Ilustrasi nasi liwet (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash.com)

4 Resep Lezat Andalan Anak Kos, Cukup Masak Pakai Rice Cooker

03 September 2022   |   18:30 WIB

Mahasiswa dan pekerja rantau identik dengan anak kos. Biasanya anak kos juga akrab dengan kata hemat. Sebagai anak kos, kalian dituntut untuk menjaga kondisi finansial dengan baik, dengan cara memprioritaskan kebutuhan primer terutama kebutuhan makan.

Karena harus berhemat, tidak sedikit anak kos yang memilih masak dibandingkan dengan membeli untuk konsumsi makanan sehari-hari. Tidak suka ribet, rice cooker bisa jadi alat serbaguna untuk anak kos memasak. Tidak hanya menanak nasi, rice cooker bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan lho.

Baca juga: 5 Ide Desain Interior Low Budget buat Mahasiswa, Anak Kos Wajib Simak!

Nah, anak kos tentu membutuhkan referensi resep makanan simpel yang cukup menggunakan rice cooker untuk memasaknya. Hypeabis.id merangkum beberapa resep andalan anak kos yang bisa dimasak menggunakan alat elektronik andalan ini. Yuk simak!


1. Telur Kukus

Bosan dengan menu telur rebus yang biasa kamu masak di rice cooker? Kamu bisa nih, memasak telur dengan cara dikukus menggunakan rice cooker. Siapkan telur, kornet, susu cair secukupnya, potongan sosis, dan potongan daun bawang serta cabai sesuai selera.

Lalu, kocok telur di mangkuk kecil, kemudian masukkan semua bahan lainnya menjadi satu. Tambahkan sedikit garam atau kaldu ke dalamnya agar tetap terasa gurih. Jika semuanya sudah teraduk, segera masukkan mangkuk berisi semua bahan ke dalam rice cooker yang berisi sedikit air. Kukus hingga matang dan telur kukus ala anak kos siap disajikan.


2. Nasi Kuning

Siapa bilang anak kos tidak bisa memasak nasi kuning hanya dengan rice cooker? Bahkan untuk memasak nasi kuning, kamu hanya perlu beberapa bahan yang murah dan mudah didapatkan. Siapkan sedikit santan, 1 batang serai, 1 lembar daun salam, 2 lembar daun jerk, 1 sendok teh kunyit bubuk, dan 2 sendok makan kaldu.

Pertama, cuci beras dan masak nasi di rice cooker seperti biasa. Kemudian iris serai dan masukkan ke dalam nasi yang sudah setengah masak. Lalu, masukkan santan, daun jeruk, daun salam, kunyit bubuk, dan kaldu. Aduk semua bahan kemudian tunggu nasi hingga matang. Kamu bisa sajikan nasi kuning dengan tempe dan kerupuk untuk variasi menu.


3. Nasi Liwet

Selain nasi kuning, kamu juga bisa memasak nasi liwet di rice cooker. Siapkan beras,  santan, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, lengkuas, kaldu, dan minyak secukupnya. Pertama-tama, tumis bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam dan potongan lengkuas dengan minyak secukupnya di rioce cooker.

Sembari menunggu tumisan, cuci beras hingga bersih. Saat sudah beraroma harum, kamu bisa memasukkan beras dan santan ke dalam tumisan. Jangan lupa tambahkan air secukupnya lalu aduk. Tunggu nasi liwet hingga tanak. Jika nasi sudah matang, kamu bisa tambahkan sedikit teri goreng di atasnya agar lebih lezat. Nasi liwet siap disajikan!


4. Sop Sayur

Sop sayur jadi menu sehat andalan yang bisa Genhype masak hanya dengan rice cooker. Siapkan sayuran seperti wortel, kentang, dan kol. Kemudian potong bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Pertama, tumis irisan bawang di rice cooker dengan menggunakan sedikit minyak.

Lalu, masukkan air sedikit demi sedikit bersamaan dengan garam, lada, dan kaldu secukupnya. Tunggu hingga air sop mendidih, lalu masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Tunggu sekitar 15 menit hingga sayuran lembut dan sayur sop ala anak kos siap disajikan.

Baca juga: 5 Stok Makanan Anak Kos yang Wajib Kamu Simpan di Kamar

Genhype, itulah beberapa resep masakan ala anak kos yang bisa kamu coba menggunakan rice cooker. Selamat mencoba ya!

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

5 Kiat Cari Kamar Kos Nyaman Supaya Tidak Sering Pindah, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

BERIKUTNYA

Bocoran iPhone 14 Series, Ini PIlihan Warna dan Teknologi Fast Charging Satu Jam Penuh?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: