ilustrasi-Tanaphong Toochinda (Unsplash)

Bunda, Ini Lho Pentingnya Makanan Camilan untuk Si Kecil

30 June 2021   |   08:27 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pemberian MPASI saat anak berusia 6 bulan merupakan periode penting bagi tumbuh kembang mereka. Pada periode itu, si kecil juga mulai belajar mengenal bentuk dan rasa makanan. 

Menjawab kebutuhan tersebut, merek makanan pendamping ASI, Milna, meluncurkan Milna Rice Crackers, camilan crackers dari beras dengan tinggi nutrisi yang bisa dikonsumsi si kecil saat memasuki MPASI untuk melengkapi asupan nutrisi dan menstimulasi tumbuh kembang optimalnya.

“Camilan yang bisa dikonsumsi setiap saat untuk si kecil ini memiliki kandungan tinggi zat besi, zinc, juga bebas gluten. Bentuknya yang panjang sangat cocok untuk melatih motorik si kecil saat belajar menggenggam dan teksturnya yang renyah membantu mengenalkan tekstur makanan pada mereka,” kata Brand Manager Milna Clarissa Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima Hypeabis.id.

Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Women and Children Hospital, Attila Dewanti, mengatakan MPASI terbagi menjadi dua, yaitu makanan utama dan camilan.

Makanan utama berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi termasuk mengajari tekstur lebih halus dan lebih kasar pada si kecil sebelum dikenalkan dengan makanan keluarga. Namun, di sela-sela makanan utama, si kecil juga memerlukan snack atau camilan.

“Tentunya baik makanan utama dan snacking, perlu diatur waktu dan porsinya oleh orang tua supaya nutrisi harian si kecil tidak berlebihan dan tidak kurang juga,” ujarnya.

Selain itu, Attila juga mengatakan bahwa bentuk-bentuk camilan yang dikenalkan si kecil juga dapat mengasah perkembangan motoriknya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi para ibu untuk memilih makanan yang tepat sesuai dengan perkembangan sang anak.

Camilan yang berbentuk bulat bisa menstimulasi pertumbuhan gigi si kecil ketika makan, camilan yang bentuknya kecil bisa untuk mengajari si kecil mencubit barang, dan ada juga camilan yang lebih besar untuk belajar menggenggam dan makan sendiri.

“Jadi bukan hanya makanan utama yang penting tapi saat snacking juga bisa membantu si kecil terlatih motoriknya,” tambah Attila.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resmi Diliris di Indonesia, Ini Harga & Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

BERIKUTNYA

Jangan Asal Pilih Obat Covid-19, Waspadai Efek Sampingnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: