalaman tidak terlupakan.

Karya dari IMAGISPACE ini dapat dinikmati di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, mulai 5 November hingga 27 November 2022.


2. Mural Spesial di Empat Kota

Perilisan Black Panther: Wakanda Forever di Indonesia berdekatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap 10 November. Dalam semangat kepahlawanan dan kesatuan, Disney Indonesia berkolaborasi bersama seniman-seniman lokal untuk menghadirkan lukisan mural yang terinspirasi dari tema kepahlawanan yang ada dalam film Black Panther: Wakanda Forever.

Untuk menekankan nilai persatuan, kolaborasi tidak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi juga dilakukan di tiga kota besar lainnya seperti Surabaya, Bali, serta Medan, dan memperluas kolaborasi ke seniman lokal di setiap kota tersebut. Selain itu, kolaborasi ini juga dilakukan agar penggemar Marvel di kota-kota tersebut mendapatkan pengalaman yang berbeda dari perilisan Black Panther: Wakanda Forever.

Beberapa seniman yang terlibat dalam kolaborasi tersebut yakni Ladies on Wall dari Jakarta, yang juga merupakan komunitas grafiti wanita pertama di Asia Tenggara, dan HQ’s Artwork Mural Painting and Interior dari Surabaya yang didirikan sejak tahun 2016 dan telah berkolaborasi dengan banyak merek ternama.
 

f

Mural Black Panther: Wakanda Forever

Selain itu, ada  juga Janoer Mukti, seorang seniman asal Bali yang karyanya terkenal telah menghiasi beberapa sudut di Pulau Dewata dengan ragam mural unik, dan Mural Medan, komunitas mural terbesar di Medan yang mewakili Medan dalam UMKM Parekraf Expo “Medan di Jakarta” pada  September 2021 lalu.

Seniman-seniman lokal tersebut menghadirkan karya-karya lukis unik menurut interpretasi mereka akan cerita dan karakter dalam film Black Panther: Wakanda Forever.

Baca juga: Diputar di Indonesia, Simak Fakta Menarik Black Panther: Wakanda Forever

Adapun, para penggemar dapat mengunjungi seni mural karya Ladies on Wall, HQ’s Artwork Mural Painting, Janoer Mukti, dan Mural Medan di jalan utama kota-kota tersebut sampai akhir November. Termasuk salah satunya yaitu karya mural yang terdapat di Cove Batavia, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara,  hasil kolaborasi dengan Ladies on Wall.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sambut Hari Imunisasi Sedunia, Ini Daftar Vaksin Penting Berdasarkan Usia Menurut CDC

BERIKUTNYA

Ini 5 Tren Kerja yang Bakal Dibentuk Generasi Alfa pada Masa Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: