Ilustrasi makanan instan (Sumber gambar: Taryn Elliot/Pexels)

5 Tip Jaga Kesehatan untuk Anak Kos, Hindari Keseringan Konsumsi Makanan Instan

07 November 2022   |   11:58 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype yang datang dari kalangan anak kos pasti akrab dengan konsumsi makanan instan. Kerap dianggap sebagai penyelamat anak kos, jenis makanan instan ini cukup murah dan praktis dalam memasaknya. Tak heran, jika anak kos sering menyetok makanan instan di kamar. Namun, makanan instan memiliki pengaruh buruk bagi tubuh apabila dimakan terus menerus.

Menurut studi Harvard, makanan instan seperti mie instan berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung mencapai 68 persen terutama pada wanita. Konsumsi mie instan terus menerus juga bisa mengakibatkan sindrom metabolisme yang buruk bagi kesehatan.

Tidak hanya harus menghindari mie instan, ada beberapa tips lain bagi anak kos untuk menjaga kesehatan dengan baik. Yuk simak!

Baca juga5 Stok Makanan Anak Kos yang Wajib Kamu Simpan di Kamar
 

1. Pastikan konsumsi makanan bernutrisi

Ilustrasi makanan bergizi (Sumber gambar: Jer Chung/Pexels)

Ilustrasi makanan bergizi (Sumber gambar: Jer Chung/Pexels)


Selain dibutuhkan untuk membuat tubuh bernergi saat beraktivitas, makanan bernutrisi dan bergizi juga diperlukan tubuh agar kesehatan tetap terjaga.

Dilansir dari The Association of UK Dietitians, dalam satu porsi makanan bergizi harus memiliki kandungan karbohidrat, diary, protein, buah dan sayur, serta kandungan lemak baik. Pastikan kamu memilikinya di setiap porsi piring makan siang ya Genhype!
 

2. Minum vitamin

Untuk melengkapi makanan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin untuk memberi nutrisi lebih pada tubuh. Genhype bisa memilih jenis multivitamin yang mengandung Vitamin D, magnesium, Kalsium, Zinc, dan Folate untuk mengimbangi kebutuhan vitamin pada tubuh. Mencukupi kebutuhan nutrisi membuat tubuh tidak mudah diserang penyakit.
 

3. Bersihkan kamar setiap hari

Ilustrasi kamar kos (Sumber gambar: Cats Coming/Pexels)

Ilustrasi kamar kos (Sumber gambar: Cats Coming/Pexels)


Tidak hanya dari segi konsumsi, anak kos juga harus rutin membersihkan kamar setiap hari. Setiap pagi, bukalah jendela untuk membuat sirkulasi udara keluar masuk dengan lancar. Lalu bersihkan sampah dan debu yang menempel di jendela, cermin, dan lantai.

Selain akan terasa lebih nyaman, memiliki kamar yang bersih juga menghindarkan diri dari kemungkinan risiko penyakit saluran pernapasan.
 

4. Hindari begadang

Genhype, apakah kamu sudah tahu risiko bergadang? Dilansir dari Frontiers in Cardiovascular Medicine, tidur larut malam bisa meningkatkan kemungkinan serangan jantung karena kekurangan oksigen terutama pada usia menengah dewasa.

Untuk itu, atur manajemen waktu lebih baik untuk menyelesaikan deadline tugas atau kerja sehingga kamu tidak perlu begadang. Sementara itu, penelitian Harvard lebih menekankan kepada pentingnya durasi tidur pada orang dewasa sekitar 7-8 jam sehari.
 

5. Sempatkan berolahraga

Ilustrasi berolahraga (Sumber gambar: Tirachard Kumtanom/Pexels)

Ilustrasi berolahraga (Sumber gambar: Tirachard Kumtanom/Pexels)


Sepadat apapun aktivitas sehari-hari, menginvestasikan waktu sekitar 15 menit untuk berolahraga merupakan hal penting bagi anak kos. Rutin melakukan olahraga dalam waktu singkat setiap hari mampu meningkatkan kemampuan tubuh dengan cara memperkuat imun melawan penyebab penyakit.

CDC menyebut rutin berolahraga setiap hari membantu menguatkan tulang dan otot serta terhindar dari penyakit jantung di usia muda.

Baca juga4 Resep Lezat Andalan Anak Kos, Cukup Masak Pakai Rice Cooker

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Seniman Jepang Takashi Murakami Bakal Hadir di IdeaFest 2022

BERIKUTNYA

Grup Lomba Sihir Rilis Single Pesona, Lagu Dansa dengan Bumbu Pop ala 1980-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: