Ilustasi bayi sehat (dok. Freepik)

Kondisi Psikologis Ibu Bisa Jadi Faktor Penyebab Stunting pada Anak

29 June 2021   |   23:45 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kondisi psikologis ibu ternyata bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak lho. Jika kondisi psikologis ibu tidak baik, bisa kondisi itu bisa berdampak pada stunting. Aspek psikologis berperan penting dalam 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak.

Ketua Ikatan Psikologis Klinis Indonesia Dr. Indria L Gamayanti menerangkan ketika ibu hamil dengan penerimaan penuh diliputi kegembiraan, maka nantinya dia akan memperhatikan kondisi kehamilannya termasuk asupan gizi untuk bayinya. Mulai dari pemberian ASI sampai makanan pengganti ASI.

Gama menjelaskan, apabila ibu dalam kondisi tidak stabil, produksi ASI menjadi tidak optimal kemudian cara dalam memberikannya juga tidak optimal. 
“Ketika ibu merasa cemas atau mungkin gelisah, ternyata produksi sedikit dan anak menolak karena suhu tubuh ibu meningkat, detak jantung cepat, dan anak jadi tidak nyaman,” ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (29/6/2021).

Kecemasan yang dialami seorang ibu saat menerapkan perilaku makan pengganti air susu ibu atau ASI juga mempengaruhi tumbuh kembang anak. 

Tidak jarang ini terjadi pada anak yang mengalami kesulitan makan. Ibu menjadi khawatir gizi sang anak jadi tidak tercukupi. Akhirnya ada perilaku memaksa hingga membuat anak sendiri menjadi terus-terusan menolak makanan. 

Lebih lanjut Gema menerangkan bahwa stunting sangat mempengaruhi kognitif seorang anak. Ketika kognitif anak terganggu, bisa menimbulkan permasalahan lain seperti masalah emosi, kemampuan anak dalam bersosialisasi, hingga motorik. Ini juga berdampak pada kondisi psikologis orang tua dan keluarga besar. 

“Konstelasi di dalam keluarga bisa terganggu karena mungkin muncul perasaan bersalah dan disalahkan,” tuturnya.


Editor: Roni  Yunianto

SEBELUMNYA

Korea Selatan Gelar Konser Outdoor dengan 8.000 Penonton dengan Protokol Ketat

BERIKUTNYA

Uji Coba Pencampuran 2 Jenis Vaksin Covid-19, Ahli Klaim Efektif Atasi Varian Delta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: