Menonton film bioskop menjadi salah satu liburan yang dapat dilakukan oleh anak kos (Sumber gambar: Pexels/Tima Miroshnichenko)

5 Kegiatan Seru yang Dapat Menjadi Pilihan Liburan Anak Kos

02 September 2022   |   13:28 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Liburan merupakan kebutuhan bagi setiap orang, tidak peduli profesi atau bahkan pekerjaannya. Sebagai makhluk sosial, kita perlu menjalani liburan untuk melepaskan penat setelah beraktivitas seminggu penuh, dan agar lebih siap dalam menghadapi kembali aktivitas rutin yang harus dilalui. 

Ada banyak tempat liburan yang dapat menjadi pilihan bagi banyak orang, dari yang murah sampai dengan yang mahal.

Bagi anak kos yang masih kuliah, dan belum memiliki penghasilan sendiri, berikut liburan murah namun tidak murahan yang bisa menjadi pilihan melepas penat dan dapat dilakukan bersama kawan atau kekasih.

Baca jugaCoba 3 Kegiatan Asyik Ini Saat Harus di Rumah Aja!


1. Wisata sejarah di Kawasan Kota Tua

Kawasan Kota Tua, Jakarta, adalah tempat hiburan murah yang bisa menjadi pilihan bagi anak kos yang berada di daerah Jabodetabek. Di tempat ini, anak kos dapat mengunjungi museum yang berada di kawasan Kota Tua dengan tarif yang sangat terjangkau. 

Selain dapat melepas penat, menikmati karya dan benda-benda sejarah juga dapat membuat anak kos dapat memperkaya diri dengan pengetahuan yang sangat bernilai. 

Untuk menjangkau kawasan Kota Tua, berbagai transportasi umum seperti KRL Commuter atau Transjakarta yang memiliki tarif ramah kantong juga tersedia. 
 

2. Menikmati Sore di Monumen Nasional

Monumen Nasional adalah tempat liburan lain  yang dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin berlibur tapi tidak ingin keluar uang banyak. Di tempat ini, kita bisa melihat pusat Ibu Kota DKI Jakarta dari ketinggian.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga kita bisa menyaksikan berbagai informasi sejarah tentang bangsa Indonesia. Setelah menyaksikan Jakarta dari ketinggian dan informasi sejarah yang ada di dalam monumen, berduduk-duduk di bawah pohon yang rindang juga bisa dilakukan sambil bercanda gurau dengan kawan untuk mengisi liburan. 

Untuk menjangkau tempat ini, transportasi umum Transjakarta atau KRL Commuterline juga dapat menjadi pilihan mengingat transportasi tersebut cukup ramah bagi anak kos.
 

3.  Nonton Film di Bioskop

Liburan lain yang dapat menjadi pilihan bagi anak kost adalah menonton film di bioskop. Saat ini, perfilman Indonesia sedang bergairah lantaran sejumlah film-film baru sedang tayang di bioskop dan tidak kalah menarik dengan film yang diimpor dari luar negeri. 

Genre horor mungkin bisa menjadi pilihan agar bisa berteriak, tertawa, dan melepas rasa  suntuk setelah melakukan aktivitas seharian yang menguras pikiran. 

Tarif tiket bioskop di dalam negeri bervariasi dari Rp35.000 sampai dengan Rp150.000. Genhype bisa memilih menonton bioskop dengan tarif yang sesuai dengan kondisi kantong pada saat ini agar liburan bisa diperoleh, dan masih tetap senang lantaran kantong tidak banyak berkurang. 
 

4. Bermain Gim Bareng

Liburan lain yang dapat dilakukan oleh anak kos adalah dengan bermain gim bareng bersama kawan-kawan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berkumpul di suatu tempat, dan bermain bareng gim yang akan dimainkan. Kawan-kawan yang terlibat bisa membentuk satu tim untuk melawan tim lain jika gim yang dimainkan adalah gim berkelompok. 

Baca juga4 Kiat Hidup Hemat ala Anak Kos, Mudah & Anti Ribet!

Biaya yang diperlukan untuk bermain gim bareng setidaknya adalah ongkos untuk menuju tempat berkumpul, pastikan kuota terisi, dan minum atau camilan. Biaya ini tentu tidak akan membuat kantong terkuras bantak lantaran biasanya kuota memang sudah menjadi pengeluaran bulanan. 

Jadi, pengeluaran tambahan hanyalah untuk ongkos transportasi atau bensin, dan makanan atau minuman. Agar tidak mengeluarkan biaya cukup banyak, pilih tempat kumpul yang memang harganya ramah di kantong. 
 

5. Barbeku dengan Teman-teman

Kegiatan seru lain yang dapat dilakukan oleh anak kos meski tidak keluar rumah adalah melakukan BBQ dengan teman-teman. Meskipun tetap berada di kos-kosan, liburan tetap dapat dilakukan dengan berkumpul bersama teman sambil bakar-bakaran ayam, ikan, singkong, dan sebagainya. 

Sambil menunggu makanan yang dibakar matang, aktivitas lainnya seperti bermain gitar dan bernyanyi bersama atau melakukan permainan lain dapat dilakukan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Gelaran Art Jakarta 2022 Catatkan Raihan Positif, Ini Indikatornya

BERIKUTNYA

Catat Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: