Ilustrasi menabung. (Dok. bady abbas dari Unsplash)

4 Kiat Hidup Hemat ala Anak Kos, Mudah & Anti Ribet!

04 November 2021   |   22:59 WIB

Anak kos selalu identik dengan gaya hidup yang sederhana dan penuh dengan pengelolaan keuangan yang ketat dan terperinci. Dengan segala kebutuhan pokok yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk tempat tinggal, makan harian, cucian, hingga kebutuhan lainnya.

Hidup hemat terasa cukup sulit dan rentan akan tindakan impulsif dalam pengeluaran keuangan.

Buat Genhype yang berencana untuk hidup terpisah di dalam kostan atau yang baru saja ngekos, yuk simak empat lifehack yang bisa diterapkan dari gaya hidup anak kos!
 

1. Buat skala prioritas

Sebagai anak kos, prioritas merupakan hal yang harus ditentukan dalam manajemen keuangan dan saat menghemat pengeluaran. Seringkali dalam beberapa situasi, Genhype tergoda untuk melihat barang atau makanan yang tiba-tiba diinginkan saat berbelanja atau jalan-jalan. 

Tanpa disadari, Genhype kemudian membuat pengeluaran impulsif yang berisiko membuat totalnya membengkak hingga memengaruhi pengeluaran pada kebutuhan primer atau utama. Karena itulah, pola pikir untuk menentukan prioritas dan alokasi pengeluaran wajib dilakukan dahulu.
 

2. Berhenti langganan layanan berbayar yang jarang dikeluarkan

Layanan berbayar untuk platform musik, tayangan, hingga fitur premium dalam gim memang menghibur, tapi kalau digunakan terlalu rutin bisa jadi bentuk pemborosan karena pemenuhan adiksi lho! Untuk itu, penting untuk mempertimbangkan pengeluaran pada layanan ini dengan melihat tingkat frekuensi penggunaannya.
 

3. Catat pengeluaran

Pencatatan pengeluaran merupakan cara untuk menghindari Genhype dari kebablasan jajan atau belanja dengan impulsif. Dengan ini, Genhype bisa mengendalikan besarnya pengeluaran dan menelusuri jumlah uang yang dibelanjakan beserta dengan limit atau batas maksimal dari jumlah yang sudah ditentukan.
 

4. Cari alternatif dengan harga terjangkau

Tahu enggak kalau membandingkan harga dari barang atau menu yang sama ternyata bisa membantu penghematan? Cara ini ternyata bisa diaplikasikan saat Genhype makan bersama teman atau saat sedang belanja di beberapa lokasi lho! Dengan ini, Genhype bisa memilih opsi termurah yang bisa menghemat pengeluaran sehingga bisa memanfaatkannya di waktu yang akan datang.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Masa Karantina 3 Hari Cukup Untuk Deteksi Covid-19

BERIKUTNYA

Toyota Produksi Kembali Suku Cadang Corolla Levin & Sprinter Trueno

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: